Toyota Venturer

Toyota Adventurer adalah versi tertinggi dari seri mobil Toyota Innova.

Dari waktu ke waktu, kita bisa melihat perubahan signifikan pada eksterior dan interior Toyota Adventurer. Saat ini, Toyota Adventurer merupakan MPV dengan model yang lebih mewah.

Saat ini, Toyota Venturer dianggap sebagai pelopor mobil MPV premium di Indonesia.

Eksterior

Bicara soal desain, bahasa desain eksterior petualang Toyota ini, karena banyak menggunakan dekorasi berlapis krom, terlihat elegan dan mewah, namun tetap memberikan kesan chic.

Selain itu, pada bagian muka, Toyota Adventurer menggunakan desain lampu depan yang sempit, yang sekilas mirip Range Rover Evoque.

Seperti mobil MPV biasa, bodi Toyota Venturer ini juga lebih besar dan seringkali lebih panjang. Ukuran bodi yang begitu besar memungkinkan Toyota Adventurer membekali penumpangnya dengan kabin yang lebih lega.

Interior

Desain interior Toyota Adventurer menggunakan bahasa desain yang mengutamakan kenyamanan. Karena ada beberapa lampu ambient yang bisa diatur warnanya sesuai kebutuhan, kabin terlihat mewah.

Selain itu, penggunaan dekorasi kayu pada area dashboard juga dapat menampilkan kesan mewah. Setirnya juga sangat nyaman untuk digenggam, dan menyediakan tombol steering switch, yang memudahkan pengemudi untuk melakukan pengaturan audio saat berkendara.

Untuk jok, Toyota Venturer menggunakan bahan kulit untuk memberikan kenyamanan lebih. Jok Toyota Adventurer juga terlihat mewah karena menggunakan model captain seat. Tidak hanya itu, ada juga seat back table yang bisa digunakan sebagai meja kecil untuk bekerja atau makan.

Fitur

Sebagai fungsi infotainment, Toyota Venturer mengandalkan host berupa sistem hiburan canggih berukuran 8 inci. Sedangkan untuk fitur keselamatan, Toyota Adventurer memiliki engine anti-theft system dan alarm system.

Berbicara tentang fitur keselamatan pasifnya, mobil Toyota Venturer ini dilengkapi dengan sistem airbag yang bertenaga dan sabuk pengaman dengan pengatur posisi tinggi. Guna menunjang keselamatan penumpang anak, Toyota Venturer juga dilengkapi dengan fungsi pengaturan kursi ISOFIX.

Kemudian untuk fungsi keselamatan aktifnya sendiri, Toyota Adventurer dilengkapi dengan sensor parkir, kamera pandangan belakang, dan kontrol tambahan untuk menanjak dan menurun. Sistem pengereman yang disematkan pada Toyota Venturer juga menggunakan sistem pengereman anti-lock, brake assist system dan electronic brake distribution system.

Mesin dan Performa

Toyota Venturer memiliki empat varian yaitu 2 varian mesin bensin dan 2 varian mesin diesel. Untuk sistem transmisinya sendiri, Toyota Adventurer menawarkan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 6-percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic untuk Anda pilih. Keempat varian Toyota Adventurer menggunakan sistem penggerak roda belakang atau rear-wheel drive.

Toyota Venturer berbahan bakar bensin dilengkapi dengan mesin 16-katup DOHC 4 silinder segaris, berkode 1TR-FE, dan menggunakan teknologi dual VVT-i. Kapasitas mesin ini adalah 1998 cc atau setara dengan sekitar 2,0 liter. Output tenaga dan torsinya sendiri bisa mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dan 183 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara itu, mesin diesel Toyota Venturer mengandalkan mesin DOHC 16 katup 4 silinder dengan intercooler VNT berkode 2GD-FTV. Seperti yang kita ketahui bersama, mesin diesel 2.4 liter (2.393 cc) ini mampu menghasilkan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi 342 Nm pada 1.200 hingga 2.800 rpm.

Kenyamanan Berkendara Toyota Venturer

Guna menunjang kenyamanan dan stabilitas berkendara, Toyota Adventurer dilengkapi dengan suspensi dan sistem pengereman yang bertenaga. Untuk suspensinya sendiri, Toyota Venturer mengandalkan suspensi double wishbone dengan coil spring dan stabilizer di bagian depan, serta suspensi 4-link dengan transverse road coil spring di bagian belakang.

Kemudian untuk remnya sendiri, Toyota Venturer menggunakan rem cakram berventilasi sebagai rem depan dan rem tromol/Trumol sebagai rem belakang. Tak hanya dibekali suspensi dan rem mumpuni, Toyota Adventurer juga dibekali tiga mode berkendara, yakni mode ECO, Normal, dan Power.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Venturer

Secara umum konsumsi bahan bakar Toyota Adventurer sama dengan model Toyota Innova lainnya. Tingkat konsumsi bahan bakar Toyota Adventurer memang tidak terlalu mewah, namun belum bisa dikatakan irit. Selain itu, diketahui bahwa mesin bensin mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar daripada mesin diesel.

Secara umum, seorang petualang Toyota bermesin bensin dapat menempuh jarak sekitar 8-10 kilometer dengan satu liter bensin. Sementara itu, mesin diesel Toyota Venturer menggunakan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak sekitar 11 kilometer.

Kesimpulan

Toyota Adventurer memang cocok sebagai mobil keluarga yang ingin lebih nyaman saat berkendara. Selain memiliki tampilan yang modern dan sporty, mobil ini juga memiliki kabin yang lega. Menariknya, Toyota Adventurer juga dilengkapi dengan beragam fungsi yang lengkap dan elok, serta performa mesin yang bertenaga.

Jangan lupa untuk membeli asuransi mobil untuk Toyota Venturer agar terjaga keamanannya.