Ini Dia 5 Kelebihan Bahan Bahan Viscose

Kini industri fashion dan tekstil semakin berkembang. Selain itu, bahan untuk membuat kain juga beragam. Salah satunya adalah bahan viscose. Bahan yang dikenal lebih ramah lingkungan ini memiliki karakteristik mengkilat seperti sutra.

Viscose, mungkin ada yang menyebut bahan ini rayon atau dalam industri tekstil disebut viscose. Bahan ini berasal dari polimer organik yang proses kerja rayonnya mirip dengan kapas, tetapi merupakan hasil regenerasi selulosa.

Sedang membutuhkan konveksi polo jogja dan sekitarnya? Bisa menghubungi pada tautan tersebut.

Fakta inilah yang menjadi alasan mengapa bahan rayon ini disebut serat semi-sintetis atau sutra sintetis. Di antara 2 kelompok jenis kain, alami (sutra, wol, katun) & sintetis (nilon, poliester), viscose berada di tengah.

1. Memiliki daya serap yang baik dan mudah menyerap keringat

Apakah cuaca panas membuat tubuh Anda terlalu panas? Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan memakai baju dengan bahan yang keren. Paling tidak, kain yang digunakan tentu terasa mudah menyerap keringat seperti viscose. Hal ini karena serat viscose memiliki daya serap yang baik dan tekstur serat yang lembut dan nyaman dipakai. Bahkan penyerapan viskositas lebih baik daripada kapas.

2. Terasa halus dan lembut saat digunakan

Saat ini ada banyak sekali jenis kain dengan tekstur dan karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu keunggulan kain viscose saat digunakan untuk bahan pakaian sehari-hari adalah teksturnya yang lembut dan halus. Jenis kain ini memiliki serat organik yang struktur kainnya mirip dengan kapas, sehingga terasa lembut dan kenyal saat disentuh kulit dalam cuaca dingin. Kain viscose yang lembut dan halus hanya bisa disebut kain dengan kualitas terbaik.

3. Kain viscose yang menyerupai tekstur kapas

Kini para pelaku industri tekstil dan produk tekstil mulai mengoptimalkan bahan baku fashion yang berkelanjutan, salah satunya adalah produksi kain viscose. Hal ini dikarenakan bahan viscose jenis ini memiliki serat organik yang terbuat dari manusia.

Struktur kain yang hampir mirip dengan bahan katun membuat bahan viscose terasa lembut dan tidak kasar saat dipakai. Dengan keunggulan tersebut, tidak heran jika banyak pakaian yang menggunakan bahan viscose sebagai bahan dasarnya.

4. Serat bahan viscose terbilang ramah lingkungan

Anda mungkin pernah mendengar istilah sustainable fashion atau mode berkelanjutan, bukan? Kini beberapa brand fashion ternama kerap menggunakan produk kain ramah lingkungan. Keunggulan kain viscose sendiri antara lain serat ramah lingkungan dan memiliki konsep sustainable fashion. Serat ini berasal dari perkebunan pohon akasia bersertifikat.

Apa itu bahan viscose? Yuk ketahui pengertiannya.

5. Memiliki warna kain yang lebih cemerlang

Jenis kain apa yang Anda minati? Bahan viscose juga memiliki karakter yang baik. Keunggulannya adalah memiliki karakter warna yang cemerlang dan cerah. Selain itu, viscose merupakan bahan baku tekstil berkelanjutan yang dapat dikombinasikan dengan bahan baku tekstil lainnya seperti kapas dan poliester. Itulah lima keunggulan bahan viscose. Apakah Anda suka memakai pakaian yang terbuat dari bahan viscose?