Kain Satin

Kain Satin – Pada kesempatan kali ini Admin akan menaruh seputar informasi aneka macam kain satin, hallo sobat Masmufid.com. Gimana nihkabarnya? Semoga tetap diberikan kesehatan.

Tahukah istilah kain satin ialah kain yang tak jarang digunakan dalam dunia fashion buat dijadikan keliru satu sandang yg menjadi brand – merk ternama. Kain satin ini jua mempunyai keunggulan, keunikan tersendiri. Tekstur bagian atas menurut kain satin tadi tentu sangat halus, lembut dan tampak glossy. Sehingga saat digunakan pada bentuk pakaian pun akan terlihat menarik dan lebih nyaman ketika digunakan.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang satin, setidaknya kalian juga perlu mengetahui terlebih dahulu. Apa sih kain satin itu? Kain ini bukanlah termasuk pada kategori kain yang berjenis serat maupun fiber. Namun satin sendiri artinya  metode dalam pembuatan kain, proses ditenun, yaitu dengan teknik satin. Nah teknik inilah yg dalam akhirnya menciptakan kain terlihat berkilau dan lebih menarik.Asal Mula Kain Satin

Asal muasal kain Satin sendiri sebenarnya termasuk ke pada jenis kain yg ditenun memakai teknik serat filamen seperti sutra silk. Dapat dipandang menurut  sejarahnya kain satin konon mulai diperkenalkan di negara Eropa dalam abad ke 20 sebagai kain yang dapat dijadikan gaun.

Dikarnakan karakteristiknya hampir saja seperti dengan sutar tetapi jenis dan yang dipakai jelas nir sama, selain itu jua soal harga kain satin tentunya nisbi lebih terjangkau bila dibandingkan dengan kain sutra. Selain itu jenis bahan kain spandek mempunyai karfakteristil luar biasa.Proses Pembuatan Kain Satin

Proses pembuatan kain satin ini adalah menggunakan metode “Satin Weave” atau teknik tenun satin. Dengan cara misalnya ini adalah teknik spesifik yg dilakukan oleh para artis kain dalam membuat kain ini, namun agar terlihat lebih berkilau. Lantas bagaimana cara buat membuat benang tampak lebih bercahaya? Berikiut caranya:

Caranya ialah dengan membentuk 2 jalur yang saling bersilangan untuk menentukan arah menenun benang tadi. Dari metode tersebut, muncullah istilah warp dan weft, atau lebih dikenal dengan kata benang pakan dan benang lusi. Jalur benang tersebut sengaja dibuat melebar buat menciptakan pola melebar yg bisa berkecimpung ke kanan dan ke kiri pada ketika proses pembuatan kain.

Adapun proses tenun secara standart akan membangun satu jalur benang weft dan satu jalur benang warp, secara naik turun. Dalam proses penganyamannya pun dilakukan secara vertikal, keatas & kebawah. Dari proses inilah yg akan membentuk benang tersebut menjadi sebuah kain yang berjenis satin. Untuk cara yang lain bisa melakukan penggandaan terhadap benang itu sendiri. Dengan melibatkan empat atau lebih benang warp buat dibentuk melompat satu benang weft. Hal itulah yg membuat kain satin nampak glossy.Keunggulan Kain Satin1. Tampilannya Terkesan Mewah nan Anggun

Jenis bahan satin akan terlihat mewah, mahal dan cantik lantaran mempunyai permukaan yang mengkilap atau glossy. Oleh tema bahan satin kerap kali digunakan menjadi bahan pembuat pakaian pesta maupun pernikahan.2. Sifat Serat Bahannya Halus & Lembut

Salah satu kelebihan bahan satin selanjutnya adalah memiliki tekstur serat bahan yg halus. Apabila sobat meraba permukaan kainnya, akan terasa sangat lembut di kulit.tiga. Bahan Kainnya Ringan & licin

Bahan kain ini mempunyai sifat kain yg licin bila di sentuh dan berat kainnya tergolong ringan. Sehingga acapkali dianggap dengan  kain yang ringan.4. Dapat Digunakan menjadi Bahan Sepatu

Beberapa jenis bahan satin seperti slipper sangat cocok dipakai buat menciptakan sepatu wanita atau sepatu  balet. Tampilan sepatu yg dihasilkan berdasarkan bahan  sandal yg memiliki kesan anggun & elegan.Kekurangan Kain Satin

Walaupun kain satin memperlihatkan berbagai kelebihan yang relatif memikat hati orang dan pencinta kain lembut, tapi kain ini jua memiliki kekurangan atau kelemahan.

Berikut kelemahan berdasarkan kain satin.1. Agak Sulit buat Dijahit

Kain ini mempunyai kelebihan dalam sifat kainnya yg licin, tetapi sifat licin inilah yang pula sebagai kelemahan berdasarkan kain ini. Hal ini karena kain sebagai sulit buat di jahit, dan diharapkan kehati-hatian yang tinggi supaya jahitannya permanen lurus tanpa Mengganggu kain.2. Kurang Cocok buat Pakaian Sehari-hari

Salah satu keunggulan menurut pakaian berbahan satin ini ialah tampilan kainnya yg tampak glossy atau mengkilap. Hal ini jua sebagai bumerang bagi kain ini, yang mana karena sifatnya yang glossy ini, kain satin sangat sporadis dipakai orang menjadi bahan dasar pakaian sehari-hari, lebih cocok untuk program yang formal, pesta, maupun pernikahan.

