Review SanDisk Extreme Portable SSD

SanDisk adalah salah satu vendor terkemuka di segmen solusi penyimpanan yang memiliki produk bernama SanDisk Extreme Portable SSD.

Bagi Anda yang membutuhkan penyimpanan berkecepatan tinggi tanpa kompromi untuk mendukung pekerjaan Anda atau berkreasi digital di mana saja, rasanya Anda harus melihat SSD Portabel Ekstrim SanDisk. Ngopo

SanDisk menyediakan SSD Portabel Ekstrim untuk pengguna target yang membutuhkan penyimpanan cepat untuk menyimpan foto, video, dan audio berkualitas untuk mendukung aktivitas kreatif.

Secara berkala, penyimpanan eksternal yang dibuat oleh SanDisk terlihat berbeda dari kebanyakan penyimpanan eksternal lain yang dapat ditemukan di pasaran. Meskipun biasanya desain yang ditawarkan cukup sederhana dan berbentuk kotak agar sesuai dengan lingkungan kantor, SSD Portabel Extreme SanDisk benar-benar menghadirkan desain yang lebih sporty.

Yuk dapatkan software koperasi pada tautan tersebut, selain itu juga tersedia aplikasi koperasi yang bisa kamu nikmati, silahkan bisa di klik.

Pada bagian luarnya dilapisi dengan tekstur karet doff yang tidak hanya bersentuhan tapi juga anti slip. Saat bagian depan diisi dengan titik-titik kecil yang juga menahan lebih banyak saat dipegang sehingga tidak mudah jatuh.

Menariknya, di kanan atas terdapat lubang yang bisa Anda gunakan untuk memasang SSD SanDisk Extreme Portable ke tas, jaket, atau lainnya untuk mencegah jatuh tanpa disengaja.

Desain yang ditampilkan benar-benar seperti angin segar setelah banyak penyimpanan eksternal SSD yang hampir sama dengan power bank. Menariknya, SSD Portabel Extreme SanDisk ini masih memiliki dimensi yang cukup kecil dengan ukuran 96.2mm x 49.55mm x 8.85mm sehingga mudah untuk disimpan bahkan dalam kantong.

Membawa desain yang kasar dan bahkan sporty membuat penyimpanan portabel dari SanDisk bersertifikasi IP55 ini sebagai tanda pasti tahan terhadap tumpahan air, hujan, dan debu.

Selain itu, SSD Portabel Extreme SanDisk juga diprediksi tahan terhadap guncangan dan getaran dari ketinggian 2 meter. Ini membuatnya lebih cocok untuk portabilitas semua area daripada perangkat lain karena memberikan keamanan.

Terlepas dari portabilitasnya, kinerja yang disediakan oleh SanDisk Extreme Portable SSD bukanlah lelucon. Membawa solusi penyimpanan NVMe SSD dengan antarmuka USB 3.1 Gen 2 Type-C, kemampuannya diklaim mampu memberikan kecepatan Baca dan Tulis 1.000 MB / s sebesar 1.050 MB / s.

Saat diuji menggunakan CrystalDiskMark 8, terlihat bahwa SSD SanDisk Extreme Portable dapat mencapai 1023.56 MB / s untuk Reading dan 952.34 MB / s untuk Write in sequential test. Angka ini lebih cepat dan lebih tinggi di atas penyimpanan SATA SSD.

Namun tentunya itu hanya sebuah angka patokan, bagaimana performanya saat digunakan secara nyata?

Untuk itu saya juga mencoba mentransfer 545 foto dengan ukuran total hingga 2GB. Alhasil, saya hanya harus menunggu sekitar 7 detik agar prosesnya selesai dengan kecepatan transfer hingga 280 MB / s. Sangat cepat mengingat banyak file yang ditransfer.

Kemudian saya mencoba mentransfer cadangan game 30GB dari Steam. Tes tunggal ini membutuhkan waktu sekitar 1 menit 5 detik dengan kecepatan transfer rata-rata yang cukup stabil sekitar 480 MB / s.

Kapasitasnya sendiri berukuran 1TB untuk varian yang diuji. SSD SanDisk Extreme Portable juga tersedia dengan varian kapasitas termasuk 250GB, 500GB, dan 2TB. Terdapat juga adaptor USB-C ke USB-A di dalam paket penjualan saat Anda ingin menyambungkan ke perangkat yang tidak memiliki port USB-C.

Dengan demikian, SSD Portabel Ekstrim SanDisk dapat digunakan sebagai perangkat perantara untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya karena kemampuan transfernya yang sangat cepat.

Tentunya, ini juga dapat digunakan sebagai solusi backup untuk file data yang besar karena tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan proses backup.

SSD Portabel Ekstrim SanDisk adalah Plug and Play, yang berarti dapat terhubung langsung ke beberapa perangkat, Windows dan Mac, tanpa harus menginstal perangkat lunak terlebih dahulu.

Namun, hal ini membuat SanDisk Extreme Portable SSD tidak ada perangkat lunak cadangan atau sistem kata sandi yang segera tersedia, jadi Anda perlu mengunduhnya secara terpisah jika perlu. Paling tidak, inilah yang diuji oleh SSD SanDisk Extreme Portable.