Tren plafon yang selalu tidak ketinggalan zaman adalah plafon kayu. Untuk membuat plafon kayu, Anda membutuhkan kayu sebagai rangka plafon. Jual kayu Batam akan membagikan jenis kayu yang cocok untuk rangka plafon rumah anda.

Pilihan Kayu untuk Plafon : Jual Kayu Batam

Kayu Merbau

Kayu merbau juga cukup populer sebagai bahan bangunan karena memiliki ciri tekstur kayu yang keras dan stabil. Kayu merbau juga sering digunakan sebagai alternatif pengganti kayu jati. Jenis kayu ini sangat cocok digunakan sebagai penyangga dan juga plafon rumah.

Kayu Momala

Kayu ini merupakan jenis kayu yang berasal dari pulau Sulawesi. Kayu momala tergolong kayu keras dan memiliki ketahanan terhadap air. Selain digunakan sebagai bahan rangka plafon, kayu momola juga dapat digunakan sebagai bahan decking kayu, karena tingkat kekerasan kayu jenis ini telah diuji sebelumnya. Kayu ini juga bisa digunakan sebagai penutup dinding.

Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai merupakan salah satu jenis kayu yang tumbuh di kawasan hutan tropis. Di Indonesia, kayu bengkirai ini banyak tumbuh di pulau Kalimantan. Kayu yang satu ini juga biasa disebut balau kuning karena warnanya yang cenderung kuning dengan campuran krem.

Kekuatan kayu bengkirai ini hampir setara dengan jenis kayu jati, keawetannya cukup tinggi. Oleh karena itu, bengkirai ini banyak digunakan untuk bahan dasar plafon kayu.

Kayu Keruing

Kayu keruing merupakan jenis kayu yang memiliki tingkat keawetan yang tinggi, sehingga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plafon. Bahkan, kayu keruing juga banyak digunakan sebagai bahan dasar konstruksi rumah atau jembatan.

Kayu keruing ini banyak tumbuh di benua Asia Tenggara seperti India, Malaysia, Thailand dan Indonesia tentunya. Kayu keruing merupakan salah satu jenis kayu khas yang berasal dari daerah tropis seperti Indonesia. Kayu keruing sangat mudah ditemukan di pulau-pulau besar seperti pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan.

Di pasaran, statistik penjualan kayu keruing tergolong bagus karena jenis kayu ini banyak dibutuhkan dalam industri pengolahan kayu. Pohon keruing biasanya memiliki tinggi sekitar 50 meter dengan panjang batang yang bisa mencapai 35 meter dan diameter yang sama besar. Berat jenis kayu ini juga berkisar antara 0,60 hingga 0,99.

Kayu PVC

Selain plafon kayu solid, ada juga plafon kayu jenis lain yang bisa anda dapatkan dengan harga lebih murah, yaitu plafon kayu PVC. Dari namanya saja sudah bisa kita simpulkan bahwa plafon ini dibuat dengan bahan dasar kimia yang diolah sedemikian rupa. Plafon PVC ini tersedia dengan berbagai macam motif dan salah satunya adalah motif kayu di Jual kayu Batam.

Kayu Agathis

Kayu yang coock kayu untuk rangka plafon selanjutnya adalah kayu agathis. Kayu yang memiliki nama latin Agathis Dammara ini dihasilkan dari pohon damar yang tersebar di seluruh Indonesia terutama di beberapa bagian. Seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Irian dan lain-lain.

Meski berasal dari pohon damar, kayu ini berbeda dengan kayu damar pada umumnya. Kayu agathis memiliki kualitas yang cukup baik, sehingga banyak digunakan dalam industri mebel. Kayu ini tidak hanya difungsikan sebagai plafon, tetapi dapat digunakan untuk meja, dapur, kursi dan lain sebagainya.

Keuntungan Plafon Kayu

Tidak hanya memberikan kesan mewah dan natural, ternyata masih banyak keunggulan plafon kayu yang tidak boleh anda lewatkan. Plafon kayu mudah dipasang dan dipasang karena terdapat profil alur dan lidah yang membuat pasangan lebih kuat dan presisi.

Pemasangan plafon kayu jauh lebih mudah karena lembaran kayu sebelumnya dikeringkan untuk mengurangi kadar air, sehingga tidak ada susut lagi. Plafon ini juga dilengkapi dengan panel kayu berlubang yang berfungsi memperkuat daya serap akustik dan mengontrol gema akustik.

Keunggulan tersebut membuat plafon kayu cocok dipasang dimana saja, termasuk studio musik, gedung konser. Satu lagi keuntungan menggunakan plafon kayu adalah dapat menurunkan suhu udara dan panas dengan sangat baik. Jual kayu Batam menyediakan berbagai jenis kayu dan melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.

 

Sumber : https://batamkayu.com/

By macdi