Walaupun kain satin memberikan banyak sekali kelebihan yang relatif memikat hati pencinta kain, lembut akan namun kain ini juga mempunyai kekurangan maupun kelemahan.

Berikut kelemahan berdasarkan kain satin.1. Agak Sulit buat Dijahit

Kain ini memiliki kelebihan dalam sifat kainnya yg licin, namun sifat licin inilah yang pula menjadi kelemahan dari kain ini. Hal ini lantaran kain sebagai sulit buat menjahit, & kehati-hatian yang tinggi agar jahitannya tetap lurus tanpa menghambat kain.2. Kurang Cocok buat Pakaian Sehari-hari

Salah satu kelebihan berdasarkan pakaian berbahan satin ini merupakan tampilan kainnya yang tampak glossy atau mengkilap. Hal ini juga menjadi bumerang bagi kain ini, yang mana lantaran sifatnya yang  glossy ini, kain satin sangat jarang dipakai sebagai bahan dasar pakaian sehari-hari, lebih cocok untuk program yg formal, pesta, juga pernikahan.Manfaat Kain Satin

Kain satin banyak dipakai untuk pembuatan blouse atau kemeja buat wanita yang bertujuan buat menonjolkan sisi sensual & glamour. Selain buat pakaian, kain satin pula dipakai buat home decoration, bantal hias, taplak meja, dompet, pouch kosmetik, goodie bag dan berbagai produk rumah tangga lainnya.

Macam Jenis Kain Satin

Mengetahui beberapa jenis kain satin akan membuat Anda lebih bijak sebelum tetapkan buat membelinya, berikut diantaranya:

1. Satin Duchesse (Satin Bridal)

Kain ini diklaim satin duchesse (bangsawan) lantaran tak jarang digunakan buat membuat gaun pengantin mewah layaknya seseorang bangsawan. Sifat bahan ini agak berat & kaku.

2. Satin Faconne (Satin Jacquard)

Memiliki berat & kualitas bervariasi, kain ini lebih lembut dibanding duchesse. Biasanya, satin faconne memiliki motif, seperti garis-garis, paisley, atau lainnya.

3. Satin Slipper

Stin slipper tak jarang dipakai buat menciptakan sepatu balet. Ciri khasnya adalah kainnya cukup unik dan mampu dicelup.

4. Satin Delustered

Berbeda dari jenis lainnya, satin delustered atau peau de soie nir berkilau dan mempunyai tekstur yang ringan.

5. Satin Damask

Keunggulan kain ini merupakan adanya pola-pola rumit nan indah, selain karena dibentuk dari sutra dan memiliki pola timbul menurut bahan laianya

6. Satin Cloth

Karena diproses berdasarkan wol Perancis yg ditenun menggunakan teknik satin, kain ini dianggap pula satin de laine atau “satin wol”. Bahannya bertenaga, awet, dan bercahaya.

7. Sateen

Satin tidak sinkron menggunakan sateen. Satin memakai serat filamen seperti sutra, sedangkan sateen memakai serat katun atau shord-stap. Tetapi, keduanya ditenun dengan teknik yang sama.

8. Satin Kahatex

Karena sifatnya sedikit kaku & tebal, satin kahatex lebih sempurna digunakan buat dekorasi furnitur, hiasan, atau aksesori.

9. Satin Clarisa

Kain ini sangat laku lantaran harganya murah. Dengan karakter tipis dan tidak kaku, satin clarisa digunakan buat aneka macam macam keperluan.

10. Satin Silk (Satin Sutra)

Berharga nisbi murah, kain ini sangat lembut, tipis, dan dingin. Warna-warninya pun sangat majemuk dan umumnya berjenis doff.

11. Satin Velvet (Double Satin)

Lantaran dibuat menurut kombinasi bahan-bahan kaos, satin velvet 2 kali lebih tebal dari satin biasa menggunakan karakter jatuh dan berat.

12. Satin Roberto Cavali

Inilah jenis satin yg paling mahal & dibuat dari dua bahan, yaitu satin silk dan double hycon. Selain jatuh, tebal, dan menyerap keringat, dua sisi kain ini mempunyai rona sejenis, namun sedikit tidak sama.

Nah,mungkin demikian mengnenai pembahasan seputar kain sati & semoga bermanfat.

Supplier Kain Jakarta

Jika kamu adalah seorang pemilik usaha yang bergerak di dunia clothing, maka kebutuhan bahan kain adalah hal utama untuk usaha mu bukan? Pemilihan bahan kain yang berkualitas dan juga murah adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari supplier kain termurah, maka MC Texstyle bisa menjadi pilihan terbaikmu. MC Texstyle adalah Supplier Kain Jakarta yang melayani pembelian grosir kain termurah ke seluruh Indonesia. MC Texstyle sudah bekerja sama dengan beberapa pengusaha clothing besar dalam memasok kebutuhan kain-kain berkualitas dan murah.

Dapatkan HANDBOOK + HANDFEEL GRATIS sebagai informasi kualitas kain yang dijual oleh MC Texstyle. Hubungi kami melalui akun Instagram @mctexstyle.