Pengertian Pipa Plumbing dan Konsep Landasan Plumbing

Pemahaman Plumbing

Plumbing ialah kosa kata yang berasal dari Bahasa Inggris dan orang Indonesia biasa mengatakan sebagai Plambing. Bila ditranslate ke bahasa Indonesia ini berarti : Pipa ledeng atau tipe pekerjaan sambungan dan penempatan pipa air ledeng.

Menjadi plumbing / plambing ialah semua pekerjaan yang terkait dengan penerapan, perawatan, perawatan instalasi air, baik di perumahan atau di gedung.

Konsep Landasan Plumbing

Konsep dasar plumbing terhitung dari permasalahan kualitas air dan permasalahan pencemaran pada lingkungan. Ketentuan yang berjalan di Indonesia ialah sesuai standard SNI No. 01-0220-1987 yang mengulas mengenai air minum yang bisa disalurkan lewat perlengkapan plumbing.

Banyak hal yang penting diingat dalam hubungan dengan pencemaran lingkungan ialah :

  • Larangan jalinan pintas
  • Pelindungan pada pencemaran dengan menahan backflow (saluran balik) dan dampak siphon balik (back siphonage).

Beberapa perlengkapan yang mengakibatkan dampak siphon balik diantaranya ialah :

  • Penyimpan air, dapat berbentuk bak air, menara pendingin, bak pengembangan, kolam renang, dan lain – lain.
  • Tempat penampung air seperti bak bersihkan tangan , bak bersihkan dapur, dan lain – lain.
  • Perlengkapan khusus seperti alat dapur, beberapa alat kedokteran, mesin pencuci, ketel pemanas, sprinkler, dan lain – lain.

Langkah menahan pencemaran lingkungan karena ada saluran balik dengan menambahkan sela udara atau penahan saluran balik. Sela udara ialah satu ruangan bebas yang berisi udara bebas yang terpasang antara sisi terencah pada lubang pipa / kran untuk isi air ke bak atau perlengkapan plumbing.

Tipe dan Mekanisme Plumbing

Pada intinya ada dua mekanisme pengaliran air di gedung, yakni:

Pengaliran ke atas yang disebutkan transfer, dan
Pengaliran ke bawah yang disebutkan distribusi
Ke-2 mekanisme itu diulas di detai pada sub judul pembagian instalasi air di bawah.

Beberapa macam dan mekanisme plumbing diantaranya ialah :

  • Mekanisme Sambungan Langsung

Yakni pipa distribusi di rumah atau gedung dihubungkan langsung dengan pipa khusus.

  • Mekanisme Dengan Memakai Bak Atap (Roof Tank)

Mekanisme ini umumnya dipakai untuk rumah atau gedung tingkat, di mana penekanan air di pipa khusus tidak sanggup penuhi semua ruangan. Air dari pipa khusus di tampung di bak bawah (Ground Tank), ngan memakai pompa, lalu didesak ke bak atas, ini disebutkan instalasi pipa transfer. Dari bak atas diteruskan ke semua ruangan dapat dengan cukup style gravitasi atau tambahan pompa.

  • Mekanisme Dengan Memakai Bak Pencet

Berlainan dengan mekanisme memakai bak atas, pada mekanisme ini cuman membutuhkan bak bawah (ground tank) untuk memuat air dari pipa khusus, selanjutnya didesak dengan memakai pompa ke semua instalasi di semua ruangan. Mekanisme ini umumnya diaplikasikan pada perumahan dan gedung tidak beringkat.

Pada pompa ditambah bejana / bak tertutup hingga udara didalamnya ter-kompresi, kompresi ini untuk memberi penekanan standby pada jaringan instalasi, bila pemakaian air relatif sedikit tidak membutuhkan penyalaan pompa.

  • Mekanisme memakai bosster pump langsung.

Sebuah pompa di ikatan langsung dari pipa khusus sebagai discharge-nya / inputnya, dan sisi keluaran / suction pompa masuk langsung instalasi rumah atau gedung. Tetapi mekanisme ini benar-benar dilarang penyuplai suplai air, seumpama PDAM.

 

Baca Juga Artikel Serupa :

Kelebihan Kapal Menggunakan Bahan Fiberglass

Udah Tahu Jenis-jenis Produk Berbahan Fiberglass ? Yuk, Lihat Produk Dari Fiberglass