Mandi Air Panas dari Sumber Alami

Mandi air panas bisa menjadi salah satu terapi untuk bersantai. Ketika sudah bekerja sepekan penuh, Anda bisa mandi air panas untuk melemaskan otot dan membuat pikiran lebih tenang. Pasti Anda sudah kerap mandi air panas di rumah. Agar tidak monoton, sesekali Anda bisa mendatangi pemandian air panas Ciater untuk merasakan sensasi mandi di sumber air panas alami.

Pemandian  Ciater menjadi salah satu pemandian favorit warga Jawa Barat untuk menghabiskan akhir pekan. Selain mandi, pengunjung juga bisa menikmati beberapa fasilitas lain yang tersedia di lokasi. 

 

Menjelajah Pemandian Air Panas Ciater

Seperti tempat lain di Indonesia, Subang, terlebih Ciater, juga mempunyai daya tarik wisata. Salah satu lokasi yang populer adalah pemandian air panas Ciater. Tempat ini merupakan salah satu destinasi favorit yang dikunjungi wisatawan dari beragam daerah. Tujuan utamanya bukan untuk berfoto, melainkan bersantai dalam kolam air panas alami. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang pemandian ini, silakan baca penjelasan berikut:

1. Lokasi Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas Ciater masuk dalam lokasi administrasi Kabupaten Subang. Tetapi, karena cuma berjarak 15 menit dari Lembang, tak sedikit orang menganggap tempat ini berada di Bandung.

Secara spesifik, pemandian Ciater terletak di Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40154. Tempat ini gampang ditemukan, terlebih lewat aplikasi peta digital. Untuk Anda yang berasal dari Bandung, silakan ambil rute jalur Dr Setiabudi ke arah Ledeng, kemudian ke arah Lembang, Cikole, dan paling akhir Ciater. Lokasi pemandian Ciater terletak sesudah Gunung Tangkuban Perahu.

Jika singgah dari Jakarta, ambil jalur dari tol Cikampek – Bekasi di KM 180. Atau, jika dari arah Puncak, Anda bakal menempuh perjalanan sejauh 200 Km dan keluar di Subang lewat Tol Cipali. Pemandian Ciater terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Jika diukur dari permukaan laut, tempat ini berada di ketinggian 800 m di atas permukaan laut. Akibatnya, hawa di area ini menjadi lebih dingin dan berkabut. Air panas di sini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Hal ini pula yang membuat masyarakat tertarik ke sana.

 

2. Jam Buka Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Ciater mempunyai jam buka yang panjang. Maka, Anda tidak mesti cemas saat ingin berkunjung.

Berikut adalah jam buka yang berlaku sekarang:

Senin sampai Jumat: 06.00 – 23.59 WIB

Sabtu: 04.00 – 23.59 WIB

Minggu: 04.00 – 22.00 WIB

 

3. Tarif Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian  Ciater memungut biaya parkir, tiket masuk, dan tiket berendam. Anda mesti mempersiapkan sejumlah uang sebelum akan datang.

Berikut adalah tarif yang mesti pengunjung keluarkan saat berkunjung: 

4. Luas Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas Ciater merupakan tempat pemandian paling luas di Jawa Barat. Luasnya mencapai 30 hektar. Seiring dengan popularitasnya yang menanjak, pemandian ini terus mempercantik diri. Hasilnya, mereka jadi salah satu tempat wisata terpopuler di Subang, Bandung, dan sekitarnya. Dalam satu bulan, mereka mampu mengumpulkan 60.000 kunjungan turis domestik dan mancanegara.

 

5. Wahana dan Fasilitas di Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Ciater mempunyai sejumlah wahana dan layanan yang bisa dibuka pengunjung. Sebelum berkunjung, kemungkinan Anda mengayalkan tempat ini cuma menyediakan layanan mandi air panas, padahal tidak. Pemandian Ciater mempunyai banyak layanan menarik.

