breeding-canaries

Tips Mudah Ternak Burung Kenari Agar Cepat Sukses

Burung kenari telah dibesarkan di Jerman selama berabad-abad dan burung kenari yang berasal dari daerah beriklim dingin telah tumbuh untuk mentolerir suhu dingin dengan cukup baik.

Namun, saat memperoleh kenari, sangat penting untuk mengetahui kondisi lingkungan tempat mereka dipelihara. Mereka harus menyesuaikan diri secara perlahan ke suhu yang lebih rendah – atau lebih tinggi – selama periode waktu tertentu.

Kita juga harus ingat bahwa burung yang baru didapat sedang mengalami stres karena pindah ke rumah baru. Sistem kekebalan mereka akan terganggu untuk beberapa waktu dan perawatan khusus perlu dilakukan untuk melindungi mereka dari angin dan dingin.

Burung baru perlu dikarantina dari unggas yang ada setidaknya selama sebulan untuk melindungi bibit yang sudah ada dari penyakit yang dibawa, dan untuk memberi waktu pada kenari baru untuk pulih dan membangun sistem kekebalannya, yang pada awalnya akan menurun karena stres ditempatkan di lingkungan baru.

Sebelum musim kawin, sebaiknya bersihkan area ventilasi ayam (untuk meningkatkan peluang pembuahan. Pangkas juga kuku karena kuku yang panjang cenderung tersangkut di bahan sarang saat keluar dari sarang. Jika itu terjadi, mereka sering kali akhirnya menarik bahan sarang – dan telur atau anak ayam di atas atau di dalamnya – keluar dari sarang.

Penangkaran Aviary:

Jika disimpan di lingkungan kandang burung, mereka harus dilindungi dari angin kencang dan hujan, tentunya. Kandang burung yang tertutup lebih disukai – karena mereka melindungi burung kenari Anda dari kotoran burung liar yang bertengger di kandang burung Anda.

Kotoran burung bisa terinfeksi parasit, atau bakteri dan virus. Selain itu, burung liar sering membawa tungau. Anda benar-benar tidak ingin memperkenalkan semua itu di kandang burung Anda.

Pembiakan Kandang:

Jika Anda lebih suka Om Kicau membiakkan kenari di dalam ruangan, pilihlah area terang. Cahaya matahari yang cukup penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka, serta untuk membawa mereka ke dalam kondisi berkembang biak pada saat itu.

Kandang harus berukuran minimal 24 x 16 x 16 inci (atau bahkan lebih besar untuk ras kenari yang lebih besar, seperti Yorkshire Canary). Selain aksesoris kandang biasa, seperti tempat bertengger, benih dan piring air, serta pasir atau koran untuk menutupi lantai kandang, harus ada alat yang memudahkan kenari untuk membangun sarang, dan boks yang berisi rami. atau kain goni. Cangkir sarang kenari tersedia di toko hewan peliharaan dan siap diterima oleh burung kenari.

Namun, cobalah untuk menjauh dari yang “rapuh” yang mudah jatuh. Tidak ada yang lebih menyedihkan daripada telur subur yang pecah di dasar kandang atau kandang burung akibat hal itu. Yang tipis juga tidak bertahan lama. Anda mungkin berpikir Anda menghemat uang, tetapi sebenarnya tidak – karena hilangnya telur atau anak ayam dan biaya penggantian yang konstan dari cangkir ini. Tentu saja, jika Anda sedikit berguna dan menemukan cara untuk memasangnya dengan aman – mengapa tidak.

Kapanpun Anda berencana untuk berkembang biak, Anda harus memiliki cukup ruang di kandang Anda untuk burung kecil bahkan setelah mereka dewasa untuk mandiri.

Menyiapkan Canaries untuk Pembiakan:

Burung jantan dan betina ditempatkan di kandang penangkaran pada musim kawin yang cenderung dimulai pada paruh kedua bulan Maret.

