Ini 4 Cara Mudah Merawat Cincin Pernikahan Emas Putih

Tetap Berkilau: Ini 4 Cara Mudah Merawat Cincin Pernikahan Emas Putih

Cincin nikah emas putih memang membutuhkan perawatan secara khusus agar kilaunya tidak mudah pudar dan tetap abadi. Harapannya, cincin pernikahan tersebut bisa menjadi kenangan dan harapan agar pernikahannya pun abadi hingga maut memisahkan. 

Oleh karena itu, agar cincin sakral tersebut tetap terjaga keindahan fisik maupun kenangannya, berikut ini 4 cara mudah untuk merawatnya.

Cara Merawat Cincin Emas Putih

Ini 4 Cara Mudah Merawat Cincin Pernikahan Emas Putih

1. Air Hangat

Gunakan air hangat untuk mencuci cincin dari bahan emas putih. Selain efektif untuk merontokkan kotoran yang melekat, seperti sisa kosmetik atau debu dan kotoran, air hangat tidak merusak lapisan rodiumnya. 

Apalagi dengan penggunaan air hangat, sisa-sisa minyak dari jaringan kulit pun bisa ikut terlarut. Mengingat, air hangat memiliki daya pembersih lebih baik dibandingkan air dingin biasa. Akan tetapi, perlu diingat untuk tidak memakai air panas berlebihan. Cukup yang hangat saja, agar kulit tidak iritasi dan cincin pun tidak mudah kusam.

2. Jangan Pakai Cincin Nikah Emas Putih ke Kolam Renang

Kandungan klorin pada air kolam renang, bisa sangat reaktif untuk rodium (Rd) yang melapisi emas putih. Oleh karena itu, jika memakai cincin emas putih, jangan pakai terlalu sering ketika berenang. Lebih baik lepas dan simpan di tempat yang aman, dan gunakan kembali setelah selesai bilas. 

3. Baking Soda

Siapa yang tidak kenal dengan bahan pengembang kue ini? Sifatnya yang mampu memerangkap karbon dioksida, ternyata efektif untuk menjadi pembersih kotoran membandel. Oleh karena itu, untuk cincin yang terkena kotoran membandel, gunakan bahan satu ini untuk mengoptimalkan hasilnya. 

Akan tetapi, perlu waspada. Baking soda dan soda kue berbeda, yang disarankan adalah baking soda. Jangan memakai soda kue, atau malah soda api. Bisa-bisa cincin malah terlihat kusam dan tidak menarik lagi. 

Penggunaan baking soda pun sebatas pada jenis kotoran yang bandel, misalnya endapan kotoran di sela rantai atau celah-celah ornament cincin. Karena kandungannya yang reaktif, butuh penggunaan secara bijak dan tidak terlalu sering agar kecerahan cincin tetap awet.

4. Gunakan Sikat Rambut Saat Membersihkan Cincin Nikah Emas Putih

Jangan pakai sembarang sikat saat membersihkan cincin dari bahan emas putih. Karena sikat yang kasar bisa melukai permukaan cincin, dan malah melepaskan ornamen-ornamen penyusun cincin. Oleh karena itu, pakailah jenis sikat yang lembut tapi berdaya bersih kuat. Contohnya adalah sikat rambut yang biasa bayi gunakan. 

Demikianlah empat cara mudah merawat cincin nikah emas putih agar kilaunya tetap terjaga dan abadi seperti pernikahannya. Agar tidak tertipu oleh oknum tidak bertanggungjawab, sebaiknya untuk perawatan optimal serahkan saja ke Adelle Jewellery. Selain itu, di sana juga ada banyak pilihan desain, dan bisa dikondisikan sesuai kebutuhan. Selamat mencoba.