Manfaat DHA Untuk Kecerdasan Otak Anak

Manfaat DHA  Untuk Kecerdasan Otak Anak

DHA atau Docosahexaenoic acid merupakan salah satu nutrisi penting yang harus ada apa makanan  dan susu pertumbhan si kecil. Manfaat DHA untuk bayi diyakini mampu membuatnya lebih pintar, unggul dan cerdas. Sehingga memenuhi kebutuhan DHA sangatlah penting untuk menunjang tumbuh kembang buah hati anda.

DHA sendiri merupakan bentuk dari asam lemak omega 3. Sdeangkan untuk bentuk lain dari asam omega 3 adalah ALA (Alpha linolenic acid) dan EPA (Eicosapentanoic acid). Menurut penelitian sendiri DHA banyak ditemukan di dalam sel-sela otak, oleh karena itulah mengapa DHA sering disebut dengan makanan otak.

Lalu apakah benar adanya jika DHA mampu membuat sikecil menjadi lebih pintar? Faktanya dari sebbuah penelitian yang telah diterbitkan menyatakan jika anak-anak yang mendapat asupan DHA lebih banyak. Ternyatamampu mendapat nilai lebih tinggi pada tes mengeja dan membaca. Lalu apa saja sebenarnya manfaat DHA untuk anak-anak? Nah berikut beberapa ulasannya.

Fungsi DHA Untuk Kecerdasan Anak

  1. Meningkatkan kesehatan otak anak

Penelitian yang telah dilakukan tentang manfaat dari DHA adalah berkaitan erat dengan kognitif anak-anak. Salah satu contoh penelitian yang telah dilakukan adalah pada tahun 2009 terhadap anak sehat usia 10 hingga 12  tahun dengan jumlah 90  orang. Penelitian yang diterbitkan pada Nutritional Neurosscience ini menemukan hasil bahwa suplementasi DHA yang diberikan kepada anak selama satu minggu tidak memberkan efek menguntungkan apapun pada fungsi otak. Sedangkan penelitian yang dilakukan pada 175 anak sehat berusia 4 tahun pada 2008 yang diterbitkan pada Clinical Pediatrics. Menyebutkan bahwa aliran darah yang memiliki kadar DHA lebih tinggi berkaitan dengan skor yang tinggi pada tes kosa kata.

  1. Mengurangsi resiko bayi lahir premature

Kelahiran premature adalah kelahiran bayi yang usia kandungan masih berjalan sekitar 34 minggu. Kelahiran premature ini dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan pada tubuh bayi. Dari analisis yang telah dilakukan menemukan hasil bahwa wanita hamil yang mengonsumsu DHA sebanyak 600-800 mg setiap harinya selama masa hamil dapat mengurangi resiko kelahiran premature dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi. Jumlah penurunan resikoya pun sangat fantastis yakni di Amerika mencapai 40% dan di Australia mencapai 64%. Karena manfaat DHA untuk bayi sangat penting, maka sebaiknya konsumsilan makanan-makanan yang kaya akan DHA untuk menghindari bayi lahir premature.

  1. Membantu anak dengan ADHD

Anak dengan ADHD akan sangat terbantu dengan manfaat dari DHA. Disampaikan pada tahun 2000 oleh sebuah jurnalAmerican Journal of Clinical Nutrition. Pada umumnya anak-anak dengan ADHD memiliki kekurangan kebutuhan DHA. Namun belum diketahui dengan pasti, apakah suplementasi DHA mampu membantu mengatasi masalah ADHD pada anak atau tidak.

Selain ditemukan pada susu pertumbuhan, ternyata DHA juga banyak ditemukan pada ikan seperti sarden dan salmon. Karena DHa adalah bagian dari asam lemak omega 3 yang merupakan asam lemak esensial, maka untuk memenuhinya harus didapatkan dari luar tubuh seperti makanan dan susu. Dengan manfaat DHA untuk bayi maupun anak-anak yang sangat baik, maka jangan lupa memberikan asupan nutrisi ini pada buah hati anda.