Mengatasi penyakit pemfigoid bulosa dengan tepat

Pada orang yang normal , imun tubuh ini berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi penyebab pemfigoid bulosa seperti bakteri , parasite , jamur dan maupun benda asing . jadi dari itu pemfigoid bulosa ini adalah penyakit autoimun yang bisa membuat semakin penyakit lainnya akan semakin parah , maka langkah perawatan dan pengobatan yang tepat adalah dengan memeriksakan ke dokter .

jadi apakah pemfigoid bulosa merupakan penyakit autoimun ? nah , pemfigoid bulosa bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kamu menyerang lapisan tipis jaringan dibawah lapisan luar kulit seseorang . alasan untuk merespon imun abnormal ini tidak diketahui walaupun kadang kadang harus dipicu dengan mengambil obat obatan . ternyata pemfigoid bulosa dapat mengancam jiwa terutama untuk seseorang yang kesehatanya sudah buruk .

selain pemfigoid bulosa kadang dapat menyebabkan masalah yang serius dengan resiko utama , seperti : terjadinya infeksi kulit yang dpat menyebabkan pemfigoid bulosa secara sangat serius jika akan masuk lebih dalam ke tubuh kamu , ada juga yang menimbulkan efek smaping seperti yang terjadi pada pengobatan steroid termasuk tekanan darah tinggi , tulang menjadi melemah , dan lebih ke resiko tinggi karena bisa saja terkena infeksi. Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasi yang tepat kita juga perlu mengetahui gejala gejala umum yang terjadi pada pemfigoid bulosa.

dilansir di halodoc gejala awal pada pemfigoid bulosa yang berubahnya warna kulit menajdi kemerahan atau kehitaman dan terasa gatal . setelah beberapa minggu atau beberapa bulan pada permukaan kulit tersebut , muncullah luka lepuh yang akan berisi cairan bening atau cairan yang bercampur drah . lepuhan ini tidak mudah robek hanya karena sentuhannya . luka lepuh robek atau pecah dan terasa sakit dan tidak menimbulkan bekas luka .  kelainan kulit inilah yang terbentuk pada daerahnya lipatan seperti ketiak , selangkangan atau perut. Lalu jiak sudah terlanjur bagaimana cara mengatasinya ? apakah penyakit pemfigoid bulosa dapat disembuhkan ? tentu saja dong tidak ada yang tdiak mungkin .

dilansir dari sehatq.com terapi pemfigoid bulosa bisa digunakan untuk mengatasi mengurangi pembentukan bula , memeprcepat penyembuhan bula dan mengurangi rasa gatal . obat yang biasanya digunakan menekan sistem imun atau obat yang memiliki efek anti peradangan seperti jenis yang digunakan contohnya prednisone atau prednisolone , azathioprine , mikofenolat mofetil , metotreksat , dapson , tetrasiklim atau minoksiklin yang baisanya dikombinasikan dengan nicotinamide , dan rituximab yaitu gejala yang terjadi pada mata dan saluran pencernaan dan tidak ada respon terhadap terapi lain .

nah , sehatq juga punya tips nih untuk mencegah pemfigoid bulosa bisa dengan mengonsumsi antibiotik atau dengan melakukan perawatan dirumah untuk mengurangirasa nyeri atau gejala pemfigoid bulosa pada tubuh kalian misalnya dengan memakan makanan yang lunak jika terdapat bula pada mulut , menghindari pakaian ketat , menghindari paparan sinar matahari , perawatan luka atau bekas bula . bahayanya adalah jika pemfigoid bulosa tidak segera diobati makan pemfigoid bulosa akan menetap sampai bebrulan bulan atau bahkan bertahun tahun dan dapat hilang timbul lagi . dan jangan lupa hindarilah penyebab pemfigoid bulosa serta fakto resikonya . serta jagalah kebersihan dan kesehatan kulit agar tidak terkena pemfigoid bulosa .