cream berbahaya menurut BPOM

Waspadai Kandungan dari Cream Berbahaya Menurut BPOM

Waspadai Kandungan dari Cream Berbahaya Menurut BPOM! Setiap orang tentunya ingin memiliki wajah yang bersih serta cerah. Oleh karena itu banyak yang berbondong-bondong mencari cara untuk mendapatkannya, salah satunya dengan menggunakan cream wajah.

Namun sebelum memakai produk cream wajah, alangkah baiknya untuk mengenali kandungan apa saja yang harus dihindari dari produk tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerusakan pada kulit wajah akibat dari pemakaian produk yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Daftar Kandungan dari Cream Berbahaya Menurut BPOM

BPOM yang merupakan sebuah lembaga pengawasan obat dan makanan pun telah mewanti-wanti dan melarang adanya peredaran dan penggunaan dari setiap produk kosmetik yang dijual bebas. Produk cream berbahaya menurut BPOM ini biasanya memiliki ciri dengan bau yang lebih menyengat, kemudian warna yang lebih mengkilap. Bahkan ketika digunakan pun kulit wajah akan terasa panas dan perih serta memerah ketika terpapar matahari.

Sebelum membeli cream atau produk kosmetik bpom yang lain, cermatilah terlebih dahulu kandungan di dalamnya. Berikut ini penjelasan dari bahan pada cream yang perlu diwaspadai.

Kandungan Merkuri, Bahan Cream Berbahaya Menurut BPOM

Kandungan cream berbahaya menurut BPOM ini merupakan salah satu kandungan yang paling sering dijumpai. Pembentukan melanin dapat dihambat oleh kandungan merkuri ini, sehingga kulit terlihat lebih cerah dalam waktu yang relatif cepat. Oleh karena itu, banyak dari produsen yang memasukkan merkuri sebagai komposisi produk mereka.

Penggunaan yang diterapkan secara terus menerus akan membuat kulit menjadi ruam dan adanya perubahan warna pada kulit. Selain itu, jika persentase kandungan merkurinya diatas ambang, bisa juga menyebabkan gangguan psikologis, tremor hingga kerusakan pada ginjal. Jika digunakan pada wanita hamil maka akan berpengaruh pada gangguan otak bayi serta bisa menyebabkan kelainan pada bayi ketika lahir.

Daftar Kosmetik Berbahaya yang ditarik BPOM Tahun 2020

Kandungan Asam Retinoat

Kandungan cream berbahaya menurut BPOM selanjutnya adalah asam retinoat yang dapat membersihkan pori pada wajah, mengurangi jerawat serta bekasnya dan mengatasi kerutan di wajah. Namun, kandungan ini juga dapat berisiko dalam iritasi kulit, perubahan warna kulit hingga menjadi sensitif ketika terkena cahaya matahari.

Kandungan Hydroquinone

Kandungan ini biasanya digunakan untuk menyamarkan bintik hitam di wajah serta mencerahkan warna kulit. Reaktif terhadap matahari adalah efeknya ketika paparan penggunaan kandungan ini terlalu sering. Sehingga efek yang ditimbulkannya adalah kulit menjadi perih, pecah-pecah, melepuh bahkan menghitam. Amankah Hidroquinon untuk Wajah?

Itulah beberapa kandungan berbahaya yang perlu diwaspadai dari cream berbahaya menurut BPOM. Memiliki wajah yang bersih dan cerah tentunya perlu dibarengi dengan keamanan dan kesehatannya. Hindari menciptakan sesuatu dengan instan, salah satunya dengan menggunakan produk yang diragukan seperti produk-produk yang dijual bebas dengan janji pemutihan secara cepat.