Membersihkan debu di rumah ternyata tidak senantiasa menguras banyak tenaga dan biaya. Pasalnya, hal-hal sederhana yang ditunaikan setiap hari sanggup memicu rumah bebas debu layaknya rutin mengepel lantai. Selain itu, menerapkan ketetapan bagi semua penghuni rumah layaknya larangan memanfaatkan alas kaki di dalam rumah juga sanggup meminimalkan kuantitas debu.

 

Tutup jendela

Menikmati hawa fresh sementara tengah bersantai di dalam rumah menjadi perihal menyenangkan. Namun, tak sanggup dipungkiri bahwa debu dan kotoran dari luar juga sanggup masuk ke rumah. Dengan, menutup jendela sanggup merawat rumah bebas debu. Bila tidak menghendaki menutup jendela agar hawa alami senantiasa masuk ke rumah, cukup menutup tirai.

Selain itu, masukkan beberapa tanaman juga sanggup memurnikan hawa di dalam ruangan layaknya Areca palm, peace lily, dan lidah mertua. Alternatif lain, beli air purifier dengan medium filter AHU agar debu sanggup tertangkap sebelum menumpuk di setiap permukaan di dalam rumah.

Rajin mencuci bantal Bantal-bantal sanggup menumpuk tungau debu yang gemar memakan sel kulit mati. Ukurannya yang kecil membuatnya nyaris tak terlihat. Kendati demikian, ratusan tungau debu sanggup tinggal dalam satu gram debu. Salah satu langkah mengusirnya adalah rajin mencuci bantal setidaknya tiga kali dalam setahun dengan air panas. Rajin mengepel lantai

Lantai jarang luput dari debu. Tetapi, ada beberapa titik yang sukar dijangkau kain pel layaknya papan lis dan anggota bawah furnitur. Jika memungkinkan, rajinlah mengepel lantai setiap hari, namun sedot debu khususnya dulu sebelum mengepel dengan air panas. Sebab, menyapu lantai cuma memindahkan debu dari satu titik ke titik lain, bukan menghilangkannya

Jemur karpet Debu sanggup berkembang biak di serat-serat karpet. Untuk karpet berukuran kecil dan sedang, bawa ke luar ruangan untuk digoyangkan peranan mengusir beberapa besar debu dan kotoran. Selanjutnya, jemur karpet di atas pagar dan pukul dengan sapu atau alat lain agar sisa debu dan kotoran hilang. Rajin mencuci tirai
Tirai yang digunakan untuk menutup jendela akan menghimpun banyak debu. Untuk mengatasinya, rajin mencuci tirai. Proses pencucian sanggup disesuaikan dengan arahan penyucian yang menempel terhadap tirai. Jika punyai penutup jendela (window blind), lap memanfaatkan kain mikrofiber.

Letakkan keset di depan pintu masuk rumah Meletakkan keset di depan pintu masuk rumah sanggup menahan debu masuk. Orang-orang sanggup menggunakannya untuk menyeka kaki atau sepatu khususnya dulu sebelum masuk. Larang pemanfaatan alas kaki di dalam rumah Tidak sanggup dipungkiri bahwa ada keluarga yang mengizinkan pemanfaatan alas kaki, baik itu sendal maupun sepatu yang baru dipakai di luar—di dalam rumah.

Kamu sanggup menerapkan ketetapan larangan pemanfaatan alas kaki di dalam rumah untuk menahan debu masuk. Alas kaki sanggup menangkap debu, kotoran, dan bakteri di luar rumah. Untuk itu, sebelum masuk, tempatkan alas kaki di rak dekat pintu masuk.

Bersihkan plafon Sama dengan lantai, plafon juga sanggup berdebu. Saat tengah membersihkan rumah, jangan lupa membersihkan plafon. Gunakan tangga dan penyedot debu atau kain mikrofiber untuk membersihkan debu terhadap plafon.

 

By Drajad