Kelebihan Kapal Menggunakan Bahan Fiberglass

Keunggulan Menggunakan Fiberglass Menjadi Kapal Boats

Perubahan tehnologi, terutamanya untuk pengerjaan kapal menggunakan bahan dari fiberglass terus alami perkembangan. Bersamaan dengan ditemukan tehnologi terbaru dan beberapa bahan atau beberapa komponen simpatisan yang makin beragam, juga mempunyai ketahanan dan kualitas semakin baik.

Salah satunya tehnologi terbaru dalam soal pengerjaan kapal bahan fiberglass ialah tehnologi pengerjaan body atau tubuh kapal fiberglass memakai tehnik vacuum infusion. Di Indonesia sendiri, tehnologi vacuum infusion ini baru dilaksanakan oleh sedikit perusahaan pembikin kapal atau galangan kapal.

Baca juga Jenis-jenis Produk Berbahan Fiberglass

Banyak keunggulang atau kelebihan dan keuntungan yang dapat didapat bila sebuah kapal fiberglass dibikin memakai tehnologi baru vacuum infusion

Keuntungan dan kelebihan itu diantaranya, kapal lebih enteng, mempunyai ketahanan 3x lipat lebih kuat bila dibanding dengan kapal yang dibikin dengan tehnik hand lay up, disamping itu perawatan kapal yang dibikin dengan tehnik vacuum infusion lebih gampang.

Kapal yang dibikin dengan memakai tehnologi vacuum infusion akan mempunyai harga tambah mahal karena biaya anggaran pengerjaan kapal itu naik seputar 15 sampai 20 %. Tetapi, bila dibanding dengan keunggulan atau kelebihan dan keuntungan yang dipunyai oleh kapal yang dibikin dengan tehnologi baru ini, peningkatan ongkos itu tidak terlalu berarti.

Bahan fiberglass sudah mendapatkan tempat tertentu dalam dunia perkapalan. Saat sebelum kapal yang dibuat berbahan fiberglass banyak muncul, beberapa kapal yang dibuat berbahan kayu pasti sudah terlebih dulu sering dipakai.

Tetapi bersamaan jumlah bahan kayu yang makin terbatas dan erat berkaitan dengan kerusakan rimba, kapal yang dibuat dari kayu memerlukan banyak perawatan dan periode gunakan yang terbatas, karena itu kapal kayu juga makin lama mulai ditinggal dan diganti oleh kapal fiberglass.

Kelebihan kapal yang dibuat berbahan fiberglass bila dibanding dengan kapal yang dibuat dari kayu diantaranya, bahan fiberglass lebih tahan pada proses pengeroposan hingga umur atau periode gunakan kapal berbahan fiberglass pasti semakin lama, disamping itu perawatan kapal fiber lebih gampang serta lebih minim.

Periode waktu pengerjaan kapal dari fiberglass bisa lebih cepat serta lebih gampang dibanding dengan pengerjaan kapal kayu. Disamping itu, dengan ketebalan yang serupa, kapal yang dibuat berbahan fiberglass berkekuatan yang lebih dibanding dengan kapal yang dibuat dari kayu.

Kapal fiberglass ialah tipe kapal cepat, dan benar-benar pas untuk dipakai sebagai kapal Patroli, kapal individu, atau kapal untuk fasilitas transportasi laut dan sungai.

Berat kapal yang dibikin dari bahan fiberglass jelas akan lebih enteng tetapi lumayan kuat, hingga kerja dari motor atau mesin pendorong baling baling penggerak atau kipas bisa bekerja secara optimal. Mesin kapal berbahan fiberglass biasanya memakai mesin diesel yang terpasang di bagian lambung kapal atau mesin tempel dengan bahan bakar bensin.

 

Artikel serupa lainnya :

Pengertian Pipa Plumbing dan Konsep Landasan Plumbing

Produk yang Menggunakan Bahan Fiberglass