Skema Dalam Penerapan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha,

Pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini sedang dilakukan dalam skala besar dan di banyak daerah. Proyek Pembangunan hasil kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) ini tentu membutuhkan bantuan dana untuk pembiayaannya. Berikut adalah beberapa skema yang dilakukan dalam proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia.

4 Skema Penerapan Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha

  1. Skema Proyek Bangun-Keuangan 

Banyak pembangunan proyek infrastruktur dilakukan di berbagai daerah di Indonesia saat ini. Proyek pembangunan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat Indonesia keseluruhannya. Tak hanya itu, namun pembangunan infrastruktur akan memberi dampak pada sektor lainnya lebih baik. 

Dalam proyek pembangunan infrastruktur terdapat beberapa skema yang bisa dipilih untuk dilakukan. Salah satunya adalah seperti BF atau Build – Finance. Dalam skema ini, badan usaha swasta akan membantu membangun aset dan juga membiayai modal. Pembiayaan ini akan dilakukan selama masa proyek konstruksi berlangsung.

  1. Skema Proyek Kontrak Operasi & Pemeliharaan 

Skema lainnya dalam proyek kerjasama pemerintah dan badan usaha / KPBU yang bisa digunakan adalah O&M atau Operation & Maintenance. Skema ini akan membuat badan usaha swasta,  membantu jalannya proyek pembangunan infrastruktur berdasarkan kontrak yang jelas. Dan juga badan usaha tersebut akan membantu dalam pengoperasikan aset milik Pemerintah.

Beberapa contoh aset pemerintah yang akan diolah beberapa diantaranya adalah seperti Pabrik pengolahan air, limbah dan pengolahan lainnya. Proses pengelolaan aset ini akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Walaupun proses pengelolaan akan dibantu badan usaha swasta, namun Kepemilikan aset tetap ada pada pihak Pemerintah.

  1. Skema Proyek Desain-Bangun-Keuangan-Pelihara 

Skema kerja proyek kerjasama pemerintah dan badan usaha lainnya yang bisa digunakan adalah DBFM atau Design-Build-Finance-Maintenance. Skema ini akan membuat suatu badan usaha swasta akan melakukan proses perencanaan, pembangunan, hingga penyediaan layanan pemeliharaan atau hard facilities management.

Proses skema pembangunan proyek infrastruktur ini akan dilakukan dalam perjanjian jangka panjang. Perjanjian ini akan dilakukan kedua belah pihak sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Sehingga proyek pembangunan infrastruktur akan berjalan lebih efisien dan juga membantu meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. 

  1. Skema Proyek Desain-Bangun-Keuangan-Pelihara-Operasi 

Skema lain yang bisa digunakan dalam proyek kerjasama pemerintah dan badan usaha adalah DBFMO atau Design-Build-Finance-Maintain-Operate. Skema ini membuat Pihak badan usaha akan melakukan rancangan, pembangunan, pembiayaan, pelayanan, pemeliharaan, hinga pengoperasian proyek di bawah perjanjian sistem jangka panjang. 

Itulah beberapa hal tentang PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) yang harus anda ketahui. Adanya layanan perbankan ini tidaklah bertujuan untuk bersaing dengan lembaga keuangan lainnya, namun sebagai alternatif sumber pendanaan.

By Drajad