Mendambakan tampilan feed IG lebih rapi dan enak dilihat? Anda perlu memahami ukuran feed Instagram yang saat untuk tiap tiap postinganmu.
Tersedia bermacam tipe konten di Instagram, mulai berasal dari post, story, sampai reels.

Meski Instagram sanggup menampilkan konten di dalam beraneka ukuran, tersedia pedoman ukuran yang ideal untuk menyebabkan mutu postingan makin maksimal. Terlebih kembali terkecuali tujuan mengunggah konten adalah untuk mengembangkan usaha atau personal brand.

Sesudah itu, bagaimana ukuran yang tepat untuk beragam konten Instagram? Yuk, cek satu per satu di bawah ini!

Ukuran Paling baik untuk Feed Instagram
Sebelum masuk ke klarifikasi ukuran feed Instagram, anda perlu tahu terlebih dahulu berkaitan aspect ratio dan resolusi suatu konten.

Aspect ratio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi suatu gambar. Contoh ukuran aspect ratio adalah 4:5, 9:16, dan sebagainya.

Waktu tersebut, resolusi adalah jumlah pixel yang menentukan ketajaman terhadap suatu gambar. Semakin besar resolusi, maka semakin bagus pula taraf ketajaman gambar itu.  Contoh resolusi adalah 500 x 500, 1080 x 1080, dan seterusnya.

Kecuali anda mengunggah foto dan video yang bukan disesuaikan bersama aspect ratio di Instagram, maka foto itu akan otomatis di-crop atau ditarik disesuaikan bersama ratio yang diakui optimal oleh Ig.
Rekomendasi jasa sosmed terbaik : smm panel

Ukuran Feed Instagram Post
Tersedia tiga tipe aspect ratio di Instagram, yaitu square, horizontal (Landscape), dan vertical (Potrait). Simak klarifikasi lengkap untuk ukuran feed Instagram berikut ya!

Square post
ukuran feed instagram square

Untuk menghindari gambar bersama dengan mutu yang buruk atau pecah, sebaiknya anda mengupload gambar bersama dengan resolusi square 1080 x 1080 px, atau miliki aspect ratio 1:1.

Konten bersama aspect ratio 1:1 diakui sebagai ukuran yang optimal / proporsional untuk feed Instagram. Berikut adalah contoh postingan IG bersama dengan dimensi square:

Horizontal post / landscape
ukuran feed instagram landscape / horizontal

Jikalau anda menghendaki mengunggah foto bersama orientasi horizontal, maka aspect ratio yang disarankan adalah 16:9 bersama resolusi 1920 x 1080 px.

Menurut Invideo, postingan bersama dengan dimensi horizontal tidak cukup direkomendasikan. Hal ini gara-gara pelaksanaan Instagram bukan mampu laksanakan rotate terhadap smartphone. Jikalau anda mengunggah foto atau video didalam dimensi landscape, maka hasilnya akan terlihat layaknya berikut:

Vertical post / potrait
ukuran feed instagram potrait / vertical

Ukuran untuk postingan orientasi vertical / potrait adalah bersama aspect ratio 4:5. Supaya gambar konsisten mempunyai mutu yang bagus, disarankan untuk memastikan resolusinya 1080 x 1350 px.

Postingan bersama dimensi potrait paling direkomendasikan berasal dari segi user experience. Ukuran ini mengakibatkan konten akan terlihat lebih nyaman dipandang oleh user. Contohnya postingan berikut yang memakai dimensi vertical:

Ukuran Video dan Foto Instagram Stories
ukuran instagram ig story

Konten di Instagram Story didesain sehingga sanggup tampil penuh di layar ponsel. Meski begitu, IG story sebenarnya mampu menampilkan konten di dalam beraneka type ukuran.

Tetapi, jika anda dambakan mengunggah konten bersama dengan mutu paling baik di IG Story, disarankan untuk memastikan konten punyai aspect ratio 9:16 bersama dengan resolusi 1080 x 1920 px.

Jikalau mendambakan mengupload konten berbentuk video, durasi maksimal di dalam 1 slide story adalah 15 detik. Kecuali video berdurasi lebih berasal dari 15 detik, maka Instagram akan otomatis membaginya jadi sebagian klip.

Ukuran Video Instagram Reels
ukuran instagram IG reels

Kini Instagram juga memiliki fitur baru, yaitu Reels.

Di Reels, anda dapat memposting video pendek berdurasi 60 detik bersama beragam tambahan fitur menarik lainnya, seperti Tiktok.

Rasio video Instagram Reels serupa layaknya IG Story yaitu 9:16 bersama resolusi 1080 x 1920 px.

Meski Reels dan IG Story miliki kecenderungan didalam fitur membagikan video pendek, perbedaanya adalah terhadap type postingan dan durasi video yang ditampilkan.

Di IG Story, anda sekedar bisa membagikan video pendek berdurasi 15 detik didalam 1 slide story (Sehabis 24 jam, postingan bukan sanggup dilihat kembali oleh orang lain). Berbeda bersama Reels, anda bisa mengunggah video pendek berdurasi sampai 60 detik dan video sanggup ditemukan di dalam feed Ig-Mu.

Ukuran Video IGTV

Mengidamkan membagikan konten video berdurasi lebih berasal dari 60 detik? Unggah video anda melalui Igtv. Anda sanggup membagikan video bersama dengan orientasi potrait ataupun landscape.

Tersedia sebagian hal yang mesti anda mencermati supaya mutu konten Igtv-Mu semakin maksimal, di antaranya:

Durasi video Igtv:

  • Video berdurasi minimal 1 menit
  • Durasi maksimum 15 menit jika video di-upload dari ponsel
  • Durasi maksimum 60 menit jika video di-upload dari web

File size IGTV:

  • Video berdurasi kurang dari 10 menit: 650MB
  • Video berdurasi hingga 60 menit: 3.6GB (maksimum)

Video IGTV vertical:

  • Aspect ratio minimum 4:5
  • Aspect ratio maksimum 9:16

Video IGTV horizontal:

  • Aspect ratio minimum 5:4
  • Aspect ratio maksimum 16:9

Selain aspect ratio-nya, ada ketentuan lain yang harus kamu pastikan ketika membuat konten untuk IGTV, seperti:

  • Resolusi video minimum 720 px
  • Format video MP4
  • IGTV frame rate minimum 30fps
  • Foto cover IGTV resolusi 420 x 654 dengan rasio 1:1.55

By Drajad