Tes EPPS Online merupakan salah satu tes yang berguna untuk mengetahui seperti apa kepribadian Anda. Tes ini memang masih cukup asing di telinga, berbeda dengan beberapa tes psikologi lainnya.

Akan tetapi, EPPS merupakan salah satu jenis psikotes yang umum. Tidak sedikit juga perusahaan yang menganggap kredibel tes EPPS ini. Lantas, apa itu sebenarnya tes EPPS?

Apa Itu Tes EPPS?

EPPS merupakan singkatan dari Edward’s Personal Preference Schedule. Tes satu ini merupakan salah satu bentuk untuk mengukur kepribadian seseorang melalui motif dan kepentingan mereka. EPPS menggunakan rumusan dari teori milik Allen L. Edward.

Orang yang berhasil menemukan tes ini adalah Henry A. Murray pada tahun 1938. Ia kemudian mengembangkan tes EPPS ini menggunakan metode forced choice.

Metode forced choice sendiri merupakan sebuah metode yang mewajibkan pesertanya memilih salah satu dari dua pertanyaan pada setiap itemnya.

EPPS umumnya termasuk ke dalam kategori power tes, yaitu tes yang tidak memiliki batasan waktu dalam pengerjaannya. Jadi, penekanan penekanan tes ini ada pada penyelesaian tugas dan bukan waktunya.

Tujuan Tes EPPS

Pada dasarnya, tes ini bertujuan untuk mengungkap 15 need pada diri seseorang. Dulu, tes ini tentu saja menggunakan media kertas. Namun, saat ini sudah ada metode online dari tes EPPS.

Adapun tes EPPS masih sangat akurat karena sudah dikembangkan sedemikian rupa oleh teknologi komputer canggih. Terdapat 15 need atau kebutuhan dalam diri yang terdiri dari:

1.       Achievement, yaitu kebutuhan dan akan kesuksesan atau mencapai sesuatu

2.       Deference, yaitu need untuk melakukan ekspektasi tertentu

3.       Order, yaitu merupakan need untuk menjadi teratur

4.       Exhibition, yaitu kebutuhan untuk menjadi pusat perhatian

5.       Autonomy, merupakan keinginan atau kebutuhan untuk menjadi independen

6.       Affiliation, yaitu merupakan kebutuhan untuk berteman dan kecenderungan untuk bersikap loyal

7.       Intraception, merupakan sebuah keinginan untuk menganalisa diri sendiri serta orang lain

8.       Succorance, merupakan kebutuhan untuk dibantu oleh orang lain

9.       Dominance, keinginan atau kebutuhan untuk menjadi pemimpin

10.   Abasement, merupakan kecenderungan untuk merasa bersalah dan membutuhkan berkompromi

11.   Nurturance, yaitu kebutuhan untuk menunjukkan kasih sayang dan dukungan

12.   Change, yaitu need untuk berubah

13.   Endurance, merupakan keinginan untuk menyelesaikan sesuatu atau tekun

14.   Heterosexuality, merupakan kebutuhan atau need untuk bersosialisasi dan bergaul dengan lawan jenis dan mendapatkan afeksi dari mereka

15.   Aggression, merupakan kebutuhan agresi tinggi baik secara verbal maupun fisik hingga bertentangan dengan orang lain.

Dalam menjawab item-item di dalam tes EPPS online, subjek biasanya memiliki kecenderungan untuk melakukan press. Untuk menyiasati hal tersebut, maka Edward berusaha membuat pasangan pertanyaan yang imbang. Artinya item-item atau pertanyaan yang mengandung press atau tidak berjumlah sama.

Dari EPPS tersebut lah akan menghasilkan suatu need profil atau kepribadian seseorang. Standar konsistensi pengerjaan EPPS adalah 14, tetapi di indonesia konsistensi 9 sudah termasuk valid untuk diskor.

Keunggulan Tes EPPS di NS Development

NS Development merupakan situs yang menyediakan psikotes online. Salah satu produk NS. Development adalah tes EPPS online.

Tes EPPS secara online memang saat ini sudah menjadi pilihan karena beberapa keunggulannya. Dalam hal ini, NS Development memiliki beberapa fitur yang menarik. Fitur-fitur tersebut berupa proctoring atau observasi via camera selama tes berlangsung dan juga interpretasi tes secara langsung.

Dapat dikatakan bahwa tes EPPS secara online jauh lebih efektif daripada cara tradisional. Sebab, tes online ini dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Selain itu, tes secara online juga bisa menghindari human error saat skoring hasil tes. Dengan begitu, hasil tes yang keluar akan jauh lebih akurat.

Tes EPPS yang NS Development kembangkan juga sangat user friendly. Artinya, sistem tes sangat mudah untuk digunakan baik dengan aplikasi desktop atau komputer maupun aplikasi mobile phone.

Tes ini juga sangat bagus untuk digunakan di perusahaan maupun biro-biro psikologi lain karena dapat dipadukan dengan alat tes psikolog yang lain.

Untuk melakukan tes EPPS online di NS Development, Anda bisa segera menghubunginya di website resmi mereka, nsd.co.id. Tidak hanya EPPS, tersedua bermacam-macam alat aplikasi psikotes online lainnya di NS Development.

Tes EPPS Online