Ketahui jenis buah berry yang bias di makan – Buah berry memiliki beragam jenis dan memiliki warna yang menarik serta rasa yang enak. Sebenarnya ada banyak jenis buah berry di dunia yang dibudidayakan maupun tumbuh bebas di alam liar namun tidak semua jenis berry dapat dikonsumsi.

Selain warna dan rasanya, ternyata buah berry juga memiliki berbagai jenis vitamin dan kaya akan antioksidan. Tidak heran jika buah yang sering dijadikan sebagai garnish maupun topping makanan khususnya dessert ini dijuluki super fruit.

Berikut beberapa jenis buah berry :

Stroberi

Stroberi adalah buah beri lezat yang mudah ditemukan di setiap toko bahan makanan sepanjang tahun. Mereka juga tidak mahal dan sarat dengan nutrisi yang baik.

Satu cangkir strawberry mengandung lebih dari 100 miligram vitamin C, hampir sama dengan secangkir jus jeruk.1 Stroberi juga mengandung kalsium, magnesium, folat, dan kalium. Dan mereka rendah kalori. Satu cangkir stroberi hanya memiliki 53 kalori.

Sajikan irisan beri dengan sedikit krim kocok dan irisan almond. Celupkan stroberi berukuran besar ke dalam cokelat untuk camilan bergizi yang terasa sangat dekaden.

Raspberi

Raspberry adalah buah beri indah yang paling baik selama bulan-bulan musim panas saat sedang puncaknya dan paling terjangkau. Mereka lembut dan tidak tahan lama, jadi gunakan dengan cepat. Kebanyakan raspberry berwarna merah, tetapi Anda mungkin juga menemukan raspberry emas atau hitam.

Secara nutrisi, raspberry kaya akan kalsium, magnesium, dan vitamin C.Satu cangkir raspberry memiliki 64 kalori.

Bluberi

Blueberry tampaknya berhasil mencapai puncak dari hampir setiap daftar makanan super, mungkin karena mereka penuh dengan antioksidan. Blueberry tersedia sepanjang tahun, tetapi mereka paling baik selama bulan-bulan musim panas.

Mereka juga baik untuk banyak nutrisi. Satu cangkir blueberry mengandung banyak kalium dan hampir 4 gram serat. Anda juga akan mendapatkan vitamin C dan 83 kalori dalam dosis yang baik.

Kismis

Kismis merah atau hitam segar mungkin tidak mudah ditemukan, tetapi Anda dapat membeli kismis kering sepanjang tahun. Mungkin sumber terbaik untuk kismis segar adalah pasar petani di akhir musim semi.

Kismis tinggi kalium, kalsium, dan vitamin C, dan kaya serat. Satu cangkir kismis mentah segar mengandung sekitar 60 kalori.4 Jika Anda menemukan kismis segar, belilah banyak dan bekukan.

Blackberry

Blackberry terlihat seperti raspberry hitam besar, dan memiliki rasa yang lebih tajam. Mereka cukup baik untuk Anda karena mengandung kalsium, vitamin C, dan kalium yang tinggi, ditambah satu cangkir blackberry memiliki lebih dari 7 gram serat dan sekitar 60 kalori.5 Seperti semua buah beri, mereka sarat dengan antioksidan. Blackberry lezat dalam smoothie atau disajikan dengan sedikit creme fraiche.

Lingonberry

Lingonberry tart tapi enak paling dikenal dalam resep Skandinavia dan sering digunakan untuk membuat pengawet dan jus. Selai lingonberry tidak terlalu sulit ditemukan, tetapi carilah lingonberry beku di internet.

Lingonberry rendah kalori (meskipun biasanya membutuhkan sedikit gula untuk mengatasi rasa getir). Mereka juga tinggi vitamin C, magnesium, dan serat. Cobalah selai lingonberry dan brunost (keju cokelat) di atas sepotong roti pumpernickel.

RASPBERRY

Manfaat kesehatan: Raspberry tidak hanya memiliki 8 gram serat per porsi, tetapi juga dikemas dengan beragam antioksidan dan fitonutrien anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat membantu mengelola diabetes tipe-2 dan obesitas dengan lebih baik.

Daunnya juga mengandung khasiat penyembuhan yang telah digunakan untuk mengurangi efek samping kehamilan selama berabad-abad, termasuk mual dan muntah. Teh daun raspberry merah disebut-sebut dapat memperkuat rahim, mempersingkat persalinan, mengurangi komplikasi dan mencegah pendarahan pascapersalinan.

By Drajad