Infeksi telinga adalah salah satu alasan paling umum orang tua membawa anak-anak mereka ke dokter. Mereka juga salah satu kondisi yang paling menyakitkan bagi bayi dan balita. Meskipun infeksi telinga biasanya tidak serius, infeksi telinga bisa sangat menyakitkan bagi anak Anda dan dapat berlangsung selama beberapa hari jika tidak diobati. Bayi dengan infeksi telinga sering menangis tak terhibur dan sulit tidur. Anda mungkin khawatir bahwa ada sesuatu yang salah serius dengan bayi Anda dan ingin mereka segera ke dokter, tetapi penting untuk memahami apa itu infeksi telinga sebelum bergegas ke UGD atau klinik perawatan darurat (yang bisa menjadi ide bagus jika Anda tinggal jauh dari dokter anak Anda).

Infeksi telinga bayi adalah alasan paling umum orang tua membawa anak-anak mereka ke dokter.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa infeksi telinga adalah salah satu alasan paling umum bagi seorang anak untuk dibawa ke dokter. Namun, tahukah Anda bahwa sekitar 15% anak-anak akan mengalami infeksi telinga sebelum ulang tahun keenam mereka? Dan tahukah Anda bahwa angka ini meningkat menjadi 20% antara usia 6 bulan dan 2 tahun? Jika demikian, tahukah Anda mengapa sangat umum bagi bayi untuk mendapatkan infeksi telinga?

Infeksi telinga terjadi ketika bakteri atau virus menginfeksi telinga tengah anak Anda, menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Penyebab paling umum dari hal ini adalah virus flu (varicella-zoster), tetapi kuman lain seperti klamidia juga dapat menyebabkannya.

 Sebagian besar bayi dengan infeksi telinga kesakitan.

Ketika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi telinga, kemungkinan karena mereka kesakitan. Nyeri dapat disebabkan oleh penumpukan cairan di telinga tengah atau tekanan pada gendang telinga.

Penumpukan cairan akan menyebabkan rasa sakit karena tekanan yang menumpuk pada gendang telinga, yang sensitif terhadap sentuhan dan suara. Jenis rasa sakit ini mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut jika tidak diobati, tetapi ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda gunakan terlebih dahulu!

Jangan menunggu lebih dari beberapa hari jika Anda berpikir bayi Anda mungkin memiliki infeksi telinga.

Anda tidak boleh menunggu lebih dari beberapa hari untuk melihat apakah infeksi telinga bayi Anda akan membaik dengan sendirinya, karena ini bisa berbahaya bagi anak Anda. Jika Anda mencurigai bahwa bayi Anda mengalami infeksi telinga, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter atau dokter anak sesegera mungkin. Infeksi telinga jauh lebih umum terjadi pada bayi daripada orang dewasa, itulah sebabnya mengapa pengobatan dini sangat penting.

Tabung telinga adalah salah satu operasi yang paling umum pada anak-anak.

Jika infeksi telinga anak Anda parah, atau jika terus berlanjut setelah 10 hari, ia mungkin memerlukan tabung telinga (juga disebut “gendang telinga”) atau pembedahan untuk mengalirkan cairan yang menumpuk di telinga tengah. Operasi ini memakan waktu sekitar 30 menit dan dilakukan dengan anestesi umum. Tabung telinga terbuat dari plastik dan dimasukkan melalui sisi kepala ke telinga bagian dalam. Mereka memungkinkan drainase dan mencegah infeksi tanpa mengganggu pendengaran.

Sumbat telinga juga dapat digunakan untuk mencegah gangguan pendengaran yang disebabkan oleh infeksi telinga tengah yang berulang, tetapi tidak boleh digunakan sebagai pengganti mendapatkan perawatan medis untuk infeksi awal atau infeksi yang menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu.

Jika Anda mencurigai anak Anda memiliki infeksi telinga, jangan ragu untuk membawanya ke dokter.

Jika Anda mencurigai anak Anda menderita infeksi telinga, jangan ragu-ragu untuk membawanya ke dokter.

Infeksi telinga bisa menyakitkan dan menyebabkan gangguan pendengaran. Infeksi telinga juga bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius, seperti meningitis atau demam rematik. Mengobati infeksi telinga dengan antibiotik biasanya memperbaiki gejala dalam dua hari dan dapat mencegahnya berulang di masa depan. Infeksi telinga sangat umum terjadi pada anak-anak, tetapi biasanya tidak serius kecuali jika terjadi bersamaan dengan gejala lain yang menunjukkan sesuatu yang lebih serius sedang terjadi.

Baca juga tentang minyak telon untuk pijat bayi

Infeksi telinga bayi bisa menyakitkan, tetapi menemukan dan mengobatinya lebih awal adalah penting

Infeksi telinga umum terjadi pada bayi. Bayi tidak dapat memberi tahu Anda ketika mereka kesakitan, jadi tugas Anda adalah memperhatikan gejala-gejalanya dan mengambil tindakan sebelum infeksinya bertambah parah.

Bayi bisa mendapatkan infeksi telinga dari popok kotor, dari tidur tengkurap dan dari alergi. Jika Anda mencurigai bahwa bayi Anda mengalami infeksi telinga, Anda harus segera membawanya ke dokter. Semakin cepat Anda mengobatinya, semakin kecil kemungkinannya akan menyebar dan menyebabkan kerusakan serius pada pendengarannya (atau pendengaran Anda).

Selain mengalami demam dan merasa tidak nyaman ketika dia menangis atau bergerak, bayi yang mengalami infeksi telinga mungkin memiliki:

Penting untuk diingat bahwa bayi bisa terkena infeksi telinga, dan mereka tidak selalu memiliki gejala. Jika Anda berpikir anak Anda mungkin menderita infeksi telinga, jangan ragu untuk membawanya untuk perawatan. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang terjadi dengan telinga bayi Anda atau cara terbaik untuk merawatnya, bicarakan dengan dokter anak sebelum membuat keputusan yang terburu-buru.

 

By roket