Saat melaksanakan pemasangan flow mtr. perlu dipertimbangkan bebarap segi lokasi installasi flow mtr. layaknya arah aliran hendaknya untuk fluida liquid hendaknya dihindar pemasangan flow mtr. posisi vertical dengan arah aliran turun/kebawah, size( ukuran diameter pipa Water Meter Amico )

Langkah berikutnya adalah untuk memilih rentang ukur yang dibutuhkan dengan mengidentifikasi arus minimum dan maksimum (massa atau volumetrik) yang akan diukur. Setelah itu, akurasi pengukuran aliran yang dibutuhkan ditentukan.

Biasanya akurasi ditentukan didalam persentase membaca yang sebetulnya (AR), didalam persentase rentang dikalibrasi (CS), atau didalam persentase unit skala penuh (FS). Persyaratan akurasi perlu dinyatakan secara terpisah di flowrates minimal, normal, dan maksimum. Kecuali jikalau kita mengetahui kriteria ini, kinerja flowmeter Anda mungkin tidak dapat diterima sepanjang rentang penuh.

Dalam aplikasi di mana product yang dijual atau dibeli berdasarkan pembacaan meter, maka akurasi perlu benar-benar penting. Dalam aplikasi lain, pengulangan mungkin lebih perlu daripada akurasi mutlak. Oleh sebab itu, disarankan untuk menentukan secara terpisah akurasi dan pengulangan kriteria berasal dari tiap tiap aplikasi spesifikasi oleh ketentuan tertentu.

Ketika akurasi flowmeter dinyatakan didalam prosen CS atau unit prosen FS, kekeliruan besar akan nampak jikalau flow rate mengalami penurunan secara drastis. Jika error pengukuran dinyatakan didalam prosen AR, error secara han secara absolut selalu sama pada kecepatan aliran yang maksimal maupun yang minimal.

Karena skala penuh (FS) selalu merupakan kuantitas yang lebih besar berasal dari rentang dikalibrasi (CS), sebuah sensor dengan kinerja prosen FS akan selalu miliki error yang lebih besar berasal dari satu dengan spesifikasi prosen CS yang sama. Oleh sebab itu, didalam rangka untuk membandingkan seluruh jenis yang ditawarkan, disarankan untuk mengkonversi seluruh angka error yang nampak ke didalam unit yang sama %AR.

Dalam menyiapkan spesifikasi flow meter, seluruh Info akurasi diubah jadi unit prosen seragam AR dan ini prosen AR kriteria yang ditentukan secara terpisah untuk arus minimal, normal, dan maksimum. Semua spesifikasi flowmeters dan tawaran ang diberikan perlu dengan mengetahui menambahkan Info baik akurasi dan pengulangan mtr. pada aliran minimum, normal, dan maksimum.

Jika terdapat kinerja flow mtr. yang telah sesuai dan terdapat dua jenis flow mtr. yang tidak sama jenis dimana jenis flow mtr. pertama miliki anggota yang begerak sedang jenis flowmeter yang kedua tidak miliki anggota yang bergerak, pilihlah satu jenis flow mtr. yang tidak membawa anggota yang bergerak.vSelanjutnya, jikalau seseorang dapat beroleh kinerja yang sama berasal dari kedua flowmeter penuh dan sensor titik, kebanyakan disarankan untuk memanfaatkan jenis flow mtr. tersebut.

Karena sensor titik tidak lihat aliran penuh, mereka membaca secara akurat hanya jikalau mereka dimasukkan ke kedalaman di mana kecepatan aliran kebanyakan berasal dari profil kecepatan di seluruh pipa. Bahkan jikalau titik ini adalah benar-benar menentukan/penting pada waktu kalibrasi, bukan tidak mungkin untuk selalu tidak berubah, sebab profil kecepatan beralih dengan laju aliran, viskositas, suhu, dan segi lainnya.

Mengingat pertimbangan-pertimbangan ini, flowmeters massa, yang sensitif pada densitas, tekanan dan variasi viskositas dan tidak tergoda oleh perubahan bilangan Reynolds, perlu disimpan didalam perencanaan. Juga sedikit sekali dimanfaatkan didalam industri kimia adalah beraneka flumes yang dapat mengukur aliran didalam pipa yang tidak penuh dan dapat melewati padatan yang mengambang atau settleable besar.Dari pertimbangan berikut dan sesuai dengan manfaat dan suasana aplikasi lapangan maka kita diharapkan lebih pas didalam memilih jenis flow mtr. yang akan kita pasang. Jenis flow mtr. apa yang kita butuhkan???

Apakah kita butuh ultrasonic flow meter, clamp on flow meter, portable flow meter, magnetic flow meter, insertion flow meter, vortex flow mtr. atau coriolis flow mtr. atau jenis lainnya, supaya kita tidak salah mengeluarkan ongkos investasi ( flow mtr. baru) dan baiya operasional ( mainenance cost).

Demikian artikel “Pertimbangan Dalam Memilih Jenis Flow Meter” semoga dapat menjawab seluruh pertanyaan para pembaca yang inginkan belanja flow mtr. namun belum mengatur dengan kebutuhan sesuai dengan Industrinya.

 

By toha