Memanfaatkan Air Limbah Menjadi Air Bersih dengan WTP

Di sedang cuaca yang tidak menentu seperti pas ini, pakai air limbah menjadi air bersih bersama dengan jasa WTP merupakan solusi yang bisa dipertimbangkan. Apalagi bencana alam tetap sering terjadi belakangan ini, tentunya bahaya krisis air konsisten mengintai.

Bahkan menurut laporan yang dilansir berasal dari Republika Online menjelaskan bahwa per tahun 2019 saja, sarana PDAM di DKI Jakarta baru bisa melayani 62% keperluan air di Ibu Kota. Sisanya dipenuhi bersama dengan pasokan air tanah.

Bagi perusahaan dan juga pengelola gedung, tentunya perihal selanjutnya benar-benar merugikan, mengingat air bersih sangatlah diperlukan untuk kehidupan manusia, merasa berasal dari untuk konsumsi, mencuci, sampai mandi. Maka berasal dari itu, keberadaan WTP sangatlah menunjang untuk ketersediaan air bersih untuk skala perumahan maupun industri

Meskipun begitu, Anda tidak bisa asal menentukan jasa WTP atau water treatment plant, sebab tidak seutuhnya bisa memberikan jaminan sehingga perusahaan yang Anda kelola bisa pakai air limbah bersama dengan jasa WTP tersebut. Bagaimana sebenarnya langkah untuk pakai air limbah sebagai air bersih? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

 

Apa itu sebenarnya WTP?

Untuk memahami lebih lanjut perihal jasa WTP, Anda harus memahami lebih-lebih dahulu perihal pengertian berasal dari water treatment plant (WTP). Sesuai bersama dengan namanya, WTP merupakan unit atau instalasi untuk pengolahan air, yang berfungsi untuk menambah kualitas air, sehingga lebih di terima untuk penggunaan akhir bersama dengan suasana tertentu. Adapun yang juga di dalam penggunaan akhir selanjutnya seperti air minum, irigasi, pasokan air untuk keperluan produksi, rekreasi air dan sebagainya.

 

Pada prosesnya, WTP bekerja bersama dengan langkah menghilangkan kontaminan dan juga partikel beresiko yang larut di di dalam air. Selain itu, pengolahan air bersama dengan jasa WTP juga bisa bekerja bersama dengan langkah mengurangi konsentrasinya, sehingga kualitas air menjadi lebih baik dan sehat.

 

Bagaimana Proses Memanfaatkan Air Limbah bersama dengan Jasa WTP?

Salah satu jasa WTP yang bisa Anda andalkan untuk instalasi WTP adalah Macnaught Flow Meter . Dengan pengalaman bertahun-tahun di dalam pemasangan WTP dan STP, Adika Tirta Daya sudah dipercaya oleh banyak perusahaan, baik itu industri, pertambangan, sampai perhotelan.

 

Adapun proses yang dibutuhkan oleh instalasi WTP untuk memproses air limbah menjadi air bersih yang lebih layak dikonsumsi dapat dijelaskan dalam beberapa proses, yaitu:

 

  • Air masuk ke penampungan (storage), yang berasal dari air yang telah digunakan untuk selanjutnya diproses.
  • Proses ozonisasi, yang berfungsi untuk menghilangkan zat berbahaya, dengan cara detoksifikasi, disinfeksi, dan juga deodorisasi.
  • Proses reverse osmosis, pada tahap ini air akan disaring dengan menggunakan filter yang dilengkapi membran khusus untuk memisahkan ion dan juga molekul besar yang terbawa di dalam air dengan cara memberikan tekanan pada larutan.
  • Ultrafiltrasi (UF), yang berfungsi untuk memisahkan partikel kecil yang masih terbawa di dalam air dan menggantikan filter clarifier konvensional.
  • Proses carbon and sand filtration, untuk menghilangkan bau, kekeruhan dan juga menjernihkan air.
  • Ozonisasi kembali, yang berfungsi untuk memastikan agar air yang diolah telah sesuai dengan standar baku mutu air yang diatur pemerintah.
  • Sedimentasi, merupakan proses untuk memisahkan air yang sudah jernih dengan endapan seperti pasir dan partikel lainnya.
  • Clarifier, adalah proses untuk menjernihkan air kembali setelah melalui proses sedimentasi.
  • Aerasi, air yang sudah dijernihkan akan mengalami proses aerasi untuk mengurai zat organik yang terkandung di dalam air dengan bantuan blower untuk memasukkan oksigen.
  • Custom bacteria, merupakan lanjutan untuk mereduksi konsentrasi bakteri secara umum dan menghilangkan bakteri patogen yang berbahaya.
  • Equalization, untuk proses homogenisasi atau menyamaratakan aliran air dan juga kualitas air limbah dengan memanfaatkan blower.
  • Penampungan primary, air yang telah melalui seluruh proses akan ditampung sebelum selanjutnya didistribusikan.
  • Proses bar screen, yang berfungsi untuk menyaring benda yang ikut tergenang dalam air, lalu akhirnya dialirkan menuju pabrik, gedung, atau konstruksi lainnya.