Kulineran Tradisionil di Pulau Tidung

Kulineran Tradisionil di Pulau Tidung kepulauan seribu Jakarta

Jika sejauh ini argumen Anda untuk bertandang ke Kepulauan Seribu, terhitung Pulau Tidung ialah karena kecantikan alamnya, siapa kira jika pulau yang elok itu pas jadi tujuan lokasi rekreasi kulineran. Sesudah senang mengeksplor alamnya yang elok selekasnya isi perut yang keroncongan dengan beragam sajian dan jajan yang mengunggah hasrat di pulau rekreasi Tidung.

Daftar kulineran tradisionil Pulau Tidung

Tidak cuman rasanya yang sedap beberapa nama sajian tradisionil ciri khas warga pulau rekreasi ini terdengaran cukup unik. Berikut daftarnya.

Kerupuk Cue

Dengar kata kerupuk yang tebersit di pikiran Anda tentu makanan gurih rekan melahap nasi yang sejauh ini dekat dalam sehari-harinya kita. Kenyataannya yang diartikan dengan kerupuk cue di pulau rekreasi Tidung sebetulnya lebih serupa empek-empek Palembang. Sajian ini dibikin dari tepung, daging ikan giling, dan bumbu-bumbu lalu diaduk-aduk sampai rata dan kalis selanjutnya dibuat bulat-bulat panjang. Kerupuk cue tidak dipotong tipis-tipis seperti krupuk biasa, tetapi dipotong seukur empek-empek. Rasanya kenyal dengan cita-rasa ikan yang paling renyah. Untuk menambahkan kesedapan, krupuk ini dikonsumsi dengan cocolan sambal kacang.

Blibar manggis

Berlainan dari namanya pada proses pembikinan kue yang ini benar-benar tidak memakai daging buah manggis. Beberapa bahannya ialah ketan, kelapa, dan air gula hingga cita-rasa kue ini benar-benar manis dengan struktur yang lunak seperti kue lumpur.

Clorot

Clorot ialah jajan tradisionil yang dibikin dari tepung beras dan gula merah lalu dibuat lancip seperti kerucut dan dibuntel daun pisang muda. Sayang kue itu cukup susah diketemukan seperti kue-kue tradisionil nusantara yang lain. Meski begitu kue ini dapat didapat saat diadakan acara festival Kepulauan Seribu. Rasanya cukup unik dengan dengan struktur yang legit dan rasa manis yang menguasai dari gula jawa.

baca : Liburan ke Pulau Tidung? Lihat Panduan Berikut Ini!

Sate pasta gigi

Tidak perlu cemas melahap sajian ini karena tidak sama dengan namanya, proses pembikinan sate ini benar-benar tidak mengikutsertakan odol. Sate pasta gigi bisa banyak ditemui dalam acara acara pesta rakyat yang diadakan di Pulau Tidung. Sate ini dibikin dari daging ikan tongkol yang dihancurkan dan digabung beragam bumbu rempah, seperti ketumbar, bawang merah, cabe, kecap, dan gula jawa.

Sesudah digabung sampai rata adonan selanjutnya dibuntel daun pisang seperti membuat pepes. Sate pasta gigi dimatangkan dengan dipanggang di atas perapian arang seperti sate-sate yang lain. Rasanya sudah pasti renyah dan sedap dengan wewangian ikan yang unik. Anda dapat menikmatinya langsung atau jadi rekan makan nasi hangat.

Kerupuk ikan

Karena ikan-ikan fresh yang berlimpah di pulau rekreasi ini warga di tempat membuat jadi kerupuk ikan pada sentral industry rumahan. Kerupuk itu biasanya jadi oleh-olehan ciri khas yang bakal dibawa pengunjung ke daerah halamannya semasing. Hampir serupa seperti pembikinan kerupuk secara umum kerupuk ikan dibikin dari kombinasi daging ikan fresh yang dihancurkan dan tepung sagu. Bahan itu digabung sampai rata lalu dipotong tipis-tipis dan dijemur sampai betul-betul kering. Di kedai-kedai pemasaran oleh-olehan di Pulau Tidung Anda dapat beli krupuk ikan yang telah dimasak atau yang mentah.

Kripik sukun

Di pulau rekreasi ini Anda akan menyaksikan banyak pohon sukun yang buahnya digunakan oleh warga sebagai bahan pembikinan kripik. Rasanya renyah dan gurih, pas sekali untuk dikonsumsi sebagai makanan enteng di dalam rumah.

Jadi untuk Anda beberapa pencinta kulineran, tidak boleh terlewat coba beragam makanan tradisionil di Pulau Tidung ini. sumber kuliner di pulau tidung jakarta