Penyebab Kipas Angin Blower Rusak dan Cara Mengatasinya

Kipas angin blower biasanya digunakan oleh even organizer dengan cara mencari vendor sewa kipas blower untuk mendinginkan hawa yang ada di bangku penonton. Namun sebagaimana alat elektronik lainnya, kipas angin blower seringkali mengalami kerusakan. Kerusakan ini menyebabkan kipas angin blower menjadi lambat putarannya, menjadi berisik atau bahakan mati total.

Hal yang menyebabkan ini tentunya karena ada bagian kipas angin blower yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini terjadi karena beberapa hal diantaranya

  1. Usia kipas angin blower yang sudah tua

Kipas angin blower yang sudah tua akan mengalami aus atau fungsi yang menurun akibat gesekan antara benda benda yang bergerak yang ada dalam kipas angin blower. Jika anda mengalami aus pada komponen kipas angin blower, sebaiknya segera ganti bagian kipas angin tersebut dengan yang baru. Menggunakan komponen yang sudah aus justru berbahaya bagi kipas angin blower nantinya karena dapat merusak komponen yang lainnya.

  1. Kesalahan produksi

Semua kipas angin yang dijual sudah diuji coba sebelum dijual. Namun terkadang ada bagian kecil yang luput dari perhatian sehingga kipas angin blower tersebut lolos seleksi sehingga tetap dijual di pasaran tanpa ada yang mengetahui. Ini tentu akan merugikan konsumen karena meskipun berfungsi, malfungsi yang terjadi dalam komponen yang tidak terlihat dapat merusak dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, perhatikanlah komponen yang ada dalam kipas angin blower setelah membelinya agar tidak menyesal.

  1. Penggunaan yang kurang tepat

Masalah yang paling sering dialami oleh orang yang mengalami masalah pada kipas angin blower-nya adalah adanya penggunaan yang salah sehingga kipas angin menjadi rusak atau mengalami masalah. Umumnya kesalahan itu disebabkan oleh kurangnya membersihkan komponen kipas angin, kabel yang tertarik terlalu keras dan terkena cipratan air.

Agar tidak mendapatkan masalah yang disebabkan oleh hal ini, anda harus menjaga kebersihan kipas angin dengan mengelap komponennya setiap kali ada debu yang menempel. Jangan terlalu memaksa kerja kipas angin karena hal ini ini juga dapat merusak kipas angin blower nantinya.