Segera ayam betina mulai membangun sarang. Dalam kebanyakan kasus, mereka akan berkembang biak di sarang cangkir terbuka – kadang-kadang bahkan membawa bahan sarang ke piring makanan mereka, jika dia memutuskan bahwa ini adalah tempat yang baik untuk membesarkan keluarga.

Sarang cangkir tersedia secara komersial, tetapi cenderung sangat tipis, menggantung ke titik di mana telur atau anak ayam mungkin jatuh, atau mungkin jatuh sama sekali. Jika Anda menemukan sarang cangkir yang bagus dan kokoh – itulah cara terbaik untuk kebanyakan burung kenari.

Namun, beberapa mungkin menerima sarang tertutup – jika tidak ada sarang cangkir terbuka yang sesuai. Ini lebih disukai, karena telur atau anak ayam cenderung tidak rontok.

Pada permulaan musim kawin, pejantan mulai merayu ayam. Jika dia siap dan mau, dia berjongkok dan mereka kawin. Dalam sehari, jarang dalam interval dua hari, ayam betina bertelur empat sampai lima telur berbintik-bintik coklat kehijauan. Setelah 13 hingga 14 hari inkubasi, dengan ayam yang duduk di sarang, burung kenari kecil menetas.

Selama beberapa hari pertama, susu biasa (tersiram air panas) yang dicampur dengan sereal bayi Hi-Protein dengan konsistensi pekat bekerja dengan baik. Setelah sekitar 4 hari, makanan telur dapat disediakan (burung bungsu tidak dapat mentolerir kuning telur dengan baik).

Setelah beberapa hari pertama itu, Anda bisa memberikan pakan telur untuk burung Anda, selain benih biasa. Anda dapat mencampur makanan anak burung Anda sendiri dengan menggunakan telur rebus, haluskan – termasuk cangkangnya (untuk tambahan kalsium) – mencampurnya dengan roti gandum yang direndam dan mungkin dengan wortel parut.

Makanan bersarang tersedia di toko, yang juga bisa dicampur dengan telur. Untuk empat cangkir makanan anak burung kering, tambahkan satu pon wortel parut, dan satu lusin telur rebus parut. Potong telur di cangkang food processor dan semuanya. Ini untuk sekitar lima puluh ayam betina. Rebus telur selama dua belas hingga empat belas menit untuk memastikan tidak ada penyakit unggas yang ditularkan ke burung kenari.

Campuran ini diberikan dalam jumlah yang akan dimakan burung dalam satu jam. Semua burung mendapatkan satu cangkir camilan per hari dari campuran telur ini. Persediaan untuk burung yang memberi makan anak terus diperbarui sepanjang hari. Makanan anak burung dengan telur membusuk dengan sangat cepat, terutama selama musim panas. Sebaiknya persiapkan campuran telur segar setiap hari. Jika ini tidak memungkinkan, segera dinginkan kelebihannya.

CATATAN:

Pemberian makan telur paling baik dibatasi pada musim kawin karena pemberian makan berlebihan dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Hentikan pemberian makanan telur setelah anak ayam dapat memecahkan cangkang telur.

Kenari biasanya adalah orang tua yang baik dan kedua orang tua merawat anak ayam, yang mereka beri makan selama sekitar empat minggu. Pada usia sekitar 21 hari, burung kenari muda meninggalkan sarang, mulai kikuk untuk bergerak di dalam kandang, tetapi terus mengkoordinasikan gerakan mereka dan mulai memakan makanan telur dan benih.

Anak burung akan mengeluarkan kotoran di tepi sarang dan kemungkinan besar sarangnya akan kotor (terutama di sepanjang tepi sarang). Untuk memelihara anak ayam di lingkungan yang bersih (dan bebas dari tungau), mungkin perlu menukar sarang kotor dengan yang bersih. Untuk meminimalkan stres pada induk, persiapkan semuanya – untuk mempercepat pertukaran sarang.

Segera setelah mereka benar-benar disapih, kenari muda harus dipisahkan dari induknya.