Karakteristik Jenis Material Kayu

Setelah Anda siap untuk membangun rumah atau jenis rumah hunian lainnya, pilihan ada di tangan Anda untuk bahan kayu yang akan digunakan. Ketika Anda membeli sebuah apartemen, Anda pasti akan menemukan bahwa bagian dari konstruksinya terbuat dari kayu. Baik atap, pilar, atau furnitur.

Masalahnya, jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang jenis-jenis kayu, sulit untuk menilai apakah sebuah bangunan berkualitas baik atau tidak. Setiap jenis kayu juga memiliki keawetan dan kegunaan yang berbeda.

Karakteristik Jenis Material Kayu

Untuk memilih jenis material kayu, Anda harus terlebih dahulu memahami karakteristik tiap kayu. Misalnya jati belanda, apakah cocok untuk pintu depan? Tidak cocok untuk meja, kursi, atap dan sebagainya. Properti dari setiap jenis kayu dicantumkan di sini untuk dipilih.

1. Jati

Jati memiliki karakter yang sangat baik untuk semua kebutuhan perumahan. Atapnya bagus, furniturnya juga sangat bagus. Juga kayu jati tua dengan diameter lebih dari 25 cm. Selain itu material ini memiliki ciri corak serat atau garis-garis yang indah.

Jenis kayu ini juga salah satu yang paling unggul, jadi wajar saja kalau harganya cukup rendah. Keunggulan kayu jati antara lain adalah keawetan dan kekuatannya. Bahan ini juga tahan rayap, embun tepung, air dan cuaca ekstrim. Satu-satunya downside adalah harga yang relatif tinggi. Terutama jati tua dan dari kota Jati (Blora).

2. Kayu Merbau

Agak di bawah jati jenis ini ada yang namanya Merbau. Tidak ada salahnya memanfaatkannya sebagai alternatif pengganti kayu jati. Hal ini dikarenakan harganya yang sedikit lebih murah dibandingkan jati. Namun demikian kualitas dari Merbauholz tidak kalah, terutama dari segi keawetan dan ketahanan material.

Beberapa keunggulan kayu Merbau adalah sifatnya yang sangat keras, tahan terhadap gangguan serangga dan cuaca yang ekstrim, tidak mudah menyusut dan retak, serta memiliki tampilan yang sangat menarik. Warnanya berkisar dari kuning kecoklatan, coklat kemerahan hingga abu-abu kecoklatan.

3. Kayu Sonokeling

Jika Anda menginginkan kayu dengan serat yang indah dan kuat, sebaiknya pilih material kayu mewah dari kelompok kayu tropis ini. Kemewahan bahan kayu ini juga terletak pada daya tahannya yang tinggi dan warnanya yang tidak salah lagi. Warna alami dari kayu rosewood adalah hitam, tetapi biasanya coklat tua atau bergaris-garis.

Ini memungkinkan kayu sonokeling digunakan tanpa pengecatan ulang. Selain itu bahan ini memiliki tekstur yang menarik dan unik sehingga terlihat lebih cantik dan elegan. Ketahanan terhadap serangan serangga atau masalah cuaca juga sangat baik.

Apakah teman mengetahui apa itu plywood? Yuk klik tautan tersebut untuk mengetahuinya lebih lanjut. Disini kita juga jual plywood solo dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong Anda.