Cloud computing adalah model untuk memberikan layanan Computing yang menggunakan komputer yang terhubung ke internet sebagai lawan dari satu mesin. Pengguna tidak memiliki perangkat keras tempat data disimpan. Selain itu, pengguna hanya perlu membayar sumber daya yang mereka gunakan. Konsep ini telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir karena menghemat waktu dan uang perusahaan dengan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi tanpa berinvestasi dalam perangkat keras mereka sendiri. Selain itu, pengguna dapat mengakses data mereka dari perangkat apa pun kapan saja.

Baca Juga : Layanan dan Kualitas Cloud Terbaik

Perusahaan adalah target utama server cloud karena mereka memiliki persyaratan yang lebih besar untuk penyimpanan, daya pemrosesan, perangkat lunak, dan konektivitas . Selain itu, perusahaan menginginkan respons cepat dengan teknologi enkripsi yang aman saat mengakses data mereka melalui cloud . Perusahaan dapat memilih antara cloud publik, swasta dan hibrida tergantung pada kebutuhan mereka. Sistem publik, swasta, dan hibrida digunakan oleh berbagai organisasi termasuk bank, perusahaan e-learning, lembaga pemerintah, lembaga kesehatan, sekolah, dll.

Baca Juga : VPS Murah Kualitas Terjangkau

Cloud publik adalah tempat beberapa pengguna dapat mengakses server bersama tanpa persetujuan dengan pemilik server. Bisnis menggunakan cloud publik untuk menyiapkan server dengan cepat tanpa Memfokuskan sumber daya TI untuk membeli atau menyiapkan perangkat keras terlebih dahulu. Penyedia cloud publik mengenakan biaya berdasarkan seberapa banyak mereka menggunakan sumber daya server yang mengarah pada biaya yang lebih rendah selama jam sibuk. Pengguna tidak memerlukan pengetahuan pemrograman atau keahlian dalam pemeliharaan saat menggunakan cloud publik karena manajemen server ditangani oleh staf penyedia.

By masgi