Tips Mudah Belajar Meniup Terompet Untuk Pemula

Aturan meniup alat musik terompet untuk seorang pemula dan seorang yang telah mahir dalam memainkan terompet tentunya berbeda. Sebab aturan meniup terompet tidak dapat sembarangan atau biasa disebut asal tiup. Sebab apabila meniupnya secara sembarangan atau asal tiup maka tidak dapat menciptakan harmonisasi suara yang indah dan enak didengar ataupun malah terompet ini tidak akan menghasilkan suara atau tidak berbunyi sama sekali. Ada cara tertentu saat membawakan instrument musik terompet ini. Nah dibawah ini beberapa tips mudah belajar meniup terompet ntuk pemula :

  • Yang pertama yaitu pemanasan.

Untuk pemasanasan ini apabila kalian baru pertama kali ingin belajar meniup terompet, pemanasan ini dapat kalian lakukan dengan memakai pipet terlebih dahulu, yaitu dengan meletakan pipet pada bibir, tetapi bibir harus rapat, kemudian kalian benafas pelan pelan menggunakan pipet tadi. Masih memakai pipet, kemudian kalian dapat meletakan mouthpiece dibibir. Apabila langkah meniup telah sesuai tentunya mouthpiece ini akan menghasilkan suara. Apabila mouthpiece kalian telah bisa menghasilkan suara kalian bisa melekatkan mouthpiece ini pada terompet.

Pemanasan selanjutnya ialah olah nafas caranya yaitu kalian dapat menarik nafas minimal 4 hitungan, kemudian keluarkan kembali sama dengan 4 hitungan, apabila telah terbiasa dapat dinaikan menjadi 8 hitungan kelurkan 4 hitungan. Lalu selanjutnya kalian dapat merapatkan bibir bagian atas dengan bawah lalu menggetarkannya sampai terdengar suara. Tidak hanya itu kalian juga dapat melakukan pemanasan jari jari tangan supaya lebih fleksibel saat menekan lubang lubang pada terompet.

  • Yang kedua ialah bernafas menggunakan hidung

untuk seorang pemula akan lebih mudah bernafas menggunakan hidung lalu dikeluarkan melalui mulut.

  • Yang ketiga ialah meletakkan mouthpiece ditengah bibir

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya biasakan meletakkan mouthpiece pada bagian tengah bibir, apabila kalian memakai behel atau kawat gigi kalian dapat meletakkan mouthpiece lebih tinggi maupun lebih rendah dari biasanya.

  • Yang keempat ialah berhenti merokok

Kenapa harus berhenti merokok? Sebab didalam bermain instrument musik terompet memerlukan nafas yang panjang serta kuat. Biasanya seseorang yang merokok mempunyai nafas yang tentunya lebih pendek disbanding dengan seseorang yang tidak merokok.

  • Yang Kelima Kenali Nada

Saat meniup terompet walaupun seorang pemula namun tetap wajib mengenali nada yang dipakai. Wajib dikenali yang pertama ialah letak nada dasar, tidak hanya itu tinggi rendahnya sebuah nada sepenuhnya wajib diketahui saat menggunakan terompet. Apabila nada semakin tinggi tentunya semakin menipiskan bibir saat meniupnya. Tinggi serta rendahnya nada yang diciptakan terompet ditentukan dengan gerakan bibir seorang peniupnya.

  • Yang Keenam Halus Serta Kerasnya Suara

Halus dan kerasnya suara biasa disebut dengan dinamika. Dibawah ini ada beberapa cara untuk memainkan dinamika didalam meniup terompet :

  1. Smooth

Untuk menciptakan suara ini tiuplah terompet dengan cara pelan serta sehalus mungkin. Caranya ialah keluarkan udara ketika meniup terompet sekecil mungkin

  1. Mezzo Forte

Untuk menciptakan suara yang sedang tiuplah terompet dengan sedang yaitu keluarkan udara ketika meniup dengan sedang.

  1. Forte

Untuk menciptakan suara yang keras yaitu keluarkan udara ketika meniup dengan maksimal.

Nah itulah artikel yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat. Untuk bpk/ibu yang sedang mencari alat musik terompet kami jual marchingband menyediakan berbagai macam peralatan dan perlengkapan marchingband.