Berita Cara Daftar Online BPJS Ketenagakerjaan Terbaru Hari Ini

Untuk kalian, para karyawan atau pekerja disuatu Perusahaan industri maupun Persorang, pasti sudah paham betul apa itu BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, disuatu perusahaan atau PT pasti menghadirkan layanan dan fasilitas suatu jaminan yang dikhususkan untuk semua karyawan yang bekerja dibawah naungan suatu perusahaan.

Pasalnya, hal tersebut merupakan “Hak” yang mutlak didapat oleh semua karyawan atau bisa dibilang jaminan sosial dari para pekerja aktif. Jaminan tersebut merujuk kepada fasilitas layanan yang melayani individu disaat sedang mengalami kecelakaan kerja dan berbagai contoh musibah lainnya.

Hadirnya BPJS Ketenagakerjaan juga merujuk pada layanan administrasi dan fasilitas gratis jika seseorang pekerja masuk rumah sakit diwaktu sedang menjalankan pekerjaannya disuatu perusahaan. Ini merupakan hal yang harus dibayar dan tidak boleh dihindari oleh sebuah perusahaan.

Akan tetapi buat kalian yang masih bingung bagaimana cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan yang mudah dan praktis, apa betul harus melalui prosedur yang begitu rumit? Atau malah bisa mendaftarkan pekerja dari rumah? Berikut telah kami rangkum informasi dan rata caranya, untuk baca artikel berikut sampai habis.

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online (Dirumah)

Pada musim virus seperti sekarang ini, banyak karyawan atau pekerja yang bingung untuk mendatangi kantor BPJS terdekat guna mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan. Persoalan prokes yang dibuat oleh pemerintah, membuat banyak orang berfikir untuk tidak keluar dan berkeliaran diluar rumah.

Akan tetapi, bagaimana jika hal mendadak harus segera dilakukan, seperti misalnya karyawan/pekerja aktif yang ingin mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan? Jangan risau, jangan khawatir. Saat ini sudah ada cara online yang bisa kalian lakukan untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara Online dirumah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Handphone, Komputer ataupun Laptop kalian, lalu ketikan di form pencarian Google dari situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Langkah kedua yakni pilih “Daftarkan Saya” kemudian kalian harus memilih 3 pilihan yang tersedia pada formulir tersebut (Perusahaan, Individu, dan pekerja imigran.)
  3. Selanjutnya, jika kalian memilih perusahaan maka hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan dan memasukkan alamat Email dari perusahaan atau pekerja kelompok dari perusahaan yang anda lakoni.
  4. Tunggu Email pemberitahuan dari BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya ikuti langkah-langkah yang tertera.
  5. Jika semua sudah terasa lengkap, langkah terakhir kalian hanya perlu membawa semua persyaratan yang telah terisi ke kantor BPJS terdekat di kota kalian.

Sementara itu ada langkah lain untuk kalian yang ingin mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan secara Offline yang langsung mendatangi kantor BPJS terdekat di kota kalian. Berikut telah kami rangkum syarat dan langkah langkah-langkahnya.

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline (Langsung)

Hal ini mungkin diperuntukkan untuk sebagian orang yang tidak mau ambil resiko dan ribet. Pasalnya, jika seseorang ingin mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan secara Offline maka mereka akan diarahkan langsung oleh seorang juru di kantor BPJS tersebut dan berikut langkah-langkahnya.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendatangi langsung kantor BPJS terdekat.
  2. Langkah kedua yaitu mengisi formulir (F1) yang telah diberikan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Selanjutnya, mengisi formulir untuk pendaftaran perusahaan (F1a)
  4. Langkah terakhir untuk proses ini adalah membayar langsung untuk iuran pertama BPJS Ketenagakerjaan, dengan jumlah yang telah dihitung dan ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

langkah diatas merupakan cara utama yang bisa kalian pilih. Untuk itu buat kalian yang masih bingung bagaimana cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan? Kalian hanya perlu ikuti 2 cara diatas sebagai referensi.

By sartika