Penyebab dan Cara Mengurus Kartu ATM BCA yang Tertelan

Kartu ATM BCA tertinggal di mesin ATM atau tertelan? Silahkan teman-teman bisa langsung ke pembahasan utama (jika tidak ingin membaca penjelasan awal artikel ini). Yang terpenting jika Anda yang menjadi inti pembahasan sebaiknya membaca semuanya, agar tidak ada kesalahpahaman saat mengaplikasikannya nanti.

Baca juga yuk mengenai obs studio pada tautan tersebut.

Bagi kita yang baru saja menelan kartu atm di mesin atm khususnya di bank bca pasti panik banget ya, mungkin ini baru pertama kali kartu atm tertelan dan dia tidak panik hehe . Dan terjadinya kartu ATM BCA ditelan tidak hanya satu atau dua nasabah saja, tetapi juga dialami banyak nasabah lainnya.

Iya! Bagi Anda yang bingung langkah-langkah yang harus saya ambil ketika kartu ATM BCA saya tertelan Mesin ATM? Untuk langkah-langkahnya anda tetap saja membaca artikel ini sampai selesai, karena semua penjelasan yang akan saya cek step by step, jangan sampai kartu ATM BCA tertelan mesin ATM anda tidak tahu harus berbuat apa.

1. Jangan panik

Yang pertama, tentu saja jangan panik, jangan panik apa pun, tapi jangan terlalu banyak, begitu khawatir Anda mengira akan dimanipulasi sehingga orang lain bisa memanfaatkannya untuk membuat Anda panik.

2. Tolak Bantuan dari Orang Lain

Jika terlalu sering panik ada kriminal (modus) yang pura-pura ingin membantu, artinya ingin mengetahui PIN ATM Anda. Jika demikian, seseorang menawarkan dan kemudian meminta PIN ATM yang berpura-pura ingin membantu, Anda hanya menolak, jangan berikan kepada mereka meskipun keamanan bank.

3. Jika PIN diketahui orang lain, Segera Blokir

Jika Anda harus memberikan PIN Anda kepada orang lain, orang-orang ini lari dan membawa kartu ATM Anda, secepat mungkin untuk memblokir PIN ATM Anda. Blokir melalui Kantor Cabang Bank BCA terdekat. Jika tengah malam atau hari libur, jika kantor cabang tutup, Anda bisa menghubungi Halo BCA di 1500-888.

Menghubungi Halo BCA minimal memberikan pulsa minimal 20 ribu lumayan mahal untuk menelepon Halo BCA. Tetapi lebih baik menggunakan metode ini untuk memblokir lebih cepat, untuk melindungi saldo di bank. Tidak perlu khawatir dengan pemblokiran, karena hanya ada di kartu ATM, bukan di rekening BCA.

Jadi, jika Anda bertransaksi menggunakan buku tabungan, internet banking, m-banking, dll … (tentunya bisa). Namun jika Anda bertransaksi dengan menggunakan kartu ATM tidak bisa, karena Anda telah memblokirnya.

Jika Anda sudah melakukan pemblokiran kartu ATM melalui Halo BCA, tentunya Anda tidak akan bisa berurusan dengan kartu ATM tersebut, yaitu tarik tunai, transfer, lihat mutasi, dll … tidak akan. Namun jika transaksi menggunakan buku tabungan, internet banking, m-banking, dll… tetap bisa dilakukan.

Untuk bertransaksi menggunakan kartu ATM bca, Anda harus ke kantor cabang BCA (tidak ada cara lain, Anda perlu mengecek ke kantor cabang bca terdekat). Anda dapat mengunjungi Kantor Cabang BCA pada hari kerja dan jam kerja (hari libur merah).

Di kantor BCA bisa, belum tentu pertama kali buka rekening, cari saja kantor BCA yang terdekat dengan lokasi Anda sekarang. fungsinya untuk menggantikan kartu ATM terbaru, karena Anda telah memblokir kartu ATM lama (tidak dapat melakukan transaksi finansial & non finansial). Setelah mendapatkan kartu ATM baru, selanjutnya Anda dapat melakukan transaksi kembali (nomor rekening tetap sama, hanya Kartu ATM yang diubah).

Penyebab Kartu ATM BCA Tertelan

1. Listrik Mati

Mesin ATM juga membutuhkan energi listrik, sehingga jika listrik padam, otomatis semua transaksi akan error alias berhenti, akibatnya kartu ATM akan tetap ada. Jika Anda ingin menyalakannya kembali, Anda harus menunggu hingga listrik mati.

Tapi tidak semua mesin ATM sama sekarang, hanya ada beberapa mesin ATM yang sudah di update ketika listrik padam, kartu akan mati secara otomatis, tapi jika mesin ATM anda tidak mati maka harus menunggu kekuatan untuk keluar.

2. Mesin ATM rusak

Mesin ATM juga buatan manusia, pasti ada yang salah dengan pabrikannya. Jika pertama kali Anda memasukkan pin agak lambat dalam proses menu, lebih baik batalkan transaksi, mungkin mesin mengalami kesalahan kecil, mesin sudah ketinggalan zaman atau jaringan tidak stabil.

3. Memasukkan PIN yang salah berulang kali

Tentu banyak orang yang mengetahui masalah ini dan hal ini wajar, jika salah memasukkan pin sebanyak 3 kali berturut-turut (satu – satu – satu), otomatis kartu ATM akan terblokir. Ada juga kasus jika memasukkan pin 3 kali berturut-turut, kartu ATM keluar sendiri sehingga nasabah lain bisa melakukan transaksi, dan jika dibiarkan saja terkadang ada juga yang tidak keluar.

Jadi, jika salah ketik pin hanya dua kali, maka kartu ATM tidak akan terblokir (salah – salah – benar, salah – salah benar). Untuk mengatasi kartu ATM BCA yang diblokir atau kartu ATM BCA yang tertelan di mesin ATM, solusi pengelolanya juga sama yaitu dengan mendatangi Kantor Cabang BCA terdekat.

4. Mulut Penerima Kartu Dirusak Orang Lain

Lain ceritanya, penjahat (mode) sering kali merusak mulut mesin kartu atm, sehingga ketika mengeluarkan kartu maka kartu atm tidak akan keluar. Biasanya dia berpura-pura membantu kita, padahal dia baru saja berbohong kepada kita intinya dia ingin tahu PIN ATM-mu, kalau kamu kasih PIN dia akan berpura-pura bahwa kartu atm itu benar-benar tertelan, jadi dia pergi begitu saja. Ini adalah berita yang sering terjadi, tidak akan memberi Anda PIN kepada siapa pun kecuali orang-orang terdekat, tetapi bank tidak pernah mendapatkan PIN Anda.

Cari info seputar m-bca bagi kamu yang ingin membaca sebuah tips perbankan.