Sebelum lanjutkan artikel Laksanakan Aqiqah Buah Hati, Bagikan Berkah untuk Sesama, Sekedar kami info:

Jika anda berminat mencari Jasa Aqiqah Terpercaya dan Profesional dengan harga murah kunjungi website Jasa Aqiqah Jabodetabek

Dari Samurah bin Jundab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang di hari ke-7 nya disembelih hewan (kambing), dinamakan dan dicukur rambutnya.” (HR Abu Dawud)

Pasti Ayah dan Bunda sudah pahami apakah itu aqiqah. Walau secara acara sama menyembelih hewan ternak, beribadah ini berlainan dengan qurban. Aqiqah adalah kewajiban orangtua pada anak mereka yang baru lahir, berbentuk pemotongan hewan ternak berbentuk kambing. Secara bahasa aqiqah/akikah memiliki arti pemangkasan.

Jumlah hewan yang disembelih disamakan pada tipe kelamin anak itu. Orangtua diperintah untuk menyembelih satu ekor kambing jika anak yang baru lahir itu sejenis kelamin wanita, dan dua ekor kambing bila si anak sejenis kelamin lelaki.

Ada banyak kelebihan saat menjalankan aqiqah. salah satunya yakni:
1. Mendapatkan pahala karena melakukan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
2. Hilangkan penyakit dan kotoran. cukur rambut anak kita di saat aqiqah diniatkan untuk hilangkan semua penyakit atau kotoran.
3. Tingkatkan beribadah ke Allah dan sebagai pernyataan rasa sukur.
4. Doakan anak kita supaya jadi anak yang shalih shalihah, patuh ke Allah dan Rasulnya.
5. Tingkatkan rasa cinta sosial setiap muslim.

Dan arah menjalankan aqiqah tersebut ialah sebuah pernyataan rasa sukur orangtua atas kelahiran anaknya sebagai karunia dari Allah subhanahu wa ta’ala dan bisa jalankan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Dalam penerapan aqiqah yang disyariatkan yakni di hari ke-7  sesudah lahir. Beberapa ulama memiliki pendapat jika saat yang paling penting untuk melakukan aqiqah ialah di hari ke-7  dari hari kelahirannya.
Beberapa ulama memperkenankan menjalankannya saat sebelum hari ke-7  diambil dari Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam kitabnya “Tuhfatul Maudud” Dan beberapa ulama memiliki pendapat bisa menjalankannya sesudah hari ke-7 .

Insya Allah, sedapnya sajian aqiqahmu akan semuanya terhidang untuk saudara-saudara yang memerlukan di teritori terdampak musibah alam, daerah prasejahtera, dan riskan perselisihan kemanusiaan, baik dalam atau luar Indonesia.

Yok, menjadikan aqiqah buah kesayangan kita ikut bawa karunia untuk saudara-saudara yang memerlukan!

Info Lainnya kunjungi jasa layanan aqiqah terpercaya dan profesional

By Drajad