Tempat Rekreasi di Bungo

Tempat Rekreasi di Bungo Ingin Berlibur lebih Terkesan? Berikut Daftar Tempat Rekreasi Terbaik di Bungo, Jambi. Tujuan Rekreasi Alam Terkini, Modern dan Paling Hits Didatangi oleh Pelancong.

Kabupaten Bungo sebagai salah satunya daerah hasil pemekaran Kabupaten Bungo Tebo yang dibuat di tahun 1999 di Propinsi Jambi. Kabupaten Bungo mempunyai luas daerah lebih dari 4.500 km persegi dalam jumlah warga capai 335 ribu jiwa. Kabupaten ini mempunyai ibukota yang berada di Muara Bungo dengan 17 kecamatan. Kabupaten Bungo mempunyai kekayaan alam yang berlimpah yang dibuat dari perkebunan karet, kelapa sawit. Dan pada bidang pertambangan, Kabupaten Bungo mempunyai tambang batu bara yang luas.

Kabupaten Bungo populer sebagai salah satunya wilayah pemroduksi emas di Propinsi Jambi. Tidak ketinggal, Kabupaten Bungo mempunyai pemandangan alam yang mengagumkan cantiknya dan tentu saja pantas Anda datangi saat singgah di Propinsi Jambi. Berikut 15 tempat rekreasi di Kabupaten Bungo paling hits didatangi pelancong.

Tempat Rekreasi di Bungo

1. Air Terjun Tegan Kiri

Air Terjun Tegan Kiri ini memiliki jarak sekitaran 31 km dari pusat Kota Muara Bungo persisnya di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo. Air Terjun ini mempunyai ketinggian 26 mtr. dan lokasi wisatanya bersih hingga nyaman untuk didatangi. Air Terjun Tegan Kiri ini masih alami karena jarang-jarang tersentuh tangan manusia.

Sesampai di Air Terjun Tegan Kiri, Anda akan disuguhi panorama alam yang mengagumkan. Batu-batuan besar melingkari saluran Air Terjun Tegan Kiri. Ditambahkan air yang dingin, udara yang sejuk dan teduh pohon-pohonan disekelilingnya. Dahulunya, Air Terjun Tegan Kiri ini diketemukan oleh Suku Anak Dalam (SAD). Beberapa orang menyebutkan Air Terjun Tegan Kiri mempunyai narasi mistik karena suara gemericik Air Terjun Tegan Kiri serupa suara tangisan air

 

2. Taman Kota Muara Bungo

Taman Kota Muara Bungo ini berada pusat perkotaan persisnya di Bungo Barat, Muara Bungo, Jambi. Taman Kota ini diperlengkapi sarana jogging trek yang luas dan dikitari oleh rimbunan pohon-pohonan hingga udaranya jadi sejuk dan tentu saja pas untuk olahraga pada pagi hari atau sore hari.

Taman Kota Muara Bungo pas jadi lokasi rekreasi dengan keluarga sambil nikmati makanan perbekalan rumah yang dibawa, duduk di alas alas, dan nikmati sepoi-sepoi angin sejuk di Taman Kota Muara Bungo.

baca : trip tour pulau pari 

3. Air Terjun Telago Jando

Air Terjun Telago Jando berada di Dusun Buat, Kabupaten Bungo. Air Terjun Telago Jando ini mempunyai 7 jenjang air terjun yang cantik dan mempunyai keunikannya tertentu pada tiap jenjangnya.

Air Terjun Telago Jando seolah jadi magnet tertentu untuk rekreasi alam di Kabupaten Bungo. Untuk ke arah Air Terjun ini Anda harus tempuh jarak sekitaran 60 km dari Kota Muaro Bungo atau sekitaran 1 jam berkendaraan motor.

 

4. Semagi Water Park

Bila Anda cari rekreasi air selainnya air terjun di Kabupaten Bungo, karena itu datangi saja ke Semagi Water Park. Di rekreasi air ini Anda dapat coba banyak wahan air menarik seperti rollercoaster, ombak bikinan sampai perosotan raksasa. Tentu saja rekreasi Semagi Water Park Semagi Water Park ini benar-benar pas untuk wisata keluarga dengan ajak anak dan keluarga.

Untuk ticket masuk rekreasi air Semagi Water Park ini Anda perlu bayar Rp50.000,- per-orang. Selainnya rekreasi air, di sini ada warung makan, dan pinjaman ban hingga Anda tidak perlu takut kelaparan.

 

5. Taman Pusparagam

Taman Pusparagam tawarkan kesejukan dan kesegaran untuk Anda yang hoby wisata atau joging di pagi dan sore hari. Taman Pusparagam ini terdiri jadi beberapa taman yang cantik untuk ditelusuri.

Lokasi Taman Pusparagam Muara Bungo bersisihan dengan taman-taman yang lain seperti Taman Hijau yang dapat dijangkau dengan jalan kaki sepanjang 400 mtr.. Taman Pusparagam Muara Bungo ada di tengah pusat perkotaan hingga dapat menjadi alternative wisata murah dan dapat dijangkau.

 

6. Dam Semagi

Dam Semagi ada di Kecamatan Tanah Tumbuh. Anda perlu tempuh perjalanan sepanjang 40 km dari ibukota Kabupaten Bungo memakai mobil atau motor. Dam ini sebagai saluran sungai pegunungan dengan batu-batuan besar yang cantik.

Dam Semagi ada di tengah rimba dan dikitari bukit-bukit dan dihias oleh pohon-pohonan teduh. Sayang, sarana di Dam Semagi terhitung kurang hingga jika dirawat lebih bagus kembali Dam ini menjadi asset rekreasi yang memberikan keuntungan.

