Persiapan Masuk Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Tentunya, awal masuk kuliah menjadi momen baru di hidupmu. Penerimaan Mahasiswa suryakancana juga sesuai dengan saat memasuki kegiatan perkuliahan bermakna juga anda memiliki lingkungan baru, rekan baru, sistem pembelajaran baru, apalagi tanggung jawab baru. Terkadang, hal-hal baru berikut mengakibatkan anda jadi tegang karena bingung wajib bersikap seperti apa. Tapi, tenang saja, ada 5 hal yang sanggup anda melaksanakan sehingga lebih siap menghadapi awal masuk kuliah. Apa saja itu?

 

Persiapan Mental

Hal pertama yang wajib anda melaksanakan saat awal masuk kuliah yakni menyiapkan mental. Persiapan mental di sini maksudnya anda wajib sanggup membedakan mental saat sekolah dengan kuliah. Kalau di sekolah dulu anda sering diberi Info berasal dari guru, lain halnya dengan kuliah. Di bangku perkuliahan, anda wajib aktif melacak semua Info yang ada di kampus, juga jadwal ujian dan kehadiran dosen.

Kamu dituntut menjadi independent saat kuliah. Selain wajib menggali Info sendiri, dosen juga tidak dapat ‘menyuapi’ pembelajaran terus-menerus. Harus ada kesadaran penuh untuk mempelajari materi kuliah. Paham atau tidaknya anda dengan materi ada di tanganmu sendiri. Jika tidak menyiapkan mental yang kuat sejak awal, bukan tidak mungkin sistem perkuliahan anda dapat terhambat. Enggak berkenan hal itu berjalan kan?

 

Ikuti Agenda Ospek

Umumnya, sebelum saat mengawali kegiatan perkuliahan, anda dapat menghadapi kegiatan ospek atau pengenalan kehidupan kampus lebih-lebih dahulu. Dalam kegiatan ini, anda dapat dibekali Info seputar universitas, fakultas, jurusan, serta organisasi-organisasi yang ada di kampusmu. Kamu pun berkesempatan memperoleh rekan baru lewat kegiatan ini. Jadwal ospek umumnya berjalan sepanjang 3 hingga 7 hari, tergantung kebijakan kampus masing-masing.

Lantas, obyek ospek ini apa sih? Tujuannya, sehingga anda mengenal dan mengetahui lingkungan kampus serta mekanisme yang berlaku di dalamnya. Selain itu, menambah wawasan mahasiswa baru di dalam penggunaan fasilitas akademik yang ada di kampus secara maksimal. Bisa dibilang, kegiatan ospek ini menjadi bekal mutlak untuk kegiatan perkuliahan nantinya. Maka berasal dari itu, persiapkan dirimu sebaik mungkin, jadi berasal dari kebugaran hingga bermacam perlengkapan, sehingga sanggup mengikuti semua agenda ospek.

 

Kenali Lingkungan Kampus

Setelah mengikuti ospek, anda mungkin telah memiliki lebih dari satu Info berkenaan kampusmu, seperti fasilitas, pembelajaran, atau dosen-dosen yang mengajar di jurusanmu. Namun, hal itu saja tidak cukup. Supaya persiapan awal masuk kuliah makin lama matang, anda wajib mengenali kehidupan kampus lebih jauh.

Saat hari pertama masuk kuliah, ada baiknya anda mempelajari sistem di kampusmu, lebih-lebih di dalam hal akademik. Misalnya, cara mengurus KRS (Kartu Rencana Studi), cara mengakibatkan kartu perpustakaan, cara mengecek nilai, dan sebagainya. Jangan lewatkan juga ketentuan mengenakan pakaian di kampusmu, ketahui model pakaian yang boleh maupun tidak boleh dipakai.

Ada baiknya anda pun melacak mengetahui keadaan di lingkungan sekitar kampus. Contohnya, transportasi, area makan, toko peralatan tulis, area fotokopi, dan sebagainya. Percaya deh, hal ini mutlak banget untuk mempermudah sistem perkuliahan kamu.

 

Cari Relasi Sebanyak-banyaknya

Awal masuk kuliah merupakan saat yang pas melacak relasi sebanyak-banyaknya. Tidak hanya rekan satu jurusan atau satu angkatan saja, anda sanggup menjalin pertemanan dengan jurusan maupun angkatan lain. Jangan cemas bergaul dengan kakak tingkat, Pahamifren! Justru mereka sanggup membantumu beradaptasi terhadap dunia perkuliahan.

Sebagai mahasiswa baru, hal yang lumrah terkecuali anda belum benar-benar mengetahui seluk-beluk perkuliahan. Oleh karena itu, berkenalan dengan banyak orang sanggup membantumu mengetahui hal-hal mutlak berkenaan dosen, mata kuliah, atau cara dan tips menggerakkan kegiatan perkuliahan. Bahkan, terkecuali anda sanggup menjaga relasi yang baik dengan banyak orang, hal itu sanggup berfaedah di dunia kerja sehabis lulus nanti, lho! Jadi, jadi perbanyak relasi dan jangan cemas mengawali berkenalan duluan, ya.

 

Kenali Dosen, Jadwal Kuliah, dan Materi Pembelajarannya

Persiapan masuk kuliah selanjutnya yakni mengenali dosen, jadwal kuliah, dan materi pembelajarannya. Perlu anda tahu, tidak semua dosen memiliki sikap atau cara mengajar sama. Kalau di sekolah anda mungkin lebih sering berkutat dengan buku pelajaran, namun saat di kuliah ada banyak sekali cara pembelajaran yang diterapkan. Ada dosen yang bahagia mengatakan lewat PPT, video, diskusi kelompok, atau apalagi ada yang lebih bahagia mahasiswanya membaca jurnal secara mandiri.

 

Selain itu, jadwal kuliah tiap tiap dosen pun berbeda-beda. Terkadang juga sanggup mengalami perubahan jadwal dan kelas secara mendadak. Sebagai antisipasi, sebaiknya anda mengecek mading atau grup kelas untuk mengetahui perubahan yang mungkin terjadi. Cek selambat-lambatnya satu jam sebelum saat kelas dimulai. Jadi, terkecuali ada perubahan jadwal dan kelas, anda tidak terlambat masuk.

Intinya, pastikan anda mengenali dosen untuk tiap tiap kelas yang anda ambil. Beradaptasilah dengan cara pembelajaran yang digunakan. Seumpama anda jadi tidak cocok dengan cara pembelajarannya, terkecuali memungkinkan, sebaiknya anda tidak menentukan dosen yang mirip di semester depan sehingga sistem perkuliahnmu tetap berjalan lancar.

 

Itu dia beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai persiapan awal masuk kuliah. 

By roket