waktu periksa kehamilan

Bagi banyak orang, keputusan untuk melakukan tes kehamilan bisa menjadi sumber kecemasan utama. Terkadang stres karena ingin hamil. Terkadang itu karena Anda tidak menginginkannya. Baca juga: WHEN SHOULD I TAKE A PREGNANCY TEST.  Terlepas dari apakah Anda mengharapkan hasil negatif atau positif, melakukan tes awal mungkin tampak seperti cara yang baik untuk mengetahui apakah Anda hamil segera. Sayangnya, tes awal dapat memberi Anda hasil negatif, bahkan jika Anda sedang hamil.

Sangat penting untuk mengikuti tes pada waktu yang tepat untuk memaksimalkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pembacaan yang akurat. Pelajari waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan untuk mendapatkan hasil yang paling akurat, serta risiko yang terkait dengan tes terlalu dini.

Waktu Terbaik dalam Siklus Anda

Waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan adalah setelah menstruasi Anda terlambat. Ini akan membantu Anda menghindari negatif palsu.1 Jika Anda belum memiliki kalender kesuburan, waktu tes kehamilan yang tepat adalah alasan yang baik untuk memulainya.

Jika siklus Anda tidak teratur atau Anda tidak mencatat siklus Anda, jangan melakukan tes sampai Anda melewati siklus menstruasi terpanjang yang biasanya Anda alami. Misalnya, jika siklus Anda berkisar antara 30 hingga 36 hari, waktu terbaik untuk mengikuti tes adalah hari ke 37 atau setelahnya.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda tahu apakah menstruasi Anda bahkan terlambat. Menurut FDA, dari setiap 100 orang, antara 10 dan 20 orang tidak akan mendapatkan hasil tes kehamilan positif pada hari yang mereka pikir tepat setelah terlambat haid, bahkan jika mereka hamil.1

Tes berlabel untuk deteksi dini kehamilan mungkin dapat mendeteksi kehamilan beberapa hari sebelum periode yang Anda harapkan. Namun, hasil yang paling akurat datang setelah menstruasi Anda terlambat.
Waktu Terbaik

Waktu Anda melakukan tes kehamilan memang penting sampai batas tertentu. Anda lebih mungkin mendapatkan hasil yang akurat jika Anda mengikuti tes di pagi hari.2 Ini terutama benar jika menstruasi Anda belum terlambat, atau jika menstruasi Anda hanya terlambat beberapa hari.

Tes kehamilan di rumah bekerja dengan mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin Anda.2 Kecuali Anda bangun di malam hari untuk sering buang air kecil (atau Anda minum air sepanjang malam), urin Anda lebih terkonsentrasi saat pertama kali bangun ke atas. Ini biasanya berarti bahwa jumlah hCG sedikit lebih tinggi, dan Anda lebih mungkin mendapatkan hasil positif jika Anda hamil.

Namun, Anda tetap bisa melakukan tes kehamilan di siang hari, atau bahkan di malam hari. Anda hanya lebih mungkin untuk mendapatkan hasil negatif palsu, terutama jika menstruasi Anda tidak terlambat, dan terutama jika Anda telah minum banyak air dan urin Anda encer.
Pengujian Karena Gejala

Anda mungkin memutuskan untuk melakukan tes kehamilan karena Anda mengalami gejala awal kehamilan. Namun perlu diingat, hormon yang sama yang menyebabkan gejala seperti kehamilan hadir setiap bulan antara ovulasi dan menstruasi Anda. Banyak gejala yang mirip dengan gejala kehamilan dapat disebabkan oleh penyebab lain, seperti pilek, flu, atau bahkan kurang tidur selama beberapa malam.
Tanda Awal Kehamilan

    kelembutan payudara
    Sering buang air kecil
    Kram ringan (kadang-kadang disebut “kram implantasi”)
    Bercak yang sangat ringan (kadang-kadang disebut “bercak implantasi”)
    Kelelahan
    Sensitivitas terhadap bau
    Mengidam atau keengganan makanan
    Rasa metalik
    Sakit kepala
    Perubahan suasana hati
    Mual ringan di pagi hari

Bergantung pada apakah tes kehamilan positif akan menjadi kabar baik atau buruk, gejala seperti ini mungkin membuat Anda takut—atau bersemangat. Tapi inilah kabar baik (atau buruk): gejala kehamilan tidak berarti Anda hamil. Bahkan, Anda bisa merasa hamil dan tidak hamil, atau tidak merasa hamil saat Anda benar-benar hamil.