 

7. Taman Hijau Muara Bungo

Taman kota yang ini terletak sekitaran 400 mtr. dari Taman Pusparagam. Perbedaannya, Taman Hijau Muara Bungo diperlengkapi dengan jogging trek, permainan anak-anak dan beberapa sarana olahraga hingga pas untuk Anda yang ingin jaga kesehatan dengan berkunjung ke Taman Hijau Muara Bungo.

baca juga : pulau tidung murah
Disamping itu, Taman Hijau Muara Bungo dikitari oleh beberapa pohon besar dan teduh yang sejuk hingga jadi lokasi yang cocok untuk santai.

 

8. Air Terjun Punjung Empat

Air Terjun Pujung Empat ini ada di Bukit Punjung dan mempunyai pucuk air terjun yang tinggi dan bertingkat. Air Terjun ini berada di Rantau Keloyang Kecamatan Pelepat. Untuk sampai ke Air Terjun Pujung Empat, Anda harus berkendaraan sepanjang 26 km dari pusat perkotaan selanjutnya diteruskan dangan 4 km jalan kaki.

Walau lumayan jauh, sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi panorama alam yang mengagumkan dan melalui 3 gua alam yang sekalian dapat Anda datangi.

 

9. Lubuk Beringin

Lubuk Beringin ialah tempat pemandian alam yang menjadi unggulan di Kabupaten Bungo. Tiap akhir minggu, Lubuk Beringin selalu ramai didatangi pelancong. Lubuk Beringin ini berada sekitaran 50 km dari pusat Kota Muaro Bungo.

Sesampai di Lubuk Beringin, Anda akan melihat keelokan alam sungai dengan batu-batuan dan air yang jernih. Ada sarana berbentuk homestay untuk Anda yang punya niat bermalam di Lubuk Beringin.

 

10. Dam Tapus Tanah Tumbuh

Dam Tapus Tanah Tumbuh ialah situs riwayat yang ada di Kecamatan Tanah tumbuh, Dusun Tangkai Uleh. Dari pusat Kota Muara Bungo, Anda harus tempuh perjalanan sekitaran 60 km.

Dam Tapus Tanah Tumbuh diketemukan di tahun 1787 M dan berada di Dusun Tangkai Uleh, Kotojayo, Tanah Tumbuh. Dam ini diperkirakan diketemukan saat zaman penjajahan Belanda.

 

11. Batu Tapak Sembilan

Jika Anda cari rekreasi riwayat di Bathin III Ulu, karena itu Batu Tapak Sembilan ialah arah yang akurat. Batu Tapak Sembilan sebagai situs purbakala yang berada di Dusun Senemat Ulu.

Disebutkan Batu Tapak Sembilan karena batu itu ada cetakan telapak kaki manusia purba dan hewan pada periode purbakala. Situs purbakala ini jadi bukti ada kehidupan di jaman prasejarah di Jambi.

 

12. Masjid Al Falah Empelu

Masjid Al Falah Empelu berada di Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepotong Lintasi. Masjid berumur beberapa ratus tahun ini mempunyai design melayu yang unik. Untuk dapat berupa istimewa seperti saat ini, Masjid Al Falah Dusun Empelu melalui banyak perbaikan bangunan.

Menurut narasi figur warga di tempat, Masjid Al Falah di Dusun Empelu dipegang oleh Rio Agung Niat Tuanku Kitab. Dia ajak warga di tempat untuk gotong-royong membuat masjid. Hal itu dilaksanakan atas keinginan Pangeran Anom.

 

13. Gua Alam

Gua Alam berada di Dusun Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, dan di Dusun Sungai Beringin, Kecamatan Pelepat. Gua ini memiliki jarak sekitaran 31 km dari ibukota Kabupaten Bungo. Anda perlu tempuh perjalanan sekitaran 31 km atau 40 menit untuk sampai di Gua Alam. Gua Alam ini dikenali oleh warga sekitaran sebagai Gua Kelelawar. Ini karena beberapa ribu kelelawar hidup di gua. Tontonan beberapa ribu kelelawar yang terbang ke arah dan dari Gua Alam ini jadi peristiwa unik yang cuman dapat Anda jumpai di Gua Alam.

Saat Anda masuk gua, Anda akan mendapati beragam stalaktit dan stalakmit yang bergantungan di langit-langit dan dasar gua yang cantik. Saat terserang cahaya matahari stalaktit dan stalakmit itu akan berpendar hasilkan kemilau yang elok.

baca juga : Tempat Tour di Batanghari Terkini dan Paling Hits Didatangi

14. Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldii

Bunga bangkai ini gampang diketemukan di Dusun Rantau Pandan. Lokasi Bunga Bangkai ini memiliki jarak sekitaran 34 km dari ibukota Kabupaten Bungo. Minimal ada 2 tipe Bunga Bangkai yang tumbuh fresh di teritori itu yaitu Amorphophallus Titanum dan Rafflesia Arnoldi. Bunga bangkai tipe Amorphophallus Titanum mempunyai ukuran yang lebih melebar dibanding tipe Rafflesia Arnoldi.

 

15. Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar ini beralamat di Renah Sungai Besar, Limbur Lubuk Mengkuang. Air Terjun ini mempunyai ketinggian capai 30 mtr. dengan debet air yang cukup deras tetapi airnya berbeda tenang saat capai dasar. Hingga beberapa orang berenang pada bagian dasar air terjun. Dari Kabupaten Bungo, Anda harus tempuh perjalanan sekitaran 80 km atau 1,5 jam untuk capai ke lokasi.

Itu 15 referensi tempat rekreasi di Bungo yang bisa Anda datangi untuk habiskan waktu berlibur atau akhir minggu. Mudah-mudahan berguna!

Sharing