Memperhatikan Cahaya Matahari Dan Penyiraman Pada Bunga

Sinar matahari merupakan hal penting bagi tanaman karena sinar matahari adalah sumber energi utama dalam proses fotosintesis tanaman. Pada tanaman bunga di toko bunga jakarta selatan, kadar sinar matahari yang diterimanya haruslah disesuaikan dngan jenis tanaman bunga tersebut. Tidak semua bunga bagus untuk mendapat sinar matahari langsung sepanjang hari.

Sebagian besar bunga haya bagus untu mendapat sinar matahari pagi yaitu dari matahari terbit hingga jam 9 / 10 saja. Terik sinar matahari disiang hari kebayakan malah justru mampu merusak bunga karena panasnya sehingga bunga akan cepat layu.

Tanaman seperti mawar, bunga sepatu, bunga aster sebaiknya hanya mendapat sinar matahari pagi saja karena jika terlalu banyak terkena sinar matahari tanaman tersebut akan mudah layu dan mati.

Untuk mengatur waktu lamanya penyinaran matahari pada tanaman bunga, maka anda bisa mengatur tata letak pot bunganya. Tanaman seperti bunga mawar, bunga, melati, bunga sendok, dan bunga anyelir maka anda bisa menempatkannya di didi timur bangunan sehingga ia akan tersinari pada pukul 6 pagi hingga 10 siang.

Anda juga bisa memasang layar atau penghalang sinar lainnya pada pukul 10 pagi sehingga tanaman hanya akan tersinari hingga pukul 10 pagi saja.

Untuk teknik menanam semperti cara menanam bunga asoka, bunga alamanda, dan bunga matahari maka anda bisa meletakkannya di tempat terbuka atau halaman depan bangunan sehingga ia akan tersinari matahari sepanjang hari . Tanaman bunga jenis ini memang cenderung membutuhkan lebih banyak sinar matahari sehingga malah justru akan memucat jika diletakkan pada area teduh.

Khusus untuk tanaman bunga jenis anggrek, maka penempatannya haruslah pada lokasi yang teduh. Bunga anggrek sangat tidak tahan pada sengatan sinar matahari. Oleh karena itu anda bisa meletakkannya pada dahan pohon yang rindang atau dibawah teras bangunan.

Lalu tanaman juga sangat membutuhkan air untuk hidup. Air juga adalah salah satu komponen yang paling penting dalam proses fotosintesis tanaman. Penyiraman secara rutin sangat diperlukan untuk menjaga kadar air dalam tanah. Jumlah air yang disiramkan tentu tergantung dari ukuran tanaman bunganya.

Tanaman bunga yang berukuran besar seperti bunga alamanda, bunga sepatu, bunga kertas dan bunga matahari membutuhkan air lebih banyak ketimbang bunga mawar, bunga melati atau bunga anggrek. Lakukan penyiraman setiap 2 – 3 hari sekali untuk menjaga kebasahan tanah. Jangan menyirami bunga secara berlebihan karena nantinya malah justru bisa membusukkan akar tanaman.