1. Berendam di Kolam Air Panas Alami

Daya tarik utama pemandian ini adalah kolam air panas. Di sini, pengunjung bisa berendam. Ada sekitar 10 kolam air panas yang tersedia di tempat ini. Ketika akan berendam, sebaiknya Anda masuk pelan-pelan agar tubuh mempunyai waktu beradaptasi dengan suhu air. Waktu yang ideal untuk berendam adalah 20 – 30 menit, bahkan jikalau tempat berendam memiliki kandungan belerang. Jika terlalu lama, Anda bisa mual dan pusing. Tak cuma kolam umum, Anda juga bisa menikmati kolam privat. Tetapi, ada biaya tambahan yang perlu Anda bayarkan.

2. Kolam Renang

Pemandian Ciater juga menyediakan kolam renang. Fasilitas ini bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk masuk ke tempat kolam renang, pengunjung perlu membayar tiket lagi.

3. Curug Jodo

Di dekat pemandian, terdapat Curug Jodo yang sering jadi tempat untuk berdoa tentang jodoh. Tempat ini biasa masyarakat kunjungi sebelum akan bulan Ramadan atau biasa disebut Munggahan. Tempat ini bisa Anda kunjungi jikalau sedang berada di tempat pemandian air panas. Curug Jodo sangat cantik untuk dilihat dan dinikmati.

4. Outbound

Daya tarik lain adalah keberadaan wahana outbound. Di sini, pengunjung bisa menjajal permainan yang memacu adrenalin. Wahana satu ini bisa dipilih disaat Anda selesai berendam di kolam air panas.

5. Pijat Tradisional

Setelah bahagia berendam di kolam air panas, Anda bisa coba layanan pijat tradisional di sana. Pijat tradisional akan membantu tubuh lebih enjoy dan ringan. Dijamin, sesudah selesai pijat, Anda akan merasa bugar.

6. Restoran

Tempat ini menyediakan restoran dengan harga yang relatif terjangkau. Di sini, pengunjung bisa membeli makanan dengan harga mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 100.000 per porsi. Tempat makan di sini mempunyai suasana yang nyaman sebab didesain dengan tipe kafe. Di kafe ini, Anda bisa menyantap makanan sunda.

7. Area Bermain Anak

Pemandian Ciater menyediakan tempat bermain anak yang rekreatif. Ada banyak permainan menarik yang bisa membantu pertumbuhan motorik dan sosial anak.

8. Berkuda

Tak cuma menyediakan permainan rekreatif, pemandian Ciater mempunyai layanan jalan-jalan dengan kuda. Dijamin, anak-anak akan bahagia dan menikmati layanan ini.

9. Memancing

Jika sedang tidak ingin berendam, Anda juga bisa menghibur diri dengan memancing. Kolam pemancingan di wilayah ini mempunyai layanan yang baik. dan yang paling penting, terintegrasi dengan layanan lain di pemandian air panas Ciater.

 

6. Hal-hal yang Perlu Pengunjung Perhatikan

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui disaat berkunjung ke pemandian air panas Ciater:

• Pengunjung berusia mulai dari 3 tahun harus mempunyai tiket masuk

• Pemandian air panas terbuka untuk semua usia

• Pengunjung sebaiknya mempunyai aplikasi PeduliLindungi atau membawa kartu vaksin

• Tiket masuk rekreasi termasuk akses ke Pancuran Tujuh, Curug Jodo, Danau Curug Jodo, tempat Menjangan, sampai aliran sungai Taman Gajah.

• Tiket park sudah termasuk akses ke kolam air panas alami Pulosari, Gerbang Taman Rekreasi, Kolam air Panas Leuwisari, dan juga kolam air panas alami Waterpark.

• Tiket masuk pool termasuk akses ke kolam air panas alami Mayangsari, layanan park, dan juga kolam air panas alami Wangsadipa. 

By roket