Trik-Trik Pembuatan Contoh Video Explainer yang Bagus

Secara sederhana video explainer dapat diartikan sebagai video pendek yang menceritakan tentang produk atau layanan perusahaan. Contoh video explainer memang ada yang dibuat dari gambar digital, gambar tangan atau live action. Namun kebanyakan video explainer menggunakan animasi.

Tujuan video explainer pada umumnya untuk mengenalkan identitas bisnis, beserta apa yang ditawarkan secara langsung dan efisien. Untuk membuat video explainer yang bagus ada beberapa triknya.

Trik untuk Membuat Video Explainer yang Menarik

Semuanya Bergantung kepada Naskah

Script atau naskah yang baik menjadi kunci keberhasilan video explainer itu sendiri. Naskah menjadi pondasi yang mendasari video tersebut. Jika ingin lebih optimal Anda bisa menggunakan jasa pembuat video khusus. Banyak perusahaan video profesional yang dapat memberikan sampel atau contoh video explainer untuk bisnis Anda.

Semakin Pendek Semakin Baik

Menurut penulis dan creative director Helen Klein Ross ‘semakin sedikit yang Anda katakan, semakin besar kemungkinan orang untuk mengingat.’ Tentu ada banyak hal yang ingin Anda sampaikan melalui video ini. Namun idealnya gunakan 150 kata per menit. Itu cukup untuk membuat video Anda pendek tetapi meninggalkan kesan kuat.

Videonya Sederhana Saja

Agar video itu tetap singkat kuncinya adalah membuatnya simpel. Video jasa pembuatan video explainer yang baik berfokus kepada empat hal, yaitu masalahnya, solusinya, cara kerjanya dan ajakan untuk bertindak. Jelaskan masalahnya kemudian berikan solusi beserta cara kerjanya. Terakhir beri penutup ajakan untuk bertindak kepada audiens.

Berikan Manfaat, Bukan Fitur

Apakah itu produk, aplikasi atau website baru Anda, tentu lebih menggoda untuk menjelaskan semua fiturnya melalui contoh video explainer. Tidak ada habisnya jika Anda hanya menjelaskan fitur saja. Justru yang penting adakah penjelasan mengenai manfaatnya untuk pelanggan Anda. Inilah yang akan membuat orang tertarik.

Menggunakan Suara Profesional

Percayalah bahwa suara narator dalam sebuah video amat sangat penting. Layaknya penyiar radio Anda pun senang kalau mendengarkan suara yang enak di telinga, bukan? Ketika membuat contoh video explainer Anda bisa menggunakan jasa narator profesional. Sehingga video Anda hasilnya juga semakin maksimal.

Tips Mempersiapkan Peluncuran Video Explainer

Lebih Rileks Sambil Bersenang-Senang

Memang penting membuat video yang sesuai dengan target pasar. Namun, terlepas dari siapapun target audiens Anda, jangan lupa bahwa video yang menarik adalah yang dapat menghibur penontonnya. Coba berikan sedikit sesuatu yang berbeda di dalam video explainer Anda. Entah itu humor, kejutan atau sesuatu yang aneh. Ini akan sangat menarik.

Visual Bukan Segalanya

Untuk membuat visual yang baik secara profesional memang penting. Tetapi sebenarnya bukan yang paling penting. Banyak contoh video explainer yang efektif meski menggunakan visual sederhana. Salah satunya video untuk Eventbrite. Kuncinya adalah menghasilkan visual yang mampu mengilustrasikan cerita dengan sulih suara.

Memberikan Musik Di Dalam Video

Musik dapat memengaruhi segala macam emosi, mulai dari senang, bersemangat hingga sedih. Efek yang dihasilkan musik bisa sangat mengejutkan. Pilih latar belakang musik yang cocok dengan contoh video explainer Anda. Supaya video Anda bisa menyentuh emosional audiens. Ini menjadi nilai tambah yang menguntungkan.

Merencanakan Peluncuran Video

Akan lebih optimal jika Anda memasarkan video explainer dengan perencanaan. Peluncuran yang baik pada dasarnya harus direncanakan seperti kapan waktunya dan melalui platform apa diluncurkan, semisal lewat blog, Jasa Buat Video Explainer media sosial, email. Selain itu jangan lupa mengunggahnya di website Anda.

Demikianlah trik-trik untuk membuat contoh video explainer yang bagus dan menarik. Apabila Anda menciptakan video explainer secara maksimal maka lebih mudah mempromosikan bisnis Anda.