Tukang Taman Surabaya Profesional dan Murah – Taman juga dikenal punya peran penting dalam menjaga keseimbangan dan keindahan hunian. Merawatnya dengan asal-asalan tidak akan bisa membangkitkan nuansa nyaman dan asri pada rumah. Daripada pusing, berikut panduan menjaga taman agar tetap terawat rumah dengan baik yang bisa dicoba.

Bagaimana Cara Merawat Taman Agar Tetap Indah dan Asri? 

1. Selalu Menjaga Kebersihan Taman

Paling harus diperhatikan pemilik taman di rumah adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan tersebut dilakukan melalui banyak hal. Mulai dari membersihkan sampah yang berserakan, menyapu daun kering, ranting, hingga menyingkirkan genangan air. Metode perawatan taman rumah yang satu ini sangat penting.

Pasalnya, kondisi taman yang tidak terjaga kebersihannya biasanya akan terkesan jorok. Selain itu, taman yang kotor juga bisa menjadi sarang penyakit dan bisa membahayakan penghuni rumah itu sendiri. Hanya dengan memastikan kondisi taman bersih, pekarangan rumah akan terlihat lebih indah, cantik, dan asri.

2. Melakukan Pemangkasan Rumput Jika Diperlukan

Secara rutin melakukan pemangkasan juga merupakan salah satu langkah menjaga taman agar tetap terawat rumah dengan baik. Seperti diketahui, tanaman memang bisa tumbuh hingga tinggi dan apabila didiamkan saja, biasanya akan membuat tampilan taman jadi makin buruk dan tertinggal.

Contohnya rumput, yang pada umumnya bisa tumbuh tinggi sekali sampai menutupi bunga-bunga cantik. Padahal keberadaan bunga tersebut berperan untuk membuat tampilan taman jadi makin indah. Oleh sebab itu, pemilik taman harus rutin melakukan pemangkasan secara rutin, atau paling tidak jika dibutuhkan.

3. Pangkas Tanaman Gulma

Keberadaan gulma sebetulnya memang tidak bisa dihindari lagi. Gulma sering ditemukan di taman dan apabila dibiarkan saja berpotensi mengganggu pertumbuhan tanaman yang sedang dipelihara. Bagaimana tidak begitu, kalau faktanya gulma memang hidupnya bergantung pada inang.

Jika inang itu merupakan tanaman peliharaan justru nanti bisa mati kering. Selain rugi, tanaman yang mati kering akan merusak pemandangan. Solusi paling tepat untuk masalah tersebut adalah memangkas tanaman gulma begitu ditemukan hidup di sela-sela tanaman yang sedang dipelihara.

4. Merawat Pohon Dengan Baik

Pohon-pohon yang hidup di area taman juga perlu dirawat dengan baik. Pastikan semua tumbuh tidak terlalu besar. Meskipun pohon besar bisa memberikan kesejukan di area taman, pun masih punya resiko tinggi. Terutama saat hujan besar, karena ranting pohon besar bisa saja jatuh menimpa penghuni rumah.

Selain itu, semakin besar pohon biasanya juga makin banyak menghasilkan limbah daun kering. Daun kering ini saat hujan bisa berpotensi menghambat saluran talang air rumah sehingga cukup membahayakan. Maka, pastikan untuk memotong ranting pohon yang sudah terlalu besar. Termasuk rajin-rajinlah membersihkan daun kering yang berguguran di bawahnya, anda juga bisa menggunakan jasa tukang taman semarang untuk membantu membersihkan dan merawat taman.

5. Memperhatikan Kebersihan Kolam

Tidak sedikit orang yang suka melengkapi taman rumah dengan sebuah kolam ikan. Kolam ikan tentu menambah nilai estetika tersendiri pada taman. Hanya saja, juga harus diperhatikan kebersihannya. Kolam ikan yang jarang dibersihkan akan berpotensi ditumbuhi lumut dan sarang nyamuk.

Apalagi tidak sulit kok menjaga kebersihan kolam. Tidak perlu pakai pembersih dari bahan kimia khusus. Cukup sikat saja semua bagian kolam sampai bersih. Penggunaan zat kimia pembersih justru membuat air kolam tercemar dan bahkan menyebabkan ikan mati.

6. Perhatikan Kinerja Pompa Air

Bagaimana cara merawat taman juga bisa dilakukan dengan memperhatikan kinerja pompa air. Hal ini masih berhubungan dengan penggunaan kolam ikan sebagai pelengkap keindahan taman. Orang-orang tidak sedikit yang mengaplikasikan pompa air untuk instalasi kolam taman. Oleh karena itu, kinerja pompa air juga harus diperhatikan.

Bila masih ada yang bertanya apa hubungannya taman dengan perawatan pompa air? Tentu saja ada hubungannya. Sebab, pada umumnya pompa air yang rusak cenderung mengeluarkan bunyi bising. Memang tidak secara langsung merusak keindahan taman. Namun, suara berisik tersebut dapat mengganggu nuansa ketentraman sehingga penghuni rumah jadi kurang nyaman.

Kesimpulan

Demikian informasi seputar Tukang Taman Surabaya Profesional dan Murah, semoga bermanfaat dan dapat berguna untuk rekan-rekan pembaca yang membutuhkan jasa tukang taman untuk membuat atau merawat tamannya.

By skyweb