Kawat baja (wire rope) adalah alat yang penting pada industri yang berhubungan dengan heavy lifting seperti konstruksi, perkapalan, migas, lift, gondola, serta masih banyak lagi. Kawat baja ialah alat berbentuk tali dari baja yang dipilin sedemikian rupa hingga mempunyai working load. Kami jual kawat baja custom berkualitas dengan pelayanan terbaik.

Inilah Cara Memilih Kawat Baja yang Berkualitas

Kawat baja dipakai untuk aplikasi mengangkat (lifting), menarik (towing) dan mengikat (lashing) barang. Didalam tiap kawat baja, ada 3 komponen utama yakni wire, strand serta core.

  • Wire, adalah untaian kawat baja.
  • Strand, adalah kumpulan wire yang selanjutnya dipilin sedemikian rupa serta bersatu dengan strand-strand yang lain untuk mengelilingi sebuah core.
  • Core, ialah inti atau poros dari wire rope. Core itu sendiri terbuat dari baja dengan ukuran yang lebih besar dari wire.

Pilinan yang berbeda serta ukuran yang lain akan hasilkan kawat baja yang mempunyai fungsi yang beragam. Contoh sangat sederhananya ialah, konstruksi kawat baja yang dipakai untuk mengangkut cargo jelas berbeda dengan konstruksi kawat baja untuk mengangkut lift. Karena itu Anda perlu berkonsultasi lebih dulu saat sebelum beli wire rope supaya tidak salah pesan.

Tiap pemakai wire rope pasti punyai keperluan yang berbeda-beda. Dimulai dari jenis barang yang diangkut, sampai berat optimal barang yang akan di angkut. Sebab itu kami jual kawat baja custom yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.

Pada dasarnya, konstruksi kawat baja dibedakan menjadi 3 jenis yakni general purpose, elevator, serta high performance.

Kawat baja general purpose adalah kawat baja yang terbanyak dipakai. Basanya digunakan untuk aplikasi lifting, towing, lashing, dan lain-lain.

Kawat baja elevator ialah kawat baja yang khusus di rancang untuk elevator atau lift. Bentuk pilinannya berbeda dengan wire rope general purpose.

Kawat baja high performance adalah kawat baja yang berbeda dari lainnya. Bukan hanya dari segi bentuk pilinan serta jumlah strand, kawat baja jenis ini berbeda sebab melewati proses press, atau kerap disebut dengan istilah compacted. Tujuan dari proses ini ialah supaya ukuran kawat baja lebih kecil, tetapi tidak kurangi kekuatan yang sebetulnya.

By Embun