Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh – Lemon merupakan buah dengan bentuk seperti telur ayam berwarna kuning, serta memiliki rasa yang super asam. Walaupun memiliki rasa yang asam namun jeruk satu ini banyak pengemarnya.

Lemon kerap digunakan dalam campuran makanan, minuman hingga digunakan untuk kecantikan. Rasanya yang asam segar membuat sensasi tersendiri saat mengenai lidah, selain itu lemon yang diperas lalu dikonsumsi sebagai minuman segar juga dapat melepas dahaga disiang hari.

Selain mampu melepas dahaga disiang hari, mengkonsumsi air perasan jeruk lemon juga sangat baik untuk kesehatan. Nah untuk itu berikut beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan tubuh.

1. Berguna untuk menghidrasi tubuh

Menurut hasil dari pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa manusia setidaknya membutuhkan nutrisi gula, kalori dan vitamin lainnya dari makanan atau minuman yang cukup.

Yaitu bekisar wanita minimal harus memenuhi 91 ons per hari dan pria 125 ons per hari. Air adalah salah satu asupan terbaik untuk menghidrasi tubuh, tetapi beberapa orang ada yang tidak menyukai rasa air alami.

Untuk itu kamu bisa menambahkan perasan lemon di minuman bisa membantu untuk meningkatkan rasanya sehingga minum lebih banyak.

Baca juga : manfaat daun pandan untuk kesehatan

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah lemon diketahui mampu menjaga daya tahana tubuh kamu agar tetap kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan jeruk lemon kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Untuk itu kamu bisa mengkonsumsi buah lemon secara teratur guna mendapatkan khasiat didalamnya.

3. Sumber asupan vitamin C

Jeruk lemon dikenal dengan kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan utama yang membantu untuk melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Selain itu vitamin C juga dapat berguna dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah. Kandungan dari satu gelas air lemon memiliki sekitar 18,6 miligram vitamin C.

Untuk itu setia harinya kita membutuhkan jumlah asupan harian vitamin C, yang dianjurkan untuk orang dewasa sekitar 65 sampai 90 miligram.

4. Membantu dalam menurunkan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak dialami seseorang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi jeruk lemon.

Pasalnya, jeruk lemon memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.
Selain itu, kandungan vitamin C pada daun kelor juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme.

Mengonsumsi air jeruk lemon secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.

5. Mencegah penyakit jantung

Mengkonsumsi buah lemon secara teratur diketahui dapat berkhasiat dalam menjaga kesehatan organ jantung. Hal ini didapati karena jeruk lemon mengandung sejumlah mineral yang dapat menyehatkan otot jantung dalam memompa darah.

Disamping itu kandungan antioksidan pada buah juga diklaim mampu mencegah seseorang terkena masalah serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

Baca juga : Beberapa tanaman herbal berkhasiat

6. Menangkal paparan radikal bebas

Manfaat dari mengkonsumsi buah lemon selanjutnya yaitu dapat berguna dalam menangkal paparan radikal bebas. Radikal bebas umunya dapat dengan mudah dijumpai, dan bahkan disekitar kita ada banyak radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.

Untuk itu kamu memerlukan asupan antioksidan yang cukup perharinya. Nah salah satu sumber antioksidan ialah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau, termasuk mengkonsumsi buah lemon karena lemon tinggi akan antioksidan.

Nah tulah beberapa Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh yang akan kamu dapatkan apabila rutin mengkonsumsinya.