Metode pembelajaran daring dan luring saat ini mulai banyak digunakan di banyak sekolah. Program yang awalnya digunakan sebagai solusi pendidikan di saat pandemi ini sekarang mulai dikembangkan dan digunakan efektif setiap hari. Kedua metode pembelajaran ini tentu punya kelebihannya masing masing. Apa perbedaan keduanya? Simak pembahasannya disini.

4 Perbedaan Metode Belajar Daring dan Luring

1. Waktu belajar 

Sistem pembelajaran siswa saat ini sering dibagi menjadi dua yaitu daring atau dalam jaringan, dan luring atau luar jaringan. Kedua metode belajar ini sama sama mempunyai keunggulan dan manfaatnnya masing masing. Namun satu hal yang membedakan dari dua metode pembelajaran ini adalah waktu belajarnya. 

Bila menggunakan metode belajar daring, maka waktu belajar siswa akan lebih fleksibel karena jadwal belajar di rumah bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Namun bila menggunakan cara belajar luring, maka jam belajar akan lebih teratur. Siswa akan datang setiap hari ke sekolah dengan jadwal yang tepat. 

2. Sarana belajar 

Perbedaan dari pembelajaran daring dan luring yang lain adalah dalam hal penggunaan sarana dan prasaran belajar. Bila menggunakan metode belajar secara daring, maka tentu saja diperlukan sarana teknologi yang akan menunjang sistem belajar. Fasilitas yang disediakan secara mandiri tersebut seperti smartphone, laptop atau PC. 

Sedangkan untuk pembelajaran secara luring, siswa tidak perlu membawa sara atau peralatan belajarnya sendiri. Hal ini karena dari pihak sekolah, akan sudah menyediakan sarana yang cukup memadai untuk menunjang proses belajar mengajar. Sehingga siswa hanya akan datang ke sekolah saja dan mengikuti kurikulum belajar yang disediakan. 

3. Metode belajar

Perbedaan lainnya dari pembelajaran daring dan luring adalah metode belajar yang digunakan. Hal ini karena kedua sistem belajar ini akan mempunyai sistem komunikasi yang berbeda. Bila pada pembelajaran daring, yang mana akan dilakukan secara online, maka proses beajar dengan cara tenya jawab dan diskusi akan lebih banyak digunakan. 

Hal ini bertujuan untuk tetep menjaga fokus siswa saat belajar secara online. Walaupun cara diskusi ini juga dilakukan pada sistem pembelajaran secara luring, namun sistem belajar tatap muka juga akan banyak menekankan pada praktik dan peahaman materi. Sehingga pada metode pelajar luring, akan banyak mengadopsi banyak sistem belajar. 

4. Pemantauan 

Perbedaan lainnay dari kedua sistem pembelajaran daring dan luring adalah proses pemantauan belajar siswa. Bila sistem belajar daring, tentu peran guru saja tidak akan cukup dan harus membutuhkan peran orang tua dalam mengawasi kegiatan belajar anak saat dirumah. Hal ini berbeda bila belajar secara luring di sekolah yang sepenuhnya dipantau guru. 

Itulah informasi penting tentang metode belajar daring dan luring yang harus diketahui. Metode belajar yang ditunjang dengan perkembangan teknologi saat ini menjadi lebih efektif bila dikelola dengan baik. Sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan yang terbaik tentu akan membuat kualitas belajar lebih maksimal. 

By roket