Langkah-langkah Membuat Company Profile

Bagaimana langkah-langkah membuat company profile? Apakah mudah atau justru sulit? Yuk, temukan jawaban dari kedua pertanyaan itu di dalam pembahasan artikel ini.

Company profile atau profil perusahaan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan, baik berskala besar, menengah maupun kecil. Company profile ini berperan sebagai identitas untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik. Dengan begitu, publik akan tertarik dengan perusahaan tersebut dan menggunakan produk/layanan yang ditawarkannya.

Oleh karena itu, company profile yang baik harus memuat identitas perusahaan, sejarah, visi dan misi, produk/jasa yang ditawarkan dan tujuan dari menawarkan produk/jasa tersebut. Membuat company profile adalah pekerjaan yang gampang-gampang sulit. Bahkan, Anda disarankan untuk menggunakan jasa pihak lain untuk mendapatkan company profile yang baik dan benar.

Langkah-langkah Membuat Company Profile

langkah-langkah membuat company profile
Sumber : images.unsplash.com

Nah, di bawah ini kami jelaskan langkah-langkah membuat company profile dengan baik dan benar. Simak dengan saksama!

  1. Membuat Identitas Perusahaan dengan Jelas

Identitas perusahaan yang jelas akan memudahkan pembuatan company profile yang baik. Ya, identitas perusahaan ini akan dijadikan ‘patokan’ untuk membuat profil perusahaan yang terukur, to the point dan menarik.

Setidaknya ada tiga poin penting yang harus diperhatikan dalam membuat identitas perusahaan, di antaranya: produk/jasa yang ditawarkan, segmentasi pasar dari produk/jasa tersebut dan nilai-nilai yang dianut karyawan.

  1. Menentukan Tujuan Pembuatan Company Profile

Perlu diketahui, pembuatan company profile ini selain untuk memperkenalkan perusahaan ke publik, biasanya juga bertujuan untuk menarik perhatian investor. Tidak sedikit juga perusahaan yang membuat company profile sebagai portofolio perdagangan.

Nah, dengan menentukan tujuan, penulis akan mengetahui apa yang Anda inginkan dari pembuatan company profile tersebut. Sehingga, penulis dapat membuat company profile yang terukur sesuai dengan tujuan yang Anda tentukan.

  1. Sewa Jasa Profesional

Membuat company profile yang baik dan benar ilmu menulis dan copywriting yang mumpuni. Oleh karena itu, disarankan bagi setiap perusahaan, baik yang baru merintis atau sudah besar agar menyewa penulis atau menggunakan jasa pembuatan company profile untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Jangan lupa untuk memilih jasa pembuatan company profile yang profesional ya! Namun, jika ingin menyewa seorang penulis, kami sarankan Anda untuk memilih yang pernah atau bahkan berkali-kali menggarap proyek pembuatan company profile dan copywriter.

  1. Menentukan Gaya Penyampaian Informasi

Menentukan gaya penyampaikan informasi adalah hal penting yang perlu mendapatkan perhatian lebih dalam membuat company profile. Gaya penyampaian informasi ini bisa disesuaikan dengan spesialisasi perusahaan.

Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bidang penanganan sengketa maka company profile harus dibuat dengan ‘serius’ dan ‘tegas’. Kemudian, jika perusahaan Anda bergerak di sektor kreatif maka company profile yang dibuat harus kreatif, menarik dan kekinian.

  1. Membuat Outline Company Profile

Sebagaimana disinggung di atas, company profile pada umumnya memuat identitas perusahaan, sejarah, visi dan misi, produk/jasa yang ditawarkan dan tujuan dari menawarkan produk/jasa tersebut. Nah, pembahasan tentang sejarah perusahaan sebaiknya ditulis semenarik mungkin. Pasalnya, tidak sedikit orang yang tertarik dengan suatu perusahaan karena membaca perjalanan sejarah dan perkembangannya yang inspiratif.

Di samping itu, jangan lupa mencantumkan testimoni dan kontak perusahaan di dalam company profile. Adapun untuk testimoni, jika memungkinkan mencatumkan testominasi dari orang/tokoh berpengaruh.

  1. Membaca Ulang dan Menyunting Kesalahan

Langkah terakhir adalah membaca ulang semua isi company profile dengan saksama. Kemudian, jika ditemukan kesalahan tertentu maka segeralah untuk menyuntingnya.

Langkah terakhir ini kerap ‘dilupakan’ dalam pembuatan company profile. Padahal, membaca ulang dan menyunting kesalahan yang ditemukan berguna agar company profile menjadi berkualitas dan enak dibaca.

Itulah langkah-langkah pembuatan company profile dengan baik dan benar. Jika Anda merasa mampu membuat company profile dengan baik maka lakukanlah sendiri.

Namun, jika Anda merasa kurang mampu maka sebaiknya menyerahkan pekerjaan ini ke jasa pihak lain. Anda bisa menggunakan jasa Sooca Design untuk membuat company profile yang berkualitas.

Yuk gunakan jasa pembuatan company profile Sooca Design sekarang juga. Klik di sini ya!