Membuat Biografi Penulis Yang Menarik

Pengen Mengembara, Berikut Daftar Usaha Menggairahkan di Kalimantan

Kalau berasa pulau Jawa udah kian padat, peluang melakukan bisnis pula berasa tidak akan menggiurkan, sudahkah pernah  Anda terfikir cari kesempatan di luar pulau? Di Kalimantan, atau Palangka Raya benarnya. Pengalaman beberapa bisnisman lokal atau pemula yang mau mencoba peruntungan di Palangka Raya, Kalimantan tengah, dapat menjadi ide.

Yemima Eka Ampung, wanita muda pemilik wedding organizer (WO) di Malang, Jawa Timur, umpamanya. Yemima menyatakan terdorong untuk meningkatkan usaha WO di Palangka Raya, daerah halamannya.

Perjalanannya 6 tahun tinggal di Malang, merampungkan kuliah sekalian menjalani usaha jasa pernikahan, mendorongnya mengajak pasar lokal di wilayah kelahirannya. “Seluruh usaha dapat alami perkembangan di Palangka Raya. Laundry umpamanya, dahulu tiada satu juga, namun terakhir menjadi tenar.

Begitupun dengan WO, pola orang dapat digeser dengan mengatakan jika WO pula cukup penting untuk menolong realisasi pernikahan,” ujar Yemima terhadap Kompas Female, beberapa saat lalu. Menurut Yemima, daya membeli orang di Kota Palangka Raya lumayan kuat. Kuncinya, bisnisman dapat mengatakan kenapa produk atau jasa yang dijajakannya penting.

Info yang pasti diperlukan orang supaya ketarik serta berasa penting untuk mendapati barang serta jasa yang dijajakan. Animo Yemima menjalani usaha di kota kelahirannya memanglah tidak terlepas dari rutinitas yang membuat balik ke Palangka Raya.

Wanita asli suku Dayak ini mengikut arena Penyeleksian Puteri Indonesia (PPI) 2010 wakili Kalimantan tengah. Yemima juga sukses masuk tiga besar, serta mencapai predikat Runner Up II dari Kalimantan tengah. Prestasi yang menyenangkan hati serta jadi pengalaman memiliki nilai untuk pengusahawan muda ini.

Melakukan bisnis di Palangka Raya pula punyai harapan bagus menurut Fathul Anwar. Juga Fathul mempercayai, Palangka Raya dapat semakin tumbuh waktu yang akan datang.

“Kalau mau melakukan bisnis baiknya diawali saat ini saat waktu berkembang, lantaran selanjutnya dapat kian ramai,” kata Fathul saat didapati Kompas Female di tokonya di Jalan Batam, Palangka Raya.

Jalan Batam dikenali jadi pusat kerajinan ciri khas Kalimantan serta cenderamata. Wisatawan atau pengunjung yang mampir ke Palangka Raya pastilah dapat menyenggangkan ada ke pusat berbelanja ini.

Jejeran toko menjajakan banyak produk ciri khas Kalimantan, seperti tas atau dompet dari manik dengan warna ciri khas seperti kuning, merah, hitam. Kaos dengan rancangan ukir-pahatan ciri khas Dayak atau sarung tenun Kalimantan dan banyak kerajinan termaksud senjata ciri khas seperti Mandau pula siap. Juga Fathul berkata, kesempatan usaha tidak cuman terbuka di kota ini, akan tetapi pebisnis atau perajin pula buka peluang untuk retailer yang mau pasarkan produk ciri khas Kalimantan di pulau Jawa, untuk urusan pengiriman barang sudah banyak sekali Jasa Ekspedisi Surabaya Ke Kalimantan atau sebaliknya di Indonesia.

Kekhasan, arti, serta nilai seni dari produk kerajinan Kalimantan memang jadi daya jual spesifik. “Biaya kirimnya cuman Rp 20.000 per kilogramnya. Ini dapat menjadi kesempatan usaha di Jawa dengan bekerjasama perajin di Kalimantan,” papar Fathul.

Sesaat kenal Palangka Raya memanglah tidak seramai kota lain di Kalimantan atau di Indonesia. Tapi, ketenangan Kota Elok (terkonsep, aman, nyaman, tertata, elok serta transparansi) ini simpan banyak kapasitas serta peluang. Kegigihan serta kebolehan tangkap keperluan serta kesempatan warga lokal jadi kuncinya.