Software / Aplikasi Virtual Machine Terbaik dan Gratis

Virtual machine sendiri adalah software atau aplikasi yang mampu kita memakai untuk menjalankan atau mengoperasikan sebuah OS secara virtual. Sepert yang telah pernah dibahas dalam artikel mengenai virtual machine sebagian waktu yang lalu.

Kali ini aku bakal mengupas software apa saja yang termasuk kategori virtual machine terbaik. Berikut keempat software virtual machine paling baik versi Pintar Komputer.

 

1. VirtualBox (Windows/Mac/Linux)Predikat peringkat pertama aku berikan kepada VirtualBox.

Bukan tanpa alasan ya. VirtualBox menunjang beragam macam sistem operasi, agar terlalu mungkin anda menginstal OS apapun yang anda mau. Selain itu, anda mampu memperoleh VirtualBox secara gratis langsung dari websitenya.

Kita termasuk mampu laksanakan berbagi file, drive, peripheral dan lain-lain, tetapi sebelumnya kita kudu mengaktifkan Guest Additions dulu. Tapi untuk persoalan resource, VirtualBox tidak terlampau banyak memakan memory.

2. VMWare Player (Windows/Linux)

Sebenarnya, VMWare ini tersedia dua jenis, yakni WMWare Player dan VMWare Workstation, tetapi aku ambil yang Player saja sebab tersedia versi gratisnya. Tidak seperti di VirtualBox, di VMWare, sistem operasi yang didukung cuma Linux dan Windows saja.

Tapi, dengan memakai VMWare, anda pasti mulai tidak cuma semata-mata memakai komputer software virtual tour, tetapi lebih dari itu. Namun, untuk pemakaian resource hardware, aku masih memilih VirtualBox.

3. Windows Virtual PC (Windows)

Sesuai nama brandnya, software yang satu ini buatan asli dari Microsoft sendiri. Dan sistem operasi yang didukung pun cuma Windows saja. Untuk memperoleh software ini, anda mampu langsung mendownloadnya di web resmi microsoft pada lewat link di bawah ini.

4. Qemu (Linux)

Qemu merupakan virtual machine yang diperuntukan untuk OS Linux di dalamnya. Penggunaan resource virtual machine ini relatif kecil ya, aku pun kerap menggunakannya untuk semata-mata eksperimen.