Makanan Sehat untuk Diet Ibu Menyusui

Makanan Sehat untuk Diet Ibu Menyusui

Hampir semua ibu yang baru saja melahirkan pasti akan melakukan diet. Namun, janganlah melakukan diet yang ketat dan asal-asalan hanya untuk mendapatkan kembali tubuh yang ideal. Untuk itu, ibu harus melakukan diet sehat, salah satunya mengonsumsi  makanan sehat untuk diet ibu menyusui.

Di mana dengan makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu menyusui, si ibu tetap bisa memberikan nutrisi yang baik melalui asi sekaligus menurunkan berat badannya. Nah, apa saja sih makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan si kecil dan untuk memperlancar diet si ibu? Yuk, lihat saja di bawah ini.

5 Makanan Sehat untuk Diet Ibu Menyusui

  1. Beras Merah

Banyak orang, mungkin salah satunya ibu yang menyusui melakukan diet dengan menghindari makan nasi putih, karena nasi putih memiliki kandungan kalori dan gula yang cukup tinggi. Sayangnya, cara tersebut adalah cara yang salah. Ibu harus tetap mendapatkan sumber karbohidrat, agar bayi bisa mendapatkan sumber karbohidrat melalui asi.

Dalam hal ini ibu bisa mengganti sumber karbohidratnya dengan nasi dari beras merah. Di mana nasi merah tetap mengandung karbohidrat, tetapi nasi merah memiliki kandungan kalori yang rendah. Kemudian, nasi merah juga kaya akan serat, sehingga nasi merah bisa mengubah makanan menjadi energi dengan cepat.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga salah satu makanan yang dikonsumsi untuk diet oleh ibu menyusui. Ini karena sayuran hijau mengandung vitamin A, C serta zat besi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu maupun bayi. Kemudian, sayuran hijau mengandung kalori yang rendah, sehingga sayuran hijau bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

  1. Buah

Salah satu makanan yang biasa dikonsumsi untuk diet adalah buah. Hal ini juga  berlaku untuk diet ibu menyusui. Di mana ibu menyusui yang diet dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C. Hal ini karena vitamin C mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh, serta mampu mengubah gula menjadi energi.

  1. Kacang-kacangan

Ibu memiliki impian untuk mempunyai tubuh ideal dan masih bisa memberikan asi yang cukup untuk bayi? Ibu bisa mewujudkannya kok. Ibu hanya perlu mengonsumsi kacang-kacangan, seperti, kacang merah, kacang hijau, almond. Alasannya karena kacang-kacangan rendah kalori dan lemak, namun tinggi akan serat, dan mampu untuk meningkatkan produksi asi.

  1. Susu Rendah Lemak

Siapa bilang ibu menyusui yang melakukan program diet tidak boleh mengonsumsi susu? Ibu menyusui yang diet boleh minum susu asalkan susu tersebut adalah susu rendah lemak. Susu rendah lemak tidak meningkatkan berat badan, tetapi susu rendah lemak bisa memenuhi gizi harian karena susu rendah lemak mengandung vitamin D dan kalsium.

Nah, itulah beberapa makanan yang recommended untuk ibu menyusui yang ingin melakukan diet, dan masih ingin memberikan asi yang cukup untuk si bayi. Selamat mencoba.