REVIEW APLIKASI JURNAL VS ZAHIR UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH ( UMKM )

Halo semua untuk temen-temen UMKM, Pejuang Ekonomi Bangsa. Penyelamat ekonomi Bangsa ditengah pandemi covid-19. Perkenalkan saya nono, Disini saya ingin sedikit berbagi informasi tentang aplikasi keuangan yang Simple dan cocok untuk temen-temen UMKM baik sudah memulai usahanya atau yang sedang akan memulai usahanya.

Di masa yang serba sulit dan tidak menentu akibat pandemi covid-19 ini tentu menjalankan usaha skala kecil tentu mempunyai tantangan yang sangat besar disaat ketidak pastian iklim ekonomi. Untuk itu kita tidak boleh salah dalam mengambil keputusan, salah satu hal yang akan saya bahas kali ini adalah terkait dengan penggunaan aplikasi keuangan yang menurut saya sangat penting dimiliki oleh setiap pelaku usaha, atau bisa dikatakan wajib harus dimiliki, khususnya temen-teman UMKM. Di era digital saat ini banyak pelaku usaha yang gagal atau salah perhitungan karena tidak memiliki pencatatan pembukuan keuangan yang baik, yang berakibat dengan terlamabatnya dalam pengambilan keputusan atau salah pengambilan keputusan yang berujung pada kerugian dalam menjalankanusahanya.
Tentu bagi temen-temen yang tidak mempunyai latar belakang pengetahuan tentang pembukuan keuangan, tentu masih bingung harus ngapain ? Mau mencari karyawan yang ahli tentang pembukuan keuangan, tentu butuh biaya yang lumayan, apalagi jika usaha kita masih baru atau masih kecil, tentu anggaran biaya untuk mencari karyawan yang ahli di bidang pembukuan keuangan belum mencukupi, padahal kebutuhan untuk pembukuan keuangan itu sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis/usaha. Yang dibutuhkan oleh temen-temen Pejuang UMKM adalah aplikasi keuangan yang simple dan mudah digunakan.

Nah disini saya akan mencoba untuk membahas atau mereview Aplikasi Laporan Keuangan yang simple dan yang cocok untuk bisnis atau usaha skala kecil (UMKM) yang dapat membantu meringankan beban temen-temen yang menjalankan usahanya tanpa harus mempunyai karyawan yang ahli dibidang pembukuan keuangan. Temen-temen mungkin bisa jalankan Aplikasi ini sendiri tanpa harus belajar dulu cara membuat laporan keuangan, jadi semuanya lebih simple kerana otomatis dan realtime bisa kita lalukan dimanapun, kapanpun menggunakan smartphone. Sekarang adalah eranya digital, semua nya berbasis online, pembuatan laporan keuangan pun harus simple sesuai dengan kebutuhan usaha kita saat ini yang serba cepat, instan, flexibel, dan mudah digunakan. Oke tanpa perlu panjang lebar lagi, Aplikasi Laporan Keuangan yang simple dan mudah digunakan yang akan kita review adalah Aplikasi Simply dan Aplikasi Jurnal. Dan mari kita bahas satu persatu

Simply
Simply adalah salah satu Aplikasi Laporan Keuangan yang berbasis online, dibuat dan dikembangkan oleh PT Zahir Internasional dengan Brand Zahir Accounting, Salah satu software akuntansi yang merupakan 100% produk lokal dalam negeri yang sudah berpengalaman lebih dari 24 tahun. Dan tidak jarang orang mengira kalau produk Zahir Accounting adalah produk dari luar negeri.

