Adapun beberapa karakteristik otp yang dapat Anda temukan dibawah ini :

• Penggunaannya dilakukan satu kali

OTP atau one time password hanya boleh digunakan sekali saja ketik Anda memakai sistem dalam melakukan transaksi apapun di dalam aplikasi. Sebab hal ini sangat berguna dalam mencegah berbagai penyadapan di kata sandi yang dapat digunakan dan diketahui siapa saja.

Jadi jika kode OTP sudah Anda gunakan, Anda harus meminta kode OTP yang lain ketika akan menjalankan transaksi selanjutnya dan begitu seterusnya.

• Hanya Dapat Digunakan di Rentang Waktu Tertentu

Pada umumnya one time password ini memang hanya dikeluarkan dan digunakan dalam rentang waktu tertentu.

Misalnya, pada saat Anda meminta kode OTP dan kode tersebut sudah terkirim melalui email ataupun SMS. Maka selanjutnya Anda hanya diberikan waktu beberapa menit saja dalam memasukkan kode OTP yang sudah dikirim melalui email ataupun SMS untuk dimasukkan ke dalam aplikasi yang ingin Anda gunakan. Namun jika Anda keluar dari rentang waktu yang sudah ditentukan tersebut, maka sudah dipastikan kode OTP tidak bisa digunakan lagi dan Anda harus meminta ulang kode OTP.

• Konteksnya Cukup Sempit

One time password hanya dapat digunakan dalam kepentingan tertentu saja. Misalnya, jika Anda ingin mengubah kode PIN akun mobile banking Anda, maka aplikasi mobile banking akan mengirimkan kode OTP yang dapat digunakan untuk masuk ke akun mobile banking dengan kode PIN yang baru.

Kode OTP untuk proses transaksi tersebut tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan transaksi lainnya, seperti mengaktifkan pin kartu kredit atau fitur lainnya.

Sebab dengan memiliki sifat yang sempit dan terbatas membuat sistem keamanan akun menjadi lebih terjamin dan bebas diretas oleh oknum tertentu. Tindakan kecurangan pun akan bisa dihindari dan diminimalisir.

Menggunakan OTP jauh lebih aman daripada kata sandi statis biasa, terutama kata sandi yang dibuat pengguna yang dapat menjadi lemah atau digunakan kembali di banyak akun yang berbeda.

Namun OTP memiliki kelebihan yaitu mampu menggantikan informasi login otentikasi atau dapat digunakan sebagai tambahan untuk menambah lapisan keamanan.

Sebagai pebisnis tentu Anda sangat memerlukan keamanan di setiap data-data perusahaan Anda. Terutama dalam data keuangan yang dimiliki perusahaan.

 

Penting bagi Anda dalam memilih software pembukuan yang memiliki keamanan yang dapat menjaga setiap data-data yang Anda miliki. Contoh aplikasi berbasis cloud yang bisa membantu UKM adalah jasaotp

jasaotp yaitu software akuntasi online yang mudah dan praktis digunakan serta harganya sangat terjangkau. Selain itu jasaotp juga menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan melalui jasaotp , yang dikerjakan oleh tenaga profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Dengan menggunakan jasaotp pembukuan usaha bisa dilakukan kapanpun dan di manapun tanpa perlu khawatir kehilangan data. jasaotp sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan usaha mereka.

By toha