Tidak hanya untuk pembuatan kolam, namun beberapa irigasi juga menggunakan geomembrane untuk dijadikan alternatif. Karena ia memiliki kegunaan yang luas dan fungsi beragam bahkan dapat memecahkan masalah kekeringan di suatu tempat. Tentunya menggunakan geomembrane sebagai tampungan air. Hal tersebut dikarenakan lembarannya kedap air dan bermanfaat untuk pemisah antara gas ataupun air dengan lingkungan disekitarnya. Seperti polyethylene densitas tinggi untuk saluran irigasi.

 

Kemudian bahan geomembran juga diaplikasikan menjadi embung, situ, penyelesaian sungai, waduk hingga penyelesaian pantai. Bahkan dapat digunakan dalam pembangunan air lainnya. Apalagi Indonesia negara tropis sehingga cadangan air sangat penting. Air sangatlah penting dan harus tetap dijaga. Menggunakan geomembrane yang memiliki lapisan kedap air maka dapat dipakai beberapa pembangunan seperti kolam, pembuangan limbah bahkan saluran irigasi.

 

Penggunaan lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai irigasi air kolam penampungan air bersih. Seperti yang dijelaskan bahwa geomembrane dapat mengatasi masalah kekeringan di suatu tempat dengan membuat tampungan air. Cara menggunakan geomembrane dalam saluran irigasi yaitu juga dapat dipakai dalam pembuangan limbah. Karena limbah sangat buruk untuk tanah maupun air. Sehingga penggunaan lapisan ini sangat penting. 

 

Kemudian untuk saluran irigasi yang dipakai pada lading maupun sawah. Pemakaian air di selokan ataupun kanal memang sering digunakan terutama untuk kolam penyimpanan air berupa tambak. Apalagi sekarang ketersediaan air bersih terus berkurang dan mahal. Sehingga jika menggunakan bahan yang bagus untuk membuat tambak tersebut. sehingga Anda tidak akan merugi 30-50% karena rembesan.

 

Kelebihan Dari Penggunaan Geomembrane

Terdapat beberapa kelebihan menggunakan geomembrane baik dalam saluran irigasi, maupun lainnya. Sehingga Anda dapat mempertimbangkan penggunaanya, bagus memakai terpal ataupun geomembrane. Berikut ini kelebihan yang wajib diketahui.

  1. Ketahanan terhadap ultraviolet serta bahan-bahan kimia berbahaya cukup tinggi.

  2. Kemudian tingkat permeabilitas juga sangat tinggi beserta quality control homogen.

  3. Sangat efektif dan ekonomis, terjangkau dengan manfaat tinggi.

  4. Selanjutnya memiliki tingkat elongasi yang besar.

  5. Memiliki struktur flexible dan mampu mengurangi adanya kemungkinan terjadi differential settlement.

  6. Pengerjaan konstruksinya juga mudah dan cepat.

  7. Penginstalan dapat dibentuk sesuai dengan ukuran maupun bentuk kolam.

 

Menggunakan geomembrane sangat bagus dan dapat diaplikasikan baik kolam bahkan saluran irigasi. Selain mengerti apa itu geomembrane, Anda juga tahu mengenai beberapa kelebihan terutama bagi bahan kimia berbahaya.

By roket