Kembali lagi ke Aplikasi simply, Apa saja yang bisa lakukan jika menggunakan aplikasi simply :
Aplikasi Simply dapat dijalankan di dua platform yaitu mobile apps atau browser, sehingga bisa mempermudah temen-temen dalam menjalankan usaha karena dapat dipakai realtime dalam mengupdate laporan keuangan. Ketika kita ada dikemacetan seperti di ibu kota jakarta misalnya,tidak perlu report-report buka laptop, cukup dengan smartphone yang kita miliki, kita masih bisa tetap produktif memantau atau melakukan proses transaksi bisnis/usaha dengan menggunakan aplikasi simply.
Kita bisa simpan data customer, supplier, cek stok, input penjualan, kirim invoice ke customer via email langsung saat kita membuat invoice dr aplikasi simply, input pembelian, input biaya. Semuanya dapat kita lakukan dalam genggaman tangan kita melalui smartphone yang kita miliki. Tentu ini tidak dapat kita lakukan jika kita tidak menggunakan aplikasi keuangan yang berbasis online. Jadi tidak ada waktu yang terbuang sia-sia ketika kita sedang dalam perjalanan ataupun sedang terjebakdidalamkemacetanyangsudahmenjadirutinitassehari-haridikota-kotabesarsaatini.
Aplikasi simply sangat mudah digunakan, tanpa harus belajar akuntansi terlebih dahulu, desain dan tampilan yang mudah dipahami oleh orang awam, laporan yang simple, karena dibuat se-simple mungkin sesuai dengan kebutuhan temen-teman UMKM dilapangan supaya dapat mudah dipahami baik dalam penggunaannya maupun dalam membaca laporannya. Harganya pun relatif terjangkau sekitar 108.900/bulan atau mungkin kurang jika mendapatkandiskon.
Layanan after sales, ketika mengalami kendala atau kesulitan menggunakan aplikasi simply, kita bisa menghubungi supportcenternya
Tampilan di Aplikasi simply:

Jurnal
Aplikasi Jurnal adalah Aplikasi Laporan Keuangan berbasis online yang didirikan oleh Mekari kalau tidak salah sekitar tahun 2015. mungkin bisa dikatakan Jurnal merupakan salah satu aplikasi laporan keuangan pendatang baru yang meramaikan dunia aplikasi keuangan yang berbasis online.

Apa saja yang bisa kita dilakukan jika menggunakan Aplikasi Jurnal :
Aplikasi Jurnal dapat dijalankan di dua platform yaitu mobile dan browser, hampir mirip dengan Aplikasi simply, sehingga memudahkan temen-temen yang memiliki mobilitas yang tinggi tetap bisa memantau keuangan atau input transaksikeuangan
Bisa menyimpan data customer, supplier, input transaksi pembelian, penjualan, hutang piutang dan input biaya/pengeluaran operasional, namun di aplikasi jurnal ini tidak bisa melihat update stok, tidak ada laporan sisa stok barang. Karena di aplikasi ini, ketika kita input pembelian langsung dibebankan menjadi biaya,berbeda dengan Aplikasi simply yang bisa update stok persediaan barang.


Aplikasi Jurnal juga mudah digunakan seperti aplikasi simply, hanya tinggal input transaksi dimanapun dan kapanpun. Tampilanny juga lumayan menarik dan simpel. Untuk dari segi harga sekitar199rb/bulan
Layanan After Sales, aplikasi jurnal juga menyediakan help desk jika ada pertanyaan atau kendala, melalui chat diwebsite
Tampilan Aplikasi Jurnal

 

Kesimpulan dari dua aplikasi laporan keuangan yang kita bahas kali ini antara jurnal dan simply adalah 1.kedua-duanya merupakan aplikasi laporan keuangan yang berbasis online, sehingga memudahkan temen-temen umkm yang dapat mengelola laporan keuanganny sendiri dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi jurnal tidak bisa update stok persediaan barang, sehingga tidak melihat update sisa stok barangnya. ini mungkin salah satu kekurangan yang ada dijurnal

Aplikasi simply dapat mengupdate stok persediaan barang, sehingga temen-temen bisa langsung kontrol sisa stok yang ada, kontrol stok merupakan hal yang penting bagi temen-temen pelaku umkm, karena kita bisa memantau stok barang yang kita miliki sebagai dasar untuk langkah-langkah pengambilan keputusan di masa depan.
Dari sisi harga mungkin aplikasi simply lebih murah daripada aplikasi jurnal. Hargaaplikasisimply108.900/bulansedangkanhargaaplikasijurnal199.000/bulan

Mungkin itu pembahasan singkat dari saya tentang dua aplikasi online laporan keuangan yaitu aplikasi jurnal dan aplikasi simply, semoga bermanfaat bagi temen-temen umkm. Untuk lebih jelasnya mungkin temen-temen bisa langsung mencoba sendiri kedua aplikasi tersebut supaya lebih yakin, apakah ingin menggunakan aplikasi yang mana. Karena temen-temen umkm lah yang paling tau kebutuhan dari bisnis/usaha yang dimiliki. Tetap semangat dan sukses selalu untuk temen-temen UMKM, semua yang besar selalu diawali dari hal-hal yang kecil, begitu juga dengan perusahaan yang besar selalu dimulai dari usaha skala mikro ( UMKM).

Salam, nono