(Foto/Reuters)

 

Siapa yang tidak mengenal Lionel Messi, bintang asal Argentina itu saat ini  membela Paris Saint Germain (PSG). Lionel Messi adalah salah satu sepak bola terbaik yang namanya  dikenal di seluruh dunia. 

Namun dibalik kesuksesannya saat ini, ia mencatat banyak fakta menarik dari masa lalu. Berikut 20 fakta unik dari sang mega bintang Lionel Messi yang mungkin belum Anda ketahui.

  1. Messi mempunyai nama lengkap Luis Lionel Andres Messi.
  2. Messi lahir di  Rosario, Argentina pada 24 Juni 1987.
  3. Lionel Messi adalah sosok yang tidak banyak bicara, sehingga pada awalnya ia dikira bisu oleh rekan satu timnya.
  4. Ayah Messi bernama Jorge yang berprofesi sebagai seorang pekerja baja dan pelatih sepakbola pemuda setempat.
  5. Pada usia Messi 11 tahun, ia pernah mengalami defisiensi hormon pertumbuhan. Namun, orang tuanya tidak sanggup untuk membayar perawarannya sejumlah $900 per bulan.
  6. Setelah ditinggal pergi oleh sang ibu ke Argentina, Messi tinggal bersama ayahnya di Barcelona sehingga ia mengalami kerinduan pada ibunya.
  7. Messi sempat dikejar oleh Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol agar dapat bergabung dengan Tim Sepak Bola Spanyol, tapi tawaran tersebut ditolak oleh Lionel Messi.
  8. Messi pernah dipinjam oleh Pelatih Juventus, Fabio Capello, setelah penampilannya yang begitu luar biasa setelah melawan juventus.
  9. Messi merupakan bagian dari ‘Baby Dream Team’, yaitu tim muda terbesar di Barcelona.
  10. Karena asuransi kesehatan ayah Messi hanya dapat melunasi perawatan sealam dua tahun, Messi pernah mengalami masa kerisis. Bahkan, klub Buenos Aries yang mengintai Lionel Messi tidak mampu membayar perawatannya juga.
  11. Messi merupakan pemain muda ke 6 yang mencetak gol di Piala Dunia FIFA dalam pertandingan debutnya.
  12. Setelah Arsene Wenger berhasil mengontrak Fabregas, ia mencoba mengontrak Messi saat masi muda. Namun kesepakatan tersebut tidak berhasil membuatnya menyesal karena Messi tidak ingin meninggalkan klubnya.
  13. Messi mendapatkan julukan Mesias pada usia ke 20 tahun yang diberikan dari media Spanyol setelah penampilannya yang luar biasa.
  14. Messi pernah dibentangkan dengan topeng pelindung plastik untuk menutupi tulang pipinya yang patah saat di Copa Catalunya. Namun saat beberapa menit, Messi membuka topengnya dan mencetak dua gol dalam 10 menit sebelum terjadi pergantian pemain.
  15. Kondisi ekonomi keluarga Messi yang kurang mampu, membuat dirinya tidak dapat berpartisipasi dalam pertandingan resmi tim junior di tahun pertamanya.
  16. Juvenile A pernah diselematkan dari Messi dari degradasi. Dalam sepuluh pertandingan setelah mencetak lima gol, dia mencetak hat-trick dalam pertandingan Copa Del Rey saat dijaga oleh Sergio Ramos.
  17. Messi pernah ditawar €150 oleh Inter Milan, mereka juga membayar klausul pelepasnnya sebesar €150 juta dan tiga kali lipat gajinya. Dan akhirnya memutuskan untuk bertahan di Barcelona.
  18. Messi pernah mendapatkan penghargaan terbaik UEFA di Eropa. 
  19. Messi membantu Barcelona mendapatkan kemenangan sebanyak 16 kali di liga berturut-turut yang menjadi rekor dalam sepak bola Spanyol. Messi mengakhirannya dengan hat-trick melawan Atletico Madrid pada 5 Februari 2011.
  20. Messi menulis kotrak pertamanya di serbet kertas dengan Barcelona. Melalui kerabat mereka di Catalonia, keluarga Messi mengatur uji coba bersama Barcelona di September 2000. Hal ini membuat direktur tim utama berkesan dan ingin segera mengontrak Messi, namun pada saat itu tidak memiliki kertas, sehingga ia menulis kontrak pertama Messi di atas serbet kertas.

 

By sartika