Snapdragon 8cx Gen 3 memang bukan prosesor notebook pertama Qualcomm, namun peningkatan performa CPU dan GPU sangat signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Awal Desember adalah waktu yang sibuk bagi Qualcomm. Melalui KTT Teknologi Snapdragon tahunannya, Qualcomm mengumumkan sejumlah chipset baru yang akan memberi daya pada banyak perangkat pada tahun 2022. Selain chipset andalan baru untuk smartphone dan chipset baru khusus untuk konsol game genggam, Qualcomm juga memperkenalkan chipset laptop generasi terbaru yang membawa peningkatan. ini sangat penting.

Chipset yang dimaksud adalah Snapdragon 8cx Gen 3, yang kini dibangun di atas proses manufaktur 5 nm. Dibandingkan dengan pendahulunya (8cx Gen 2) yang ditemukan pada perangkat seperti Microsoft Surface Pro X dan HP Elite Folio, 8cx Gen 3 menjanjikan kinerja single-core hingga 40% lebih baik, hingga 85% multi-core, dan hingga 60 % kinerja GPU lebih cepat.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Untuk Kerja

Peningkatan besar-besaran ini dimungkinkan karena sejumlah faktor. Yang pertama adalah penampilan inti kinerja “Prime” baru di 8cx Gen 3. Sama pentingnya, efisiensi core 8cx Gen 3 kini sebanding dengan performa performa core generasi sebelumnya.

Mengenai kinerja GPU-nya, Qualcomm mengklaim bahwa perangkat dengan 8cx Gen 3 mampu menjalankan game pada resolusi 1080p dengan kecepatan refresh hingga 120 fps. Saat digunakan untuk mengedit foto atau video, respon perangkat tentu akan lebih gegas dari sebelumnya. Dan kemudian ke masalah AI, Qualcomm mengatakan 8cx Gen 3 memiliki kemampuan AI tiga kali lipat dari pendahulunya.

Sebagai prosesor berarsitektur ARM, 8cx Gen 3 tentunya tetap mengedepankan efisiensi energi. Menurut Qualcomm, perangkat yang ditenagai oleh 8cx Gen 3 memiliki daya tahan baterai yang sama dengan yang ditenagai oleh 8cx Gen 2, hingga 25 jam atau lebih dalam beberapa kasus.

Mengenai konektivitas, 8cx Gen 3 menjanjikan koneksi 5G yang lebih andal berkat modem baru. Qualcomm juga tidak lupa menyematkan modul Wi-Fi 6E generasi terbaru yang mendukung Wi-Fi dual-station untuk semakin mengurangi latensi.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Harga 7 Jutaan

Selain 8cx Gen 3, Qualcomm juga memperkenalkan Snapdragon 7c+ Gen 3, yang ditujukan untuk perangkat yang lebih terjangkau. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, chipset 6nm diharapkan dapat meningkatkan kinerja CPU hingga 40% dan GPU hingga 35%. Untuk pertama kalinya di seri 7c, ia kini juga mendapat kuota untuk modem 5G, serta chip Wi-Fi 6E yang digunakan saudaranya.

Qualcomm optimistis kedua prosesor laptop baru ini akan lebih cepat sampai ke konsumen dari sebelumnya. Menurutnya, deretan laptop yang ditenagai Snapdragon 8cx Gen 3 dan 7c+ Gen 3 ini akan diluncurkan pada semester pertama tahun 2022.

Melihat peningkatan yang dijanjikan oleh 8cx Gen 3 dan 7c+ Gen 3, Qualcomm seharusnya lebih berpotensi mengganggu pangsa pasar yang dikuasai Intel dan AMD pada 2022. Mudah-mudahan, masalah kompatibilitas yang mengganggu versi ARM Windows akan segera teratasi dan lebih banyak laptop yang menggunakan prosesor terbaru Qualcomm akan tersedia daripada tahun-tahun sebelumnya.