Whitewater Rafting – Bagaimana Menjaga Keamanan Perjalanan Arung Jeram Anda

Bagi sebagian orang, gagasan melakukan perjalanan arung jeram dapat memunculkan citra Meryl Streep dalam “The River Wild,” atau Burt Reynolds dalam “Deliverance.” Kekhawatiran tentang rakit yang terbalik, atau ketakutan jatuh dari rakit, dapat membuat takut beberapa calon wisatawan, membuat mereka tetap berada di lahan kering sementara jutaan orang lainnya berbondong-bondong ke perjalanan petualangan yang semakin populer ini setiap tahun. Apa risiko nyata dalam arung jeram? Dan statistik keamanan yang sebenarnya? Anda mungkin akan terkejut. Jika mau rafting sungai Elo Kunjungi eloadventure.com

Pertimbangkan, misalnya, Sungai Lehigh di Pegunungan Pocono di timur laut Pennsylvania … salah satu tujuan liburan arung paling populer di Amerika. Perjalanan arung jeram berpemandu diperkenalkan di sana pada tahun 1975, oleh sebuah perusahaan bernama Whitewater Challengers. Saat ini, empat toko perlengkapan arung profesional menawarkan perjalanan arung jeram setiap hari di lebih dari 25 mil jeram arung di Lehigh Gorge State Park. Selama tiga setengah dekade terakhir, penyedia jasa arung jeram profesional telah menampung lebih dari 3 juta pengunjung arung jeram di lebih dari 25 juta mil perjalanan arung jeram berpemandu (setara dengan pergi ke bulan dan kembali, 52 kali!), catatan keamanan yang sempurna dalam prosesnya.

 

Terlepas dari kecemasan yang berkepanjangan tentang mendaftar untuk apa yang sebagian orang masih sebut sebagai olahraga “ekstrim”, kenyataannya, perjalanan arung jeram berpemandu menyusuri Sungai Lehigh secara statistik lebih aman daripada masuk ke mobil Anda dan mengemudi di sana. Ada beberapa alasan mengapa penyedia arung jeram dapat menyusun catatan keselamatan yang luar biasa, termasuk:

 

  1. Ini adalah perjalanan arung jeram berpemandu. Pemandu arung jeram profesional ada bersama Anda sepanjang hari. Mereka tahu sungai; mereka tahu bahayanya; mereka tahu rute terbaik melalui arung; mereka tahu bagaimana membantu Anda menghindari kesalahan; dan mereka tahu apa yang harus dilakukan jika tampaknya ada yang tidak beres. Misalnya, di Whitewater Challengers, pemandu menerima pelatihan dalam penyelamatan air cepat, pertolongan pertama Palang Merah (standar dan lanjutan) dan CPR. Selain itu, mereka mengakumulasi ribuan jam di sungai, menjadi terbiasa dengan setiap bagian dari arung di masing-masing dari lusinan permukaan air yang berbeda. Hal ini penting karena dua perjalanan menyusuri bagian sungai yang sama persis pada permukaan air yang berbeda dapat menghasilkan tingkat kegembiraan yang sangat berbeda.

 

  1. Anda berada di arung jeram, bukan kano. Jika Anda mencoba olahraga ini dengan kano arung atau kayak arung, dan ini adalah permainan bola yang sama sekali berbeda. Rakit arung profesional dirancang dengan dua hal: tidak terbalik; dan tidak menusuk. Rakit arung jeram kelas komersial yang dibangun dengan benar akan memantulkan sebagian besar bebatuan, dan tetap berada di jalur yang stabil di air yang sangat bergolak. Di sebagian besar tempat, Anda dapat mengapung melalui jeram arung ke depan, ke belakang, atau bahkan ke samping, dan itu semua hanyalah bagian dari kesenangan. Jika Anda melakukannya dengan kano, kayak, atau rakit di kolam renang yang rapuh, hasilnya bisa mengecewakan, untuk sedikitnya.

 

  1. Anda memakai whitewater PFD (personal flotation device). Sungguh mengejutkan betapa banyak orang yang melakukan pendekatan do-it-yourself untuk arung jeram gagal menggunakan jenis rakit yang tepat, atau gagal memakai PFD. Pada perjalanan arung jeram yang dipandu secara komersial, mengenakan PFD bukanlah pilihan; itu suatu persyaratan. Dan jika Anda ingin melepaskan tali pengikatnya, pemandu arung jeram pertama yang memperhatikannya akan dengan lembut mengingatkan Anda bahwa menempatkan diri Anda pada risiko seperti itu “tidak dapat diterima”.

 

  1. Pengajaran dan pelatihan adalah bagian dari paket. Perjalanan arung jeram berpemandu dimulai dengan apa yang disebut “Pembicaraan Keselamatan”. Pemandu arung jeram Anda membahas semua hal mendasar: cara duduk di rakit dengan benar; bagaimana memegang dayung Anda; bagaimana cara memercikkan teman Anda dengan aman; bagaimana membantu mengarahkan rakit; bagaimana mengapung melalui arung jeram jika Anda kebetulan jatuh ke dalam minuman; dan yang paling penting, bagaimana menghindari jatuh. Ada juga informasi tentang teknik penyelamatan yang digunakan jika Anda benar-benar berada di sungai. Kebanyakan pembicaraan keselamatan juga dibumbui dengan humor sungai yang telah teruji oleh waktu, dan sedosis informasi menarik tentang sejarah, geologi, flora dan fauna sungai dan sekitarnya.

 

  1. Dan terakhir, selalu ada pelatihan dan perlengkapan medis yang siap. Seandainya terjadi kesalahan, pemandu arung jeram dilatih dalam pertolongan pertama, CPR, dan penyelamatan air cepat, mereka memiliki persediaan pertolongan pertama jika diperlukan, dan mereka didukung oleh jaringan pejabat Lehigh Gorge State Park yang berbasis di darat yang dapat membantu melakukan evakuasi cepat jika diperlukan.

 

Dengan lebih dari seratus ribu orang setiap tahun melakukan arung jeram di Sungai Lehigh saja, dan jutaan lainnya di ratusan sungai arung yang diperlengkapi secara profesional di seluruh dunia, mungkin sudah waktunya untuk berhenti menganggap ini sebagai olahraga “ekstrim”, terutama karena Sebagian besar kasau tersebut adalah kelompok sekolah, pasukan pramuka putra dan putri, kelompok pemuda gereja, dan keluarga