Tabungan investasi adalah sebuah aktivitas finansial yang bertujuan menyimpan dana untuk mempermudah proses investasi. Beda dengan menabung saja, tabungan investasi bisa memberikan Anda keuntungan lebih dan bersifat jangka panjang.

Nah, bagi Anda yang masih bingung tentang apa itu tabungan investasi, yuk pahami lebih lanjut tentang tabungan investasi beserta rekomendasi terbaiknya yang sesuai dengan profesi Anda. Check it out!

 

Perbedaan Tabungan dan Investasi

Meskipun tabungan dan investasi terkesan sama, namun kedua kegiatan finansial tersebut adalah hal yang berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan tabungan dan investasi saham

 

 

  1. Tujuan
    Tabungan dapat Anda pilih untuk tujuan jangka pendek dan juga dapat dijadikan sebagai dana cadangan. Sebaliknya, investasi biasanya disimpan dan dipakai untuk tujuan jangka panjang, seperti dana pensiun.
  2. Tingkat risiko
    Tabungan mempunyai risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan investasi. Dalam investasi dikenal istilah high risk return, yaitu semakin besar keuntungan, maka semakin besar juga risiko yang Anda tanggung.
  3. Profit
    Umumnya, saat menabung Anda akan mendapatkan bunga tabungan sekitar 1-1,5% per bulan. Sedangkan, keuntungan investasi bisa melebihi 10%.
  4. Likuiditas
    Bagi Anda yang mempunyai tabungan di bank, tentu uang simpanan Anda dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Sedangkan, pada investasi Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencairkan dana.
  5. Perlindungan terhadap inflasi
    Tabungan mempunyai tingkat perlindungan yang minim terhadap inflasi, karena pada saat terjadi inflasi, nilai mata uang akan ikut berpengaruh. Berbeda dengan investasi yang memiliki tingkat perlindungan lebih tinggi, nilainya akan stabil meskipun dalam kondisi inflasi.

 

Pengertian Tabungan Investasi

Pengertian tabungan investasi adalah penyimpanan dana dalam bentuk tabungan yang bertujuan agar investasi berjalan lancar. Sebelum mulai investasi, Anda harus membuat rekening tabungan terlebih dahulu. Dana pada rekening tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli produk investasi.

 

Jenis Tabungan Investasi Terbaik

Ada beberapa macam tabungan investasi terbaik yang dapat menghasilkan keuntungan besar. Diantaranya yaitu:

  1. Tabungan Deposito
    Deposito hingga saat ini masih menjadi salah satu tabungan investasi yang terkenal di Indonesia. Jenis investasi yang satu ini sangat aman dan feedback-nya juga relatif tinggi, yaitu sekitar 6% per tahun.

    Selain itu, deposito yang Anda simpan, jumlahnya akan bertambah sesuai dengan perhitungan bunga yang ditawarkan di awal oleh pihak bank. Bunga ini bisa Anda masukkan ke dalam rekening tabungan atau tetap disimpan dalam tabungan deposito.

  2. Emas
    Emas menjadi salah satu pilihan investasi khususnya untuk Anda yang memiliki modal minim. Anda dapat membeli emas dengan minimal 0,01 gram. Misal, harga emas saat ini adalah Rp900 ribu per gram, maka dengan uang Rp9 ribu, Anda sudah bisa berinvestasi emas.
  3. Reksadana
    Reksadana menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin menabung sambil investasi. Investasi yang satu ini bisa dilakukan dengan modal minim. Imbal balik yang dihasilkan dalam reksadana pun sangat bergantung dengan kondisi pasar modal dan jenis yang dipilih.

    Jika Anda ingin mendapatkan return besar, maka Anda dapat investasi di reksadana saham. Sebaliknya, jika Anda baru memulai investasi, reksadana pasar modal dapat menjadi salah satu pilihan.

  4. Peer to Peer Lending
    P2P Lending ini merupakan jenis investasi yang menghubungkan antara pemberi dengan penerima pinjaman, melalui beberapa platform investasi online.

    Keuntungan yang didapatkan dari jenis P2P Lending adalah imbal balik yang tinggi, sekitar 14-21% per tahun dan proses yang cepat dan mudah, karena dilakukan secara online.

  5. Tabungan Mata Uang
    Tabungan mata uang juga dapat dijadikan sebagai tabungan investasi. Bunga tabungan mata uang asing lebih rendah dibanding tabungan biasa. Selain itu, dengan tabungan ini Anda tidak perlu bersusah payah ke money changer, cukup cairkan saja tabungan Anda sebelum terbang ke luar negeri.
  6. Crypto
    Di beberapa negara yang sudah melegalkan Bitcoin sebagai mata uang kripto atau mata uang digital menjadi alat pembayaran yang sah. Mata uang crypto ini mempunyai prinsip untuk menjadi alat pembayaran terpusat, aman, dan tidak terpengaruh inflasi.
  7. Rekening Efek
    Rekening efek dibuat untuk membeli produk reksadana. Dana yang Anda setorkan, nantinya dapat dalam membayar saham yang tersedia. Saat Anda menjual beberapa lot saham, maka dananya otomatis akan masuk ke rekening efek. Baru setelah itu dapat Anda transfer ke rekening pribadi.

 

Rekomendasi Tabungan Investasi Sesuai Profesi

Tabungan investasi menjadi salah satu pilihan dalam rancangan keuangan untuk mempersiapkan finansial Anda di masa depan. Oleh karena itu, berikut beberapa rekomendasi investasi sesuai dengan profesi.

  1. Pekerja Kantoran
    Umumnya, pekerja kantoran bebas dalam memilih tabungan investasi karena mempunyai penghasilan tetap setiap bulan. Idealnya untuk tabungan, 10% dan 10% lainnya untuk reksadana.
  2. Ibu Rumah Tangga
    Sebagai ibu rumah tangga, tentu harus membuat strategi agar uang yang didapat cukup untuk kebutuhan dalam sebulan. Anda dapat menyisihkan uang bulanan dengan menabung di celengan Rp10 ribu per harinya. Nantinya, hasil dari tabungan tersebut dapat Anda pindahkan ke investasi emas atau reksadana.
  3. Pelajar
    Beberapa orang beranggapan bahwa investasi hanya ditujukan untuk mereka yang telah berpenghasilan. Padahal, sekarang banyak investasi dengan modal minim. Bahkan, saat ini beberapa marketplace menawarkan reksadana dengan modal Rp10 ribu.

 

Anda dapat menyimpan uang jajan setiap hari minimal Rp10 ribu. Sehingga, dalam waktu satu bulan, Anda mendapatkan uang hingga Rp300 ribu. Dengan uang tersebut, Anda bisa memindahkannya ke beberapa investasi, seperti reksadana dan emas.

By toha