Tips Pertama Kali Naik Pesawat

Meski pesawat terbang sudah menjadi alat transportasi jarak jauh yang biasa digunakan para pelancong, namun masih ada beberapa orang yang baru pertama kali bepergian dengan burung besi ini. Mungkin Anda salah satunya.

Kali ini, saya menyuguhkan panduan jitu dengan tips bagi Anda yang baru mengenal perjalanan udara. Jadi Anda tidak perlu bingung nanti, saat berada di bandara atau dalam penerbangan, hingga Anda sampai di tempat tujuan.

1. Cek kembali jadwal keberangkatan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin bepergian dengan pesawat adalah memastikan Anda memiliki tiketnya. Cek jadwal penerbangan Anda secara detail mulai dari tanggal dan waktu keberangkatan dan kepulangan, maskapai yang akan digunakan, nama lengkap penumpang dan nomor identifikasi hingga lokasi bandara keberangkatan.

Di bandara internasional Jakarta seperti Soekarno-Hatta, setiap terminal melayani maskapai dan tujuan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu tahu persis terminal mana yang akan menjadi titik keberangkatan Anda agar tidak salah naik pesawat.

2. Membawa barang sesuai dengan peraturan maskapai penerbangan

Tidak semua maskapai penerbangan menawarkan kuota bagasi untuk penumpang. Lion Air dan Air Asia, misalnya, dua maskapai ini kerap menawarkan harga murah tanpa jatah bagasi. Sebagai gantinya, Anda akan menerima tas tangan dengan dimensi dan berat tertentu sesuai dengan peraturan maskapai.

Biasanya, penumpang yang berada di kabin diberikan tas atau koper seberat minimal tujuh kilogram dan tas tangan. Oleh karena itu, Anda perlu mengonfirmasi ulang tiket yang Anda gunakan sebelum berangkat. Pastikan Anda hanya membawa apa yang Anda butuhkan, baik Anda diberi jatah bagasi atau tidak.

Karena jika Anda membawa terlalu banyak barang dan tidak memiliki jatah bagasi, Anda akan dikenakan biaya yang agak mahal per kilogram. Apalagi jika tujuan yang akan Anda tuju jauh dari tempat pemberangkatan.

3. Jangan membawa benda tajam dan terlarang

Benda tajam dan bau menyengat tidak diperbolehkan di dalam bagasi. Jadi, pastikan Anda tidak membawa gunting, pisau, silet, atau barang berbau menyengat seperti durian ke dalam kabin. Selain itu, hindari mengambil korek api, cairan dengan volume lebih dari 100ml, powerbank di atas 10.000mAh, obat-obatan, dan bahkan aerosol yang dapat meledak karena tekanan di dalam kabin.

4. Kenakan pakaian yang nyaman

Perjalanan dengan pesawat komersial biasanya dilakukan dalam waktu penerbangan minimal 45 menit. Jadi pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman, terutama jika Anda akan melakukan penerbangan jarak jauh.

Jika Anda tidak tahan dingin, pastikan untuk memakai lengan baju dan membawa jaket atau syal untuk mengatasi dingin di kabin. Anda juga bisa membawa bantal leher untuk menemani selama penerbangan agar leher dan bahu tidak terasa pegal.

5. Tiba di bandara 2-3 jam sebelum keberangkatan

Sebenarnya tidak banyak yang bisa dilakukan di bandara. Jika Anda datang lebih awal sebelum keberangkatan, akan lebih mudah untuk check-in di meja check-in maskapai. Hal ini untuk menghindari antrian panjang penumpang yang juga hendak check-in.

Pergi ke bandara lebih awal juga dapat membantu Anda mendapatkan informasi jika penerbangan Anda tidak berjalan sesuai rencana. Pasalnya, hal tak terduga kerap terjadi di bandara yang mengakibatkan penerbangan ditunda atau mungkin dibatalkan pada hari yang sama.

Anda membutuhkan agen tiket pesawat tanpa deposit atau bahkan agen tiket pesawat gratis? Yuk dapatkan segera hanya di eticket